Mungkin belum banyak Geeks yaang tahu jika deretan karakter populer di Marvel Comics ini ternyata terinspirasi dari tokoh di dunia nyata. Marvel Comics sering menghadirkan berbagai karakter ikonik dan unik dalam cerita yang mereka suguhkan. Dan para karakter tersebut menghadirkan nuansa yang untuk cerita tersebut. Beberapa karakter populer dari Marvel Comics adalah Captain America, Spider-Man, Hulk, dan sebagainya.

Para pencipta dari karakter tersebut tentunya memiliki inspirasi tersendiri untuk bisa mewujudkan karakternya. Namun, yang menarik adalah ternyata ada beberapa karakter populer dari Marvel Comics yang terinspirasi dari tokoh di dunia nyata. Desain karakternya memiliki kemiripan dengan sosok atau tokoh tersebut. Siapa saja mereka?

Mary Jane Watson

Geeks tentunya tidak asing dengan karakter Mary Jane Watson. Karakter yang merupakan kekasih dari Peter Parker ini termasuk salah satu karakter yang populer, meskipun dalam berbagai cerita MJ jarang terlibat dalam peristiwa besar atau penting. Mary Jane Watson pertama kali Marvel perkenalkan di komik The Amazing Spider-Man #42 yang mana karakternya langsung mendapatkan perhatian dari para fans.

karakter marvel terinspirasi tokoh nyata

Seorang komikus legendaris John Romita Sr. adalah sosok yang bertanggung jawab atas terciptanya karakter Mary Jane Watson. Karakter MJ ternyata terinspirasi dari karakter Kim yang diperankan oleh Ann-Margaret dalam sebuah pentas musikal ‘Bye Bye Birdie’ tahun 1963. John Romita Sr. “mengadaptasi” penampilan dari karakter Ann-Margaret tersebut dan juga sifatnya yang periang.

Kingpin

Selain Mary Jane Watson, Romita Sr. juga menciptakan karakter villain populer Kingpin. Memiliki nama asli Wilson Grand Fisk, Kingpin sudah sejak lama diperkenalkan jadi salah satu musuh bebuyutan dari Spider-Man. Namun, Marvel Comics kemudian membuat Kingpin jadi musuh bagi Daredevil. Kingpin sendiri pertama kali muncul dalam komik The Amazing Spider-Man #50 dan jadi salah satu villain yang paling kejam.

karakter marvel terinspirasi tokoh nyata

Selain Spider-Man dan Daredevil, Kingpin juga pernah jadi musuh bagi villain lain seperti Hawkeye. Romita Sr. ternyta menghadirkan karakter Kingpin setelah terinspirasi dari dua bintang film. Pertama adalah Sydney Greenstreet dan kedua adalah Robert Middelton. Fakta menariknya adalah kedua aktor tersebut sama-sama memerankan karakter villain dalam sebuah series berbeda. Kedua aktor tersebut menginspirasi Romita sr. untuk menghadirkan Kingpin dari penampilan dan kepribadiannya.

Bucky Barnes

Bucky Barnes alias The Winter Soldier merupakan salah satu karakter Marvel yang paling tragis. Dalam cerita komiknya, karakter Bucky Barnes merupakan sahabat dari Steve Rogers dari sebelum masuk militer hingga mereka berdua berada di militer. Salah satu pencipta karakter Bucky Barnes, Joe Simon, ternyata juga adalah pencipta dari karakter Bucky Barnes.

Joe Simon ternyata menggunakan desain karakter awal dari Steve Rogers untuk membuat karakter Bucky Barnes. Dan yang menarik adalah berbeda dari karakter di atas yang terinspirasi dari selebritis, ternyata Bucky Barnes terinspirasi dari teman sekolah sang kreator yaitu Bucky Pierson. Namun, selain dari segi nama, tidak ada lagi inspirasi lainnya yang Joe Simon hadirkan dari Bucky Pierson.

M.O.D.A.A.K.

Geeks mungkin mengenal M.O.D.O.K. sebagai salah satu karakter villain di Marvel Comics dan baru-baru ini sang villain juga muncul di MCU. Namun, mungkin banyak dari Geeks yang tidak tahu jika Marvel Comics pernah menghadirkan karakter berdasarkan sosok Donald Trump. Ketika musim pemilihan presiden Amerika di tahun 2016 penulis Jason Latour sempat menghadirkan kegelisahannya dalam komik Spider-Gwen Annual #1.

karakter marvel terinspirasi tokoh nyata

Dalam cerita komik tersebut Gwen pergi ke salah satu universe alternatif yaitu Earth-65. Di sana, Gwen menemukan sosok villain yang mirip dengan M.O.D.O.K. bernama M.O.D.O.A.A.K. di mana kepanjangan dari nama tersebut adalah Mental Organism Designed as America’s King. Wajah yang muncul dari karakter ini sangat mirip dengan Trump dan bukannya berbicara mengenai kejahatan, justru M.O.D.O.A.A.K. lebih banyak berbicara mengenai politik.

Wolverine

Dalam cerita komik perubahan desain karakter bukan sesuatu hal yang asing. Dan hal ini juga yang terjadi kepada Wolverine. Karakternya sempat mengalami perubahan di awal kemunculannya. Dan desain karakter Wolverine versi yang lebih populer ternyata terinspirasi dari tokoh nyata. Karakter yang diciptakan oleh Chris Claremont dan David Cockrum kemudian dimodifikasi oleh John bryne.

karakter marvel terinspirasi tokoh nyata

John Bryne memberikan perubahan dari peran Wolverine dan penampilannya, di mana dia terinspirasi dari aktor kawakan Paul D’Amato. John Bryne mengadaptasi bentuk wajah dari Paul D’Amato untuk kemudian diaplikasikan sebagai wajah dari Wolverine yang kita kenal sekarang. Kemiripannya bisa kita lihat dari cambang rambut D’Amato nampak serupa dengan cambang dari Wolverine.

