Terdapat beberapa karakter Marvel Comics yang diketahui sudah berhasil hancurkan dunia. Mereka menghancurkan dunia karena berbagai alasan. Ada yang memang jahat, di mana tidak ingin ada makhluk lain yang berada di atasnya, atau karena alasan lainnya. Meskipun ada yang sebagian berhasil dihentikan, namun ada juga yang pada akhirnya harus terjadi.

Menghancurkan dunia memang sudah menjadi “tugas” dari para villain dalam cerita buku komik atau berbagai karya fiksi lainnya. Tujuan mereka menghancurkan dunia sendiri adalah menjadi sosok penguasa. Namun, memang ada juga hal atau alasan lainnya mengapa para villain ini menghancurkan dunia. Yang menarik adalah ada sebagian karakter Marvel yang berhasil hancurkan dunia. Siapa saja?

Mystique

Mystique adalah salah satu karakter villian yang mana alasan pribadinya justru berakibat fatal bagi seluruh alam raya ini. Mystique diketahui memiliki keinginan untuk membentuk kembali Brotherhood of Evil Mutants dan juga menghabisi politisi anti mutan, Robert Kelly. Jika biasanya hal ini berhasil X-Men hentikan, namun hal berbeda terjadi dalam cerita Days of Future Past.

Dalam cerita yang mengeksplor sosok Mystique di sebuah realita alternatif tersebut, memperlihatkan bagaimana sang mutan berhasil menghabisi nyawa Professor X dan Moira McTaggert. Namun, ada efek panjang yang kemudian terjadi. Mayoritas manusia akhirnya benar-benar kehilangan pandangan atau prasangka mereka terhadap mutan. Pada akhirnya, para Sentinels mengambil alih bagian utara Amerika. Dalam momen ini banyak mutan atau mereka yang memiliki kekuatan super harus tewas atau dikurung di kamp kosentrasi. Rachel Summers dan Kate Pryde kemudian berhasil mengubah realita tersebut.

Onslaught

Karakter marvel yang mampu hancurkan dunia lainnya adalah Onslaught. Professor X selalu berusaha untuk menengahi konflik antara manusia dan mutan. Hal ini pun termasuk mendamaikan manusia dengan rekannya, Magneto. Harus diakui memang upayanya ini tidak selalu berjalan lancar, bahkan berakibat hancurnya seluruh dunia. Ketika Magneto menggunakan kekuatannya untuk mencabut seluruh Adamantium di dalam tubuh Wolverine, inilah momen Professor X merasa dia tidak bisa lagi menolerir rekannya itu.

Charles Xavier kemudian melakukan serangan terhadap Magneto, dengan cara menyerang bagian isi kepalanya. Namun, tanpa dia ketahui, serangan tersebut justru membangkitkan kemampuan psioninic dari satu entitas bernama Onslaught. Onslaught sendiri lahir dari rasa frustasi Professor X dan juga hasrat kekerasan dari dalam diri Magneto. Pada akhirnya, entitas ini berhasil menghancurkan Earth-616 sebelum kemudian Franklin Richard muncul dan mengalahkannya.

Thanos

Selain Mystique, Thanos juga jadi karakter villain Marvel lain yang hancurkan dunia demi kepentingan pribadi. Bahkan, Thanos melakukan hal itu demi cinta. Mungkin, Geeks sudah tahu cerita tentang petualangan sang Titan gila ini dalam mencari Infinity Stones/Gems. Ada perbedaan yang diperlihatkan antara versi film dan juga versi komik. Dalam versi film, Thanos mengumpulkan Infinity Stones demi menghapus separuh penduduk alam raya.

Hal itu dia lakukan agar terjadi keseimbangan dunia, karena dia menganggap dunia dan alam raya tidak lagi seimbang. Namun, dalam komiknya, Thanos menghancurkan dunia demi mendapatkan perhatian dari sosok Death. Rasa cintanya terhadap sosok kematian tersebut membuat Thanos tidak berpikir panjang untuk menghabisi sebagian isi alam raya Marvel. Dan ironisnya, hal itu ternyata tidak juga membuat Death tertarik terhadap Thanos.

Doctor Doom

Doctor Doom adalah salah satu villain yang memiliki tujuan utama menciptakan dunia yang sesuai dengan keinginannya. Karena hal itulah, dia memiliki sebuah rencana gila yaitu menghancurkan seluruh realita yang ada dan membentuk kembali sesuai yang dia inginkan. Tanpa Wanda sadari, Victor von Doom sering kali menghasut Wanda Maximoff untuk menghancurkan dunia sebelum peristiwa House of M.

