Di Avengers: Endgame, Steve Rogers membuat keputusan yang mengejutkan. Setelah melakukan perjalanan waktu, Steve yang sudah tua lantas memutuskan untuk mencari penerus Captain America. Pada akhirnya Steve Rogers memberikan perisai Captain America kepada Sam. Namun dalam serial Falcon and Winter Soldier, terungkap bahwa pada akhirnya Sam menyerahkan perisai dan gelar Captain America ke pemerintah Amerika Serikat. Sam merasa bahwa ia tidak layak menjadi Captain America baru, dan Captain America adalah sosok yang tidak bisa digantikan.

Setelah kejadian tersebut, para penonton berharap agar Bucky menjadi sosok Captain America baru, dan bukan John Walker. Nah berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat Bucky layak menjadi penerus Captain America.

Bucky Tahu Persis Tugas Captain America

Sejak Steve dan Bucky masih anak-anak, mereka tidak dapat dipisahkan. Mereka tampak mengenal satu sama lain. Bucky pun pernah berjuang bersama dengan Steve saat Steve menjadi Captain America. Pertemanan keduanya sempat berhenti saat Bucky menjadi Winter Soldier dan dicuci otak. Namun setelah Bucky kembali disadarkan, ia kembali membantu Steve Rogers dalam menumpas kejahatan. Setelah semua yang terjadi, Bucky adalah sosok yang memahami seperti apa Captain America seharusnya. Setelah bertahun-tahun berjuang bersama Steve Rogers, Bucky tahu apa yang boleh dilakukan bagi seorang Captain America, dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Bucky Adalah Super Soldier Seperti Steve

Meskipun serum Super Soldier bukan hal wajib untuk menjadi Captain America, tetapi tentu saja dengan mejadi Super Soldier akan memudahkan pekerjaan. Memang, serum Super Soldier dapat merubah orang baik menjadi sangat baik, dan orang jahat menjadi sangat jahat, tetapi pada dasarnya Bucky adalah orang baik sehingga ketika ia menjadi Super Soldier, maka ia akan menjadi baik. Bucky sempat menjadi jahat karena ia dicuci otaknya oleh HYDRA. Untuk menjadi seorang Captain America, maka orang tersebut akan menerima banyak pukulan yang berat. Hanya Super Soldier saja yang mampu menerima berbagai pukulan berat dari musuh-musuhnya. Beruntung Bucky saat ini memiliki kekuatan Super Soldier.

Bucky Tidak Memiliki Keluarga

Yap, pria berusia seratus tahun lebih ini memilih untuk hidup sendiri. Bucky memang bisa memiliki kehidupan yang lebih baik, tetapi dia menolak hal tersebut. Jalannya pun masih panjang, dan menjadi seorang Captain America akan membantunya untuk menjalani kehidupan. Bucky juga tidak memiliki keluarga sehingga para penjahat tidak bisa meneror keluarga Bucky dan menjadikan Bucky menjadi lemah. Berbeda dengan Sam yang memiliki keluarga dan banyak teman. Mau tidak mau Sam harus bisa menjalani kehidupan normalnya dan tidak mendedikasikan dirinya secara penuh untuk menjadi Captain America. Sementara karena Bucky tidak memiliki keluarga, teman, dan orang yang ia anggap penting, maka ia bisa mendedikasikan dirinya secara penuh untuk menjadi Captain America.

Bucky Pernah Menjadi Pemimpin & Bisa Menjadi Pemimpin

Selama beberapa tahun terakhir, Bucky telah menunjukkan dirinya bahwa ia layak menjadi pemimpin. Dia juga sempat memimpin Howling Commandos sebelum Steve pergi, dan Bucky adalah salah satu agent tertinggi HYDRA saat ia dicuci otak dan menjadi Winter Soldier. Kemungkinan Bucky juga melatih agent-agent Super Soldier lainnya yang berada di bawah pengawasan HYDRA. Captain America tentunya adalah sosok yang harus bisa memimpin. Maka dengan rekam jejak Bucky, tentunya ia juga bisa menjadi pemimpin. Dalam serial Falcon and Winter Soldier pun, Bucky terlihat lebih dewasa dan terlihat mampu menjadi seorang pemimpin.

Bucky Bisa Mengembalikan Nama Baik Captain America

Setelah apa yang dilakukan oleh John Walker mencoreng nama baik Captain America di serial Falcon and Winter Soldier, image tentang Captain America tentunya perlu diperbaiki.. Di sisi yang sama, Bucky Barnes juga perlu memperbaiki citranya, setelah sebelumnya ia dianggap sebagai teroris. Nah untuk membersihkan namanya sendiri, Bucky bisa melakukan hal tersebut dengan menjadi Captain America. Ketika nanti ia menjadi Captain America dan berhasil melindungi warga Amerika, tentunya Bucky akan kembali dianggap sebagai pahlawan dan masa lalunya akan dilupakan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/