Film terbaru dari rumah produksi Warner Bros. yaitu The Flash akan segera tayang dan ada berbagai fakta menarik terkait filmnya. The Flash jadi proyek baru untuk jagat sinematik DC setelah sebelumnya mereka menghadirkan film Shazam 2 Fury of the God. Film tersebut dianggap cukup menghibur meskipun ada banyak kontroversi yang terjadi di balik pembuatan filmnya.

Pasca film Fury of the God, WB kemudian menghadirkan film selanjutnya yaitu The Flash. Setelah sempat tertunda selama bertahun-tahun, akhirnya proyek film ini mulai diproduksi dan siap untuk tayang. Namun, ada berbagai fakta menarik yang muncul berkaitan dengan film The Flash ini. Apa saja? Berikut adalah ulasannya.

Hadirkan Cerita Flashpoint

Fakta film The Flash yang pertama adalah film ini akan menghadirkan cerita Flashpoint. Dalam cerita DC Comics, Flashpoint adalah salah satu cerita populer dari komik The Flash. Flashpoint menceritakan bagaimana Barry Allen berusaha untuk mencegah kematian sang ibu di masa lalu. Namun, hal itu justru berubah menjadi bencana besar di mana dia malah merubah timeline yang ada.

fakta film the flash

Hal ini berakibat pada banyak hal, seperti bagaimana Thomas Wayne yang justru menjadi Batman. Sebagian besar cerita Flashpoint di komiknya akan juga diadaptasi dalam versi film. Namun, tentunya akan ada beberapa perubahan yang dihadirkan oleh sang sutradara di film The Flash ini. Spekulasi mengenai alur ceritanya sendiri sudah cukup lama santer beredar di kalangan fans sebelum kemudian dikonfirmasi oleh pihak rumah produksi.

Jadi Momen Reset DCEU

Ada alasan besar mengapa kemudian DC Studios dan juga WB sengaja menghadirkan cerita Flashpoint di film The Flash. Yang paling utamanya adalah film ini akan jadi titik balik atau momen untuk reset dari DCEU. Diberitakan sebelumnya, pihak WB dan DC Studios berencana untuk menghadirkan sebuah jagat sinematik baru dengan James Gunn sebagai kepalanya. Jagat sinematik ini menggeser jagat sinematik yang dibangun Zack Snyder.

Untuk memuluskan rencananya, mereka pun memanfaatkan film The Flash dan cerita Flashpoint untuk me-reset jagat sinematik mereka. James Gunn sendiri kemudian muncul dengan berbagai rencana proyek film baru. Bagaimana kemudian film The Flash akan melakukan reset tersebut masih harus kita tunggu.

Hadirkan Supergirl

Salah satu fakta menarik dari film The Flash adalah bagaimana filmnya akan menghadirkan Supergirl. Kemunculan Supergirl di DCEU merupakan sebuah kejutan besar bagi para fans, apalagi bagi yang sudah lama menantikan kemunculan karakternya. Sosok Kara Zor-El sendiri sempat dirumorkan akan muncul di film The Flash dan kemudian terkonfirmasi melalui foto bocoran di lokasi shooting dan juga di trailernya.

fakta film the flash

Kemunculan Supergirl sendiri dalam film ini merupakan efek dari apa yang dilakukan oleh Barry Allen yang mencoba untuk merubah nasib sang ibu, seperti yang diperlihatkan dalam trailernya. Dalam universe yang berbeda, Barry Allen merubah di mana para metahuman menghilang. Dan dalam universe tersebut justru tidak ada Superman melainkan Supergirl. Karakternya sendiri akan diperankan oleh aktris pendatang baru Sasha Calle.

Kembali Hadirkan Musuh Lama

fakta film the flash

Selain menghadirkan karakter baru, film The Flash juga hadirkan karakter lama. Seperti yang bisa kita lihat dalam trailer resminya, sosok villain yang akan dihadapi oleh The Flash dan Supergirl adalah General Zod. Karakter Zod sendiri pertama kali muncul dalam film Man of Steel pada 2013 dan di filmnya diceritakan jika dia berhasil dikalahkan oleh Superman. Namun, karena apa yang dilakukan oleh Barry Allen sosok General Zod pun kembali muncul. Bagaimana kemudian Zod akan dikalahkan oleh Supergirl dan The Flash masih harus kita tunggu.