Hal tersebut terungkap dalam komik The Children’s Crusade. Yang gila lagi adalah Doctor Doom pernah berusaha untuk menghancurkan the Beyonders. Untuk menghancurkan salah satu entitas kosmik terkuat itu, Doctor Doom menghancurkan setiap Molecule Man yang ada di Multiverse. Dengan begitu, universe dari The Beyonders pun akan hancur. Efek dari hal ini adalah terjadinya inkursi atau momen di mana seluruh realita yang ada saling bertubrukan. Dan pada akhirnya, dia mengumpulkan semua karakter di sebuah realita buatannya yaitu Battleworld.

Legion

David Haller alias Legion adalah anak dari Charles Xavier dan Gabrielle Haller. Dia adalah sosok yang sangat kompleks. Legion berbeda dengan sang ayah, yang memang cinta damai dan tidak pernah menaruh dendam. Haller pernah berusaha menghabisi targetnya yang berakibat pada hancurnya dunia. Saat itu, David Haller kembali ke masa lalu untuk menghabisi Magneto.

Namun, yang terjadi adalah Legion bukan membunuh Magneto melainkan sang ayah, Xavier. Apa yang dia lakukan tersebut justru melahirkan Age of Apocalypse, sebuah realita alternatif di mana sosok Apocalypse, salah satu villain jahat X-Men, berhasil menguasai seluruh dunia. Dan sayangnya, para X-Men di realita tersebut pun tidak mampu berbuat banyak.

Scarlet Witch

House of M merupakan salah satu alur cerita yang sangat populer dari Marvel Comics. Alur cerita ini menghadirkan kisah ketika Wanda Maximoff mengalami kehancuran mental yang berakibat pada berubahnya realita yang ada. Ketika Scarlet Witch kehilangan anak-anaknya, Billy dan Tommy, Wanda pun berusaha untuk mengembalikan mereka. Namun, hal itu tidak berakhir baik.

Kondisi seluruh realita menjadi terganggu, apalagi ketika Wanda menciptakan realitanya sendiri. Wolverine dan tim X-Men serta yang lainnya butuh usaha yang keras untuk bisa menghentikan semuanya. Apalagi Wanda sempat berencana untuk menghancurkan seluruh mutan dan bahkan manusia. Beruntung, Wanda sendiri berhasil diselamatkan meskipun realita yang ada menjadi hancur berantakan.

Jean Grey

Nama Jean Grey mungkin sudah tidak asing di telingan Geeks semua sebagai karakter yang sering menghancurkan dunia. Jean Grey adalah salah satu karakter mutan populer dari tim X-Men. Dan selain itu, dia juga merupakan salah satu wadah dari salah satu kekuatan paling dahsyat di alam semesta Marvel, yaitu Phoenix Force. Ketik Jean berada di bawah pengaruh kekuatan tersebut dia sama sekali tidak bisa mengendalikannya.

Kemampuan telepati dan psychic Jean yang sangat kuat tidak mampu untuk menandingi kekuatan Phoenix Force. Efeknya, dia pun berubah menjadi Dark Phoenix. Dia pun pernah menghancurkan bumi dan berbagai planet lainnya, beserta seluruh penghuninya. Meskipun Dark Phoenix selalu berhasil dikalahkan, dengan banyak sekali pengorbanan, namun pada akhirnya kekuatan ini selalu berhasil kembali ke tubuh Jean.

Galactus

Selain Jean, yang juga diketahui sering menghancurkan bumi dan seluruh dunia adalah Galactus. Sebenarnya, hal ini tidak mengherankan. Mengapa? Karena, sesuai julukannya, Galactus memang sudah memiliki “tugas” untuk menghancurkan berbagai planet yang ada. Dia biasanya akan menghisap seluruh energi kehidupannya sampai habis, sebelum kemudian planet tersebut hancur sendirinya.

Galactus memiliki Herald of Galactus, yang pada intinya dia memiliki tugas untuk mencari planet-planet yang hendak dikonsumsi. Yang mengerikan adalah mengapa kemudian Galactus menghancurkan planet-planet karena rasa laparnya. Untuk memenuhi rasa laparnya, dia kemudian mengonsumsi energi dari berbagai planet. Namun, dia tidak pernah puas dengan semua hal tersebut dan rasa laparnya tidak pernah hilang.

Multiverse Marvel memiliki banyak sekali kemungkinan yang tidak terduga. Dengan berbagai kemungkinan tersebut nyatanya sering kali juga berakhir buruk, misalnya dengan hancurkan seluruh dunia. Beberapa karakter di atas berhasil menghancurkan seluruh dunia, baik dengan kekuatannya sendiri atau menggunakan benda kosmik. Apakah akan ada kehancuran lainnya di universe Marvel akibat salah satu karakter? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.