Jika berbicara tentang karakter Marvel paling genius, Tony Stark adalah salah satunya. Sebagai jutawan, playboy, sekaligus penemu, Tony adalah superhero Marvel yang sudah tidak diragukan lagi kepopuleran dan konstribusinya di Marvel Universe, khususnya ketika berhubungan dengan penemuan yang lebih maju dari zamannya. Sepanjang karier superheronya, Tony telah menciptakan berbagai macam penemuan yang pada akhirnya membuat jalan cerita Marvel makin menarik. Dan dari sekian banyak penemuan tersebut, berikut tujuh penemuan Tony Stark yang terkenal paling canggih!

Anti-Gravity Device

Dalam masa-masa awalnya sebagai ilmuwan, Tony pernah mematenkan sebuah penemuan canggih yang dia sebut Anti-Gravity Device. Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk membuat benda yang terkena tembakan sinarnya menjadi mengapung atau tidak terpengaruh gravitasi. Meskipun bentuk awalnya sangat simpel, yaitu kotak kecil berwarna merah, Anti-Gravity Device telah mendapatkan banyak pembaruan termasuk dipasangkan di salah satu armor Iron Man dan juga mempunyai fungsi tambahan untuk membalik efek anti gravitasi yang disebut extra-gravity.

Disintegrator Ray

Meskipun Tony sangat terkenal sebagai penemu, ternyata ada juga penemuannya yang tidak terlalu populer pada masanya, yaitu Disintegrator Ray atau Senter Penghilang. Sebenarnya jika penemuan ini dipakai dengan bijak, misalnya dengan menanamkannya di salah satu armor Iron Man, Tony bisa saja menghilangkan musuhnya hanya dengan menembakan cahayanya. Saat melakukan demostrasi penemuannya di depan tentara Amerika, dengan alat sebesar senter ini Tony bisa menghilangkan sebuah tank dalam hitungan detik.

Extremis 3.0

Selain penemuan yang bermanfaat, ternyata Tony juga pernah membuat sebuah aplikasi yang sangat merugikan penggunanya. Saat dirinya diceritakan menjadi jahat karena sihir pembalik karakter dari Scarlet Witch memengerahui seluruh karakter di Marvel Universe. Tony berubah menjadi sosok yang serakah yang menyebut dirinya sebagai Superior Iron Man. Pada saat itu dia memodifikasi virus Extremis menjadi semacam virus yang bisa mengubah seseorang menjadi awet muda dan panjang umur. Namun, ketika sudah banyak yang menggunakan aplikasinya, Tony kemudian memasang tarif berbayar sekitar 1,4 juta setiap harinya, di mana hal tersebut menjadikannya penjahat paling cerdas sekaligus licik.

eScape

Jika tadi Extermis 3.0 adalah aplikasi smartphone, eScape adalah program dunia virtual reality yang diciptakan oleh Tony ketika dirinya merasa ingin menciptakan dunianya sendiri. Sebagai salah satu penemuan terbesar Tony, eScape adalah dunia virtual yang tidak terbatas, di mana siapa pun yang menggunakannya bisa hidup dan berpetualang di dalamnya. Namun, ketika seorang penjahat meretas eScape dan membuat Tony terjebak di dalamnya, akhirnya Tony menyadari bahwa eScape terlalu canggih untuk zamannya. Sehingga setelah dia berhasil keluar, Tony terpaksa mematikannya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.