J. Jonas Jameson

Sosok karakter J. Jonah Jameson mungkin adalah salah satu karakter sampingan yang paling populer di Marvel Comics. Meskipun dia tidak memiliki kekuatan super dan tidak pernah terlibat dalam peristiwa penting, namun karakter J. Jonah Jameson begitu ikonik yang membuat fans banyak mengingatnya. Namun, banyak orang yang mungkin tidak tahu jika J. Jonah Jameson terinspirasi dari Stan Lee.

Selain dari penampilannya, Marvel juga mengadaptasi sifat dan kepribadian Stan Lee untuk diaplikasikan dalam karakter J. Jonah Jameson. Kepopuleran dari J. Jonah Jameson sendiri mulai meningkat setelah dia J.K. Simmons berhasil memerankan karakternya dalam film Spider-Man di tahun 2002. Sejak saat itu, karakternya mulai banyak dikenal dan dikenang orang-orang.

Nick Fury

Salah satu contoh yang paling populer dari karakter Marvel yang terinspirasi dari tokoh nyata adalah Nick Fury. Karakter Nick Fury memang sudah ada sejak lama, namun Marvel Comics menghadirkan perubahan desain karakternya dalam Marvel’s Ultimate. Karakter Nick Fury di universe Ultimate ternyata terinspirasi dari aktor Samuel L. Jackson. Yang menariknya adalah Marvel Comics membuat karakter tersebut secara diam-diam.

karakter marvel terinspirasi tokoh nyata

Jackson sendiri tidak sadar jika Marvel Comics menghadirkan karakter yang terinspirasi dari sosoknya, sampai kemudian dia melihat komik tersebut. Setelah pembicaraan dengan pihak Marvel, akhirnya Jackson mendapatkan peran sebagai Nick Fury di tahun 2008 dalam film Iron Man. Sejak saat itu, karakter Nick Fury banyak dikenal orang dan Samuel L. Jackson sendiri erat kaitannya dengan sosok Nick Fury.

Hellfire Club

Hellfire Club mungkin adalah karakter Marvel yang cukup “berani” mengingat tokoh nyata yang mereka jadikan inspirasi. Dalam cerita komik, Hellfire Club adalah kelompok mutan yang melakukan banyak aktivitas kejahatan meskipun mereka juga tidak jarang melakukan hal baik. Ternyata Hellfire Club juga digunakan sebagai nama kelompok atau organisasi yang digunakan oleh banyak orang untuk melakukan banyak kejahatan.

Yang menarik adalah sebuah TV series dengan judul ‘The Avengers’ yang rilis pada 1966 pernah menghadirkan sebuah kelompok penjahat dengan nama Hellfire Club. Marvel Comics sendiri kemudian terinspirasi untuk menghadirkan Hellfire Club dalam cerita komik. Dan pemimpin mereka, Emma Frost, terinspirasi dari pemeran utama wanita di seriesnya yaitu Emma. Marvel juga mengadaptasi penampilannya.

Charles Xavier

Charles Xavier alias Professor X adalah salah satu karakter paling cerdas dan paling kuat di Marvel Universe. Professor X adalah salah satu karakter penting bagi para mutan, karena dia jadi jembatan untuk menyatukan manusia dan para mutan untuk bisa hidup bersama-sama. Stan Lee dan Jack Kirby ternyata menghadirkan karakter Professor X dari seorang aktor pemenang penghargaan Academy Award, Yul Brynner.

karakter marvel terinspirasi tokoh nyata

Aktor Yul Brynner merupakan bintang dalam film The King and I di mana dalam film tersebut dia harus mencukur habis rambutnya. Dan ini juga yang kemudian menginspirasi Jack Kirby dan Stan Lee untuk membuat Professor X. Sedangkan, untuk sifat dan karakter Professor X para fans menduga jika Marvel terinspirasi dari tokoh Martin Luther King Jr. yang membela hak-hak kaum kulit hitam, meskipun Chris Claremont membantah hal tersebut di tahun 2016.

Tony Stark

Salah satu karakter Marvel paling populer, Tony Stark. Banyak fans yang sempat menduga jika sosok playboy jenius tersebut terinspirasi dari sosok Stan Lee. Tetapi, nyatanya hal tersebut tidaklah benar. Karakter Tony Stark ternyata terinspirasi dari sosok milyuner asal Amerika, Howard Hughes. Marvel mengadaptasi kekayaan dan sikap playboy Howard dalam karakter Tony Stark.

karakter marvel terinspirasi tokoh nyata

Namun, di era modern sekarang Marvel juga ternyata memiliki inspirasi lainnya. Untuk menghadirkan sosok Tony Stark di MCU, ternyata mereka mengambil insirasi dari sosok Elon Musk. Marvel mengadaptasi sifatnya yang sering membuat hal baru serta sosok yang kaya dalam karakter Tony Stark yang diperankan oleh Robert Downey Jr. di MCU.

Marvel Comics ternyata banyak terinspirasi dari para tokoh nyata untuk menghadirkan berbagai karakter populer mereka. Namun, hal itu tentunya bukan sebuah hal yang baru di dunia buku komik atau pun dalam industri film. Di sisi lain, artinya para karakter tersebut memiliki “kedekatan” dengan para penggemar karena karakternya terasa nyata.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.