Meskipun terjadi ratusan tahun lalu, beberapa orang ini tahu tentang rahasia abad kekosongan atau Void Century dalam cerita One Piece. Void Century atau yang biasa kita kenal dengan abad kekosongan, merupakan sebuah masa yang terjadi ratusan tahun yang lalu sebelum cerita utama seriesnya dimulai. Pada era atau masa ini berbagai sejarah dunia telah dihapus oleh pihak World Government.

Tujuannya tidak lain untuk menutupi tragedi besar yang terjadi sebelumnya dan berbagai rahasia besar dunia yang tidak ingin orang lain ketahui. Namun, ternyata ada beberapa orang yang tahu kebenaran dari Void Century dalam cerita One Piece. Sebagian dari mereka ada yang masih hidup hingga sekarang, tetapi ada juga yang sudah tewas. Lalu, siapa saja mereka?

Dr. Clover

Dr. Clover adalah karakter yang pertama kali hendak memberi tahu rahasia masa lalu. Bahkan, dia juga yang memberi tahu tentang adanya Void Century atau abad kekosongan di dunia One Piece di awal cerita. Dr. Clover sendiri merupakan salah satu cendikiawan dari pulau Ohara. Dalam ceritanya, Dr. Clover menjadi pemimpin bagi mereka yang ingin meneliti Poneglyph.

void century one piece

Sayangnya, nyawa dari Dr. Clover tidak tertolong karena Im dan Gorosei kemudian memerintahkan agen Cipher Pol untuk untuk menghabisi nyawanya. Selain itu, mereka juga memerintahkan angkatan laut untuk mengaktifkan Buster Call di wilayah tersebut. Sebelum kematiannya, Dr. Clover hendak memberi tahu nama dari Kerajaan Kuno yang mereka hancurkan. Namun, Gorosei memerintahkan agen Cipher Pol untuk menghabisi nyawanya.

Kozuki Oden

Kozuki Oden merupakan seorang samurai legendaris dari Wano dan anggota dari kelompok bajak laut Whitebeard. Namun, nama Oden sempat membuat Gol D Roger tertarik untuk merekrutnya yang mana hal ini pun membuat Roger kemudian bertemu dengan Whitebeard di sebuah pulau. Mereka pun sempat bertarung, meskipun selama tiga hari bertarung tidak ada yang menang.

Roger kemudian meminta tolong kepada Whitebeard untuk meminjam Oden dan ikut berpetualang bersamanya ke Laugh Tale. Roger membutuhkan Oden untuk menerjemahkan Poneglyph sebagai penunjuk jalan menuju Laugh Tale. Mengingat dia membaca berbagai Poneglyph yang tersebar di seluruh dunia, bahkan dia juga ikut ke Laugh Tale, wajar jika kemudian dia tahu tentang rahasia abad kekosongan.

Gol D Roger

Karakter atau orang selanjutnya tahu tahu tentang Void Century di dunia One Piece adalah Gol D Roger. Selain Oden, Roger juga adalah salah satu yang juga pergi ke pulau Laugh Tale. Roger menjadi karakter yang mendapat gelar Raja Bajak Laut setelah mencapai Laugh Tale bersama dengan para kru lainnya. Seperti halnya Oden, dia jelas mengetahui berbagai rahasia besar dunia termasuk tentang Void Century.

void century one piece

Sayangnya, setelah Roger mengetahui tentang berbagai rahasia besar dunia tersebut dia kemudian merasa bahwa kemunculan atau kedatangannya ke pulau Laugh Tale terlalu cepat. Seperti yang pernah Whitebeard ungkapkan jika Roger menantikan sosok yang bisa melanjutkan misinya. Saat Roger akan dieksekusi, dia kemudian mengatakan bahwa harta karun miliknya dan juga One Piece ada di pulau terakhir.

Whitebeard

Shirohige alias Whitebeard adalah rival abadi Roger, namun keduanya juga berteman baik sebagai sesama bajak laut. Setelah Roger berhasil menuju Laugh Tale dan kembali, dia sempat menemui Whitebeard untuk terakhir kalinya. Dalam pertemuan tersebut, Roger bercerita tentang banyak hal termasuk, One Piece, Laugh Tale, Void Century dan lain-lain. Bahkan, Roger memberi tahu bagaimana cara pergi ke Laugh Tale.

