Daredevil merupakan salah satu karakter yang populer di kalangan fans yang berasal dari Marvel Comics. Dia juga salah satu karakter tetap yang muncul di Marvel Universe dalam 50 tahun terakhir. Sosok Matt Murdock alias Daredevil muncul pertama kali pada tahun 1964, dan merupakan karakter hasil karya Stan Lee dan Bill Everett.

Keberadaanya di universe Marvel berhasil mencuri banyak hati para penggemar komik. Meskipun Matt memiliki kekurangan, namun kelebihan yang dia miliki membuatnya menjadi sosok yang begitu dicintai. Sudah ada banyak karakter pahlawan Marvel lain yang pernah berkolaborasi dengan sosok Matt. Misalnya Spider-Man, Punisher, dan sebagainya. Seperti karakter pahlawan lain, Daredevil juga memiliki musuh bebuyutan.

Daredevil memiliki cukup banyak musuh seperti Bullseye, Doctor Octopus, Elektra, dan juga banyak nama lainnya. Namun, yang sangat populer dan melekat di benak para fans tentunya adalah sosok Wilson Fisk alias Kingpin. Pertarungan atau perselisihan antara sosok Daredevil dan Kingpin sudah terjadi bahkan kurang lebih hampir dua dekade. Hal ini menunjukan bahwa mereka berdua sangat berpengaruh di universe Marvel.

Sejarah Pertemuan Kingpin dan Daredevil

Mungkin, sebagian Geeks belum ada yang tahu bahwa pada awalnya karakter Wilson Fisk, yang merupakan karya Stan Lee dan John Romita Sr., merupakan musuh yang diciptakan untuk menghadapi Spider-Man. Hal ini terbukti di mana sosok Kingpin pertama kali muncul dalam komik The Amazing SPider-Man #50 yang rilis pada 1969. Selama 10 tahun, Marvel Comics menghadirkan cerita di mana Kingpin menjadi musuh bebuyutan bagi Spidey.

Baru kemudian pada 1979 Frank Miller dan Klaun Janson menghadirkan sosok Wilson Fisk alias Kingpin menjadi musuh bagi Daredevil. Dan tanpa diduga, hal ini justru menjadi tonggak sejarah baru baik bagi Marvel Comics atau pun bagi karakternya. Sosok Kingpin dianggap menjadi “pelengkap” dari alur cerita yang mereka suguhkan. Fisk mampu menghadirkan sosok villain yang gelap dan kejam di dunia tersebut.

Semenjak saat itu, Daredevil dan Kingpin berevolusi menjadi salah satu pasangan pahlawan dan villain yang populer, seperti halnya Superman dan Lex Luthor atau Batman dan Joker. Keduanya sudah sering terlibat dalam pertarungan brutal, permainan psikologis, bahkan tidak jarang mereka juga bekerja sama untuk kasus tertentu dan juga pengkhianatan.

Karena Kingpin menjadi musuh Spider-Man dan Daredevil, tidak jarang kedua pahlawan bekerja sama untuk mengalahkan Kingpin. Nama-nama penulis seperti Franky Miller, Janson, Brian Michael Bendis, Alex Maleex, dan masih banyak lainnya memiliki jasa untuk menghadirkan berbagai alur cerita menarik dan unik dari rivalitas Daredevil dan Kingpin.

Beberapa Arc Populer Daredevil vs Kingpin

Dengan rivalitas mereka yang sudah mencapai dua dekade, tentunya Marvel Comics memiliki sederet cerita tentang perselisihan dari kedua karakter populer ini. Apa saja?

The Man Without Fear

The Man Without Fear merupakan arc yang sangat penting bagi kedua karakter. Alur cerita mini seri yang terbagi dalam lima bagian ini dirilis pada 1993-1994 dan merupakan karya dari Franky Miller dan John Romita Jr. Alur cerita ini menjadi sangat penting karena menjadi awal mula cerita, baik sosok Daredevil atau pun perselisihannya dengan Wilson Fisk. Dalam ceritanya, komik ini mengeksplor bagaimana Matt harus kehilangan penglihatannya akibat limbah radioaktif.

Selain itu, alur cerita ini juga memperkenalkan kepada para fans sosok Wilson Fisk yang kemudian menjadi antagonis utama bagi Daredevil. Para penulis benar-benar secara apik menghadirkan cerita di mana Matt dan Wilson tidak bertemu sampai di komik Daredevil #170. Yang juga menarik adalah kita akan melihat bagaimana Wilson mengambil alih kepemimpinan kelompok kriminalnya dengan menghancurkan kepala mantan bosnya dengan tangan kosong.

The Typhoid Mary Saga

Komik Daredevil memperkenalkan salah satu antagonis terhebat di Marvel Comics, yaitu Typhoid Mary. Dia merupakan seorang wanita yang memiliki gangguan skizophrenia dan memiliki kemampuan psychic dan telekinesis. Dalam arc ini, Wilson sengaja bekerja sama dengan Mary untuk mengalahkan Matt. Setelah sebelumnya dia kalah secara memalukan di arc Born Again, Wilson mencoba cara lain mengalahkan Matt yaitu melalui hatinya.

Wilson kemudian memerintahkan Mary untuk mendekati Matt, yang mana tanpa diduga strategi ini berhasil. Bahkan, Matt sendiri bisa dikatakan berselingkuh dengan Mary dari kekasihnya Karen Page. Semuanya berjalan lancar sampai-sampai kehidupan Matt hancurĀ  total. Namun, ketika Mary dianggap terlalu berlebihan untuk meghancurkan Matt, Wilson memperlihatkan sisi lain dari rivalitasnya dengan sang Daredevil.

The Devil In Cell Block D

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa Daredevil dan Wilson Fisk tidak selamanya menjadi musuh atau rival. Mereka juga pernah menjadi rekan atau sekutu, seperti yang terjadi dalam arc The Devil In Cell Block D. Dalam ceritanya kita melihat bagaimana Matt dan Wilson berada di satu sel yang sama di penjara Rikers Island. Setelah berhasil menjebloskan Wilson ke penjara, justru Matt yang kemudian harus dipenjara seperti yang muncul di arc Murdock Papers.

Tanpa disadari oleh Wilson dan Matt ada sosok lain yang ingin mereka berdua saling membunuh satu sama lain. Inilah alasan mengapa kemudian keduanya berada di sel atau penjara yang sama. Namun, faktanya, justru sebaliknya. Mereka berdua malah menjadi sekutu untuk bisa bertahan hidup dari serangan tahanan lain. Sayangnya, hubungan aliansi ini tidak berjalan lama. Setelah keduanya berhasil kabur dari penjara mereka kembali menjadi musuh bebuyutan.

Born Again

Bukan hanya dianggap sebagai alur cerita terbaik rivalitas Daredevil dan Kingpin sepanjang masa, namun Born Again juga dianggap sebagai salah satu arc terbaik yang pernah ada. Ini menjadi mahakarya dari Frank Miller ketika menulis cerita bagi Daredevil. Alur ceritanya sendiri berfokus pada upaya kebangkitan Matt Murdock dari keterpurukan dari apa yang terjadi sebelumnya. Mantan kekasihnya, Karen Page, menjual identitas Daredevil demi heroin.

Hal ini tentunya sangat dimanfaatkan oleh Kingpin untuk kemudian menyiksa Matt secara lahir dan batin. Pengaruh Kingpin membuat akun banknya dibekukan oleh pihak terkait, apartemenya tidak bisa lagi dia tempati, dan polisi korup bersaksi bahwa dia melihat Matt membayar seseorang untuk meringankan kasus. Namun, perlahan dia bangkit. Dengan bantuan dari Captain America, Matt mencoba membalas apa yang Wilson lakukan.

Dia juga mengungkapkan siapa sosok Wilson Fisk sebenarnya, yang merupakan seorang kriminal. Hal ini tidak pelak membuatnya harus kehilangan banyak rekan bisnisnya, serta dia harus mendapatkan cibiran dan citra negatif di mata publik. Yang menarik, Marvel Studios juga menghadirkan seri Daredevil terbaru dengan judul yang sama dengan arc ini. Apakah mereka juga akan mengadaptasi ceritanya? Masih harus kita tunggu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.