Hadirkan Dua Versi Batman

Fakta menarik lainnya dari film The Flash adalah Geeks akan melihat dua versi berbeda dari Batman. Geeks tentu mengenal sosok Batman versi Ben Affleck yang muncul di DCEU. Nasibnya memang tidak terlalu baik setelah berbagai proyek dan rencana untuk karakternya gagal untuk direalisasikan. Hal ini membuat Ben akhirnya mundur dari perannya tersebut.

fakta film the flash

Namun, dia kembali di film The Flash di mana dia jadi mentor bagi Barry Allen. Yang menarik adalah selain Batman versi Ben Affleck, kita juga akan melihat Batman versi Michael Keaton. Keaton sendiri terkenal sebagai sosok Batman di film Batman dan Batman Returns di era akhir 1980an dan awal 1990an. Barry Allen sendiri akan mendapatkan bantuan dari dua versi Batman.

Dua Versi The Flash

fakta film the flash

The Flash juga akan memiliki dua versi Barry Allen di film ini. Fakta tersebut bisa kita lihat dalam trailer resmi filmnya. Akibat Barry Allen yang pergi ke masa lalu, sebelum kematian sang ibu, dia pun kemudian bertemu dengan dirinya sendiri versi muda. Dan hal ini membuat ada dua versi Barry Allen dan The Flash. Kedua Barry Allen ini pun sama-sama ikut bertarung menghadapi musuh yang ada.

Memiliki Banyak Kontroversi

Perjalanan untuk bisa menghadirkan film The Flash bukanlah sesuatu yang mudah. Pasalnya, ada banyak rintangan yang harus dihadapi oleh pihak rumah produksi dan juga tim. Contohnya di awal pengembangan filmnya proses produksinya sempat tertunda karena beberapa alasan. Pertama, jadwal Ezra Miller yang tidak sesuai dengan proses produksi film Fantastic Beasts.

Kedua, ada pergantian penulis skenario dan juga sutradara yang terjadi. Film The Flash juga menuai perdebatan dan kontroversi di kalangan fans dan umum karena kasus hukum yang melibatkan Ezra Miller. Ezra diketahui melakukan kekerasan terhadap seorang wanita dan juga melakukan tindak “aneh” dan tindakan kriminal lainnya. Hal ini membuat banyak orang melakukan boykot terhadap WB untuk menghilangkan Ezra Miller dari filmnya.

Desain Kostum Baru

Para karakter pahlawan yang akan muncul di film The Flash – Supergirl, Flash, dan Batman – masing-masing akan mendapatkan desain kostum yang baru. Contohnya adalah Kara Zor-El alias Supergirl. Desain kostum dari Supergirl berbeda dari Superman yang diperankan oleh Henry Cavill. Desain kostum Supergirl nampak jauh lebih menarik yang kemungkinan terinspirasi dari sosok Lara Lane Kent di cerita komik Injustice.

Kemudian, kostum Flash yang dikenakan oleh Barry Allen juga memiliki perubahan meskipun tidak secara total. Perubahannya bisa dilihat dari adanya tambahan efek listrik atau petir yang menyala di seluruh kostum. Detail di kostumnya juga mengalami perubahan seperti warna dan detail lainnya. Hal ini juga berlaku kepada kostum Batman yang dikenakan oleh Michael Keaton dan Ben Affleck.

Banyak Mendapatkan Pujian

Meskipun film The Flash belum rilis secara resmi, beberapa pihak memiliki kesempatan untuk menonton filmnya lebih cepat dari yang lain. Dan berdasarkan ekspresi dan ungkapan dari mereka yang sudah menyaksikan filmnya terlebih dahulu banyak yang memuji film karya Muschietti ini. Contohnya adalah Henry Cavill, yang bukan hanya memuji filmnya namun juga penampilan dari Sasha Calle sebagai Supergirl. James Gunn dan beberapa bintang lainnya juga memiliki pendapat serupa di mana mereka sangat terkesan dan senang dengan filmnya. Bahkan, Tom Cruise pun memberikan pujian dan selamat kepada Andy Muschetti atas film ini.

Berbagai Hal Yang Dihilangkan

Berbagai pihak di balik layar film The Flash banyak menghilangkan hal-hal yang sempat akan muncul di filmnya. Contoh nyata dari hal ini adalah bagaimana awalnya Ray Fisher akan kembali muncul sebagai Cyborg di film ini. Namun, sayangnya, kemunculan Ray Fisher dan Cyborg di film The Flash akhirnya harus dirubah dalam naskah pada 2021.

Hal ini setelah Ray Fisher mengungkap tindakan negatif yang dilakukan oleh Joss Whedon saat proses produksi film Justice League. Hal ini pun sempat menjadi perbincangan hangat, yang akhirnya membuat Ray Fisher tidak lagi memerankan karakter tersebut. Yang juga disayangkan adalah rencana cameo dari Wonder Woman di film ini yang akhirnya harus juga dihilangkan dari filmnya.

Film Non-Horor Pertama Andy Muschietti

Sosok Andy Muschietti memang sudah sangat populer di industri Hollywood dan juga para fans, apalagi para penggemar film horror. Seperti halnya beberapa nama sutradara lainnya, seperti James Wan, Andy Muschietti juga terkenal sebagai sutradara yang banyak menghadirkan film horor. Beberapa film horor yang diproduksi oleh Muschietti adalah Mama, Welcome to Derry, dan dua film horor yang membuat nama Muschietti melejit adalah IT dan IT Chapter Two. The Flash akan jadi film non-horor dan film superhero pertama yang diproduksi oleh Muschetti.

Film Layar Lebar The Flash Pertama

Karakter The Flash memang tidak sepopuler Batman, Superman, dan juga Wonder Woman yang jadi “maskot” bagi DC Comics atau pun bagi DC Studios dan Warner Brothers. Namun, bukan berarti The Flash tidak populer. Dalam cerita komiknya The Flash adalah salah satu karakter penting yang mana dia sering terlibat dalam berbagai peristiwa besar, seperti Flashpoint.

Dalam versi live-action sendiri karakter The Flash tidak pernah muncul dalam berbagai proyek film layar lebar. The Flash lebih sering muncul sebagai bintang utama dalam series televisi. Film The Flash karya Andy Muschietti ini jadi film layar lebar pertama dari karakternya. Ini tentunya menjadi sebuah pencapaian besar bagi WB dan juga karakter the Flash.

Hadirkan Villain Rahasia

Berdasarkan alur cerita yang sudah muncul dalam berbagai materi promosi filmnya, kita tahu jika General Zod adalah villain yang dihadapi oleh Barry Allen, Kara, dan juga Bruce Wayne. Bahkan, hal ini juga bisa kita lihat dalam trailer resminya. Namun, yang menarik adalah sebenarnya film The Flash juga menghadirkan sosok villain rahasia yang akan terungkap nanti di filmnya. Di trailernya sendiri sempat ada petunjuk di mana sosok hitam muncul dan menghancurkan Batpod milik Batman.

Debut Dari Flash Ring

fakta film the flash

Film The Flash akan menghadirkan satu detail penting namun menarik dari sosok Barry Allen, yaitu cincinnya. Dalam cerita komik, Flash Ring atau cincin milik Barry Allen ini menjadi benda ikonik dari karakter Flash. Pasalnya, cincin ini menjadi tempat Barry menyimpan kostum miliknya.  Dalam film The Flash, Flash Ring adalah benda yang Bruce Wayne buat untuk Barry Allen dan film ini akan menghadirkan versi modern dari Flash Ring.

Tanpa Justice League

Kemunculan kembali Ben Affleck sebagai Batman membuat banyak Geeks tentunya penasaran apakah karakter pahlawan lain di DCEU atau para Justice League lainnya akan muncul. Sampai saat ini, tidak ada kabar jika Justice League akan kembali muncul di film The Flash. Salah satu kemungkinan terbesarnya adalah para aktor yang memerankan karakternya sudah tidak lagi menjadi bagian dari DCEU.

fakta film the flash

Contohnya adalah Ray Fisher, Jason Momoa, Gal Gadot, Henry Cavill, dan juga tentunya Ben Affleck. Meskipun tanpa kemunculan Justice League, Barry Allen tetap mendapat bantuan dari Batman dan juga karakter lain, seperti Supergirl. Namun, bukan tidak mungkin jika para karakter superhero lain di DCEU juga akan muncul sebagai cameo.

The Flash adalah proyek paling ambisius dari DC Studios dan dan juga WB sampai sejauh ini. Dan juga film The Flash memiliki berbagai fakta penting dan menarik seperti yang sudah dihadirkan di atas. Dengan berbagai tanggapan dan reaksi positif yang sudah muncul beberapa waktu lalu, menarik tentunya untuk melihat seperti apa filmnya nanti.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.