Whitebeard sendiri sebenarnya adalah orang yang paling dekat lainnya dengan One Piece pasca Roger, namun dia tidak pernah berminat dengan hal tersebut. Bagaimana kemudian Roger bercerita banyak tentang One Piece dan rahasia dunia lainnya, wajar jika kemudian dia tahu banyak mengenai Void Century di dunia One Piece. Yang menarik adalah seperti halnya Roger, sebelum kematiannya di Marineford sosok Whitebeard sempat mengatakan jika One Piece adalah sesuatu yang nyata.

Silvers Rayleigh

Selain Roger dan Oden, orang yang juga tahu rahasia Void Century di dunia One Piece lainnya adalah Silvers Rayleigh. Rayleigh adalah wakil kapten dari bajak laut Roger dan juga orang kepercayaan sang Kapten. Dia menemani Roger dari awal petualangannya hingga sampai di Laugh Tale. Rayleigh pun jadi salah satu orang yang ikut pergi ke pulau Laugh Tale, yang artinya dia tahu tentang banyak hal.

Yang menarik adalah Rayleigh sudah sejak lama menanti kemunculan Luffy. Hal ini terungkap dalam cerita di arc Sabaody. Rayleigh sebenarnya hendak menyampaikan rahasia besar dunia kepada kru Topi Jerami, namun jelas Luffy dan yang lain menolaknya. Lagipula, itu hanya lelucon dari Usopp yang meminta Rayleigh menceritakan semuanya. Rayleigh pun kemudian melatih Luffy selama dua tahun di Rusukaina.

Jaguar D Saul

Banyak para fans menduga jika Saul sudah tewas dalam peristiwa besar Ohara. Dia juga bahkan sempat membeku akibat serangan Hie Hie no Mi dari Aokiji. Namun, dalam cerita kilas balik Vegapunk terungkap jika sebenarnya Saul masih hidup. Saat ini, kemungkinan besar dia sedang bersembunyi di pulau Elbaf. Yang menarik adalah ternyata dia juga menyelamatkan mayoritas buku-buku yang sempat dibuang ke danau.

Mengapa kemudian Saul jadi salah satu orang yang tahu Void Century dalam dunia One Piece? Saul pernah tinggal di wilayah Ohara dan bergaul bersama para cendikiawan lainnya. Kemudian, dengan berbagai buku-buku tentang rahasia dunia ada di tangannya Saul pun pasti sudah membaca semuanya. Bahkan, Vegapunk juga sempat berkunjung ke perpustakaan di Elbaf dan bertemu dengan Saul.

Vegapunk

Sebenarnya, para fans awalnya tidak menduga jika sosok Vegapunk adalah orang tahu tentang rahasia Void Century di dunia One Piece. Namun, ketika akhirnya Oda Sensei memperkenalkan karakternya dalam cerita di arc Egghead ternyata Vegapunk bukanlah ilmuwan sembarangan. Ada alasan mengapa dia jadi ilmuwan paling cerdas di dunia, karena dia menyimpan semua informasi yang ada.

Ini berkat buah iblis Nomi Nomi no Mi, yang membuatnya bisa memiliki kapasitas otak tidak terbatas. Vegapunk mengaku dia mengetahui semua informasi masa lalu berdasarkan semua buku yang dia baca di pulau Elbaf, serta berkat berbagai penelitian tentang Poneglyph yang dia lakukan. Bagaimana Vegapunk tahu terlalu banyak, bahkan lebih banyak tahu dari para cendikiawan Ohara, dan terlalu menggali lebih dalam jadi alasan Vegapunk jadi target World Government.

Gorosei

Gorosei adalah salah satu kelompok yang ada di pihak World Government yang terdiri dari lima orang tua yang namanya baru saja terungkap. Mereka adalah pemilik tahta tertinggi di World Government yang orang-orang lain ketahui. Namun, sebenarnya, mereka adalah pelayan bagi sosok Im. Meskipun belum terkonfirmasi, tetapi ada kemungkinan mereka sudah hidup sejak ratusan tahun lalu.

void century one piece

Petunjuknya sendiri muncul dalam berbagai kesempatan, misalnya bagaimana mereka tahu tentang sosok Nefertari Lