Sebagai salah satu superhero dari DC Universe, Flash terkenal karena kecepatan super dan kostumnya yang ikonis. Khusus untuk kostumnya sendiri yang membuatnya lebih unik adalah karena Flash menyimpannya di sebuah benda kecil berbentuk cincin yang disebut Costume Ring. Dan yang lebih menariknya lagi hal ini juga tampaknya akan diadaptasi juga di versi live action DC Universe melalui film The Flash yang akan tayang bulan depan. Apa sebenarnya Costume Ring dan sepenting apa benda ini bagi Flash? Mari kita kenali lebih jauh benda unik yang satu ini melalui berbagai fakta menariknya yang ada di DC Comics!

Diciptakan oleh Barry Allen

Pertama kali diceritakan di komik Showcase #4 (1956), Costum Ring sudah dipakai oleh Barry Allen sejak dirinya menjadi Flash kedua setelah Jay Garrick. Barry sendiri adalah Flash yang tercatat dalam sejarah DC sebagai pencipta sekaligus pengguna pertama benda unik yang satu ini. Semuanya bermula dari niat Barry yang ingin menjadikan kedua cincin nikah orang tuanya sebagai simbol perjuangan bagi dirinya. Cincin orang tuanya tersebut lantas dia tempa ulang menjadi Costume Ring bergambar petir yang bisa dipakai untuk menyimpan kostumnya. Di mana Barry bisa berubah dari manusia biasa menjadi Flash hanya dalam waktu sekejap dengan menekan tombol khusus pada cincinnya.

Menyusut Karena Speed Force

Alasan Costume Ring yang bentuknya sangat kecil ini bisa menyimpan kostum Flash yang ukurannya relatif lebih besar adalah karena kemampuan Barry sendiri yang mampu mengakses kekuatan Speed Force. Di mana dengan gelombang listrik yang disebabkan oleh Speed Force, Barry bisa memanfaatkan panas di sekitarnya untuk membuat kostum andalanya menyusut atau mengembang. Itulah mengapa Barry kemudian bisa memasukan kostumnya yang menyusut ke dalam Costume Ring, yang memang sejak awal sudah dia desain khusus untuk lebih tahan terhadap Speed Force daripada kostumnya sendiri.

Lontaran Setara Sembilan Airbag

Meskipun terlihat mudah, tetapi pada kenyataannya memasukan kostum Flash yang lebih besar ke dalam Costume Ring telah menciptakan tekanan yang sangat besar di dalamnya. Saat Barry mengeluarkannya dari Costume Ring, mungkin kostumnya hanya terlihat seperti balon yang dikembungkan. Namun jika lontaran kostum ini mengenai seseorang, apalagi manusia biasa, bukan tidak mungkin orang tersebut akan terluka atau bahkan langsung meninggal di tempat. Karena faktanya tekanan yang dihasilkan saat kostumnya melontar dari Costume Ring setara dengan sembilan airbag mobil.

Bisa Dipakai Bersembunyi

Secara khusus memang tidak ada kekuatan yang didapatkan Barry ketika menggunakan Costume Ring untuk menyimpan atau mengeluarkan kostum Flash. Namun pada beberapa kesempatan Costume Ring cukup berguna bagi Barry ketika dia ingin bersembunyi dari seseorang. Di komik The Flash #259 yang rilis pada tahun 1978, Barry pernah diperlihatkan mampu menggetarkan dan memadatkan molekul tubuhnya untuk kemudian ikut masuk ke dalam Costume Ring. Selama tidak ada orang atau villain yang matanya jeli untuk menemukan Costume Ring, maka kemampuan Barry untuk bersembunyi di dalamnya tidak akan pernah terbongkar.

Diwariskan Kepada Superhero Lain

Sebagai Flash yang berhasil membuka jalan Speed Force bagi superhero lain, Barry juga sempat mewariskan Costume Ring kepada para penerusnya di DC Universe. Dimulai dari Wally West, speedster tercepat di DC yang menjadi Flash ketiga setelah Barry. Setelah Wally, Costume Ring juga akhirnya dimiliki oleh cucu Barry yang bernama Bart Allen. Bart sendiri menggunakan benda unik ini untuk menyimpan kostumnya saat menjadi Flash, Kid Flash, dan Impulse. Di komik Green Arrow Vol 3 #75 (2007), Barry bahkan pernah membarikan salah satu Costume Ring miliknya kepada Green Arrow, agar koleganya di Justice League tersebut bisa melamar superheroin Black Canary.

Itulah berbagai fakta menarik dari Costume Ring milik Flash yang mungkin tidak banyak orang tahu. Benda kecil ini telah membantu Barry alias Flash melalui sebagian besar petualangannya, serta mempermudahnya untuk beraksi sekaligus menyembunyikan identitas rahasianya. Alasan mengapa cincin unik ini akhirnya dihadirkan juga di film The Flash nanti sepertinya karena sejarahnya dengan sang Scarlet Speedster yang tidak terpisahkan. Kita lihat saja nanti fakta menarik Costume Ring apalagi yang akan terungkap di The Flash, saat filmnya tayang perdana di bioskop pada 16 Juni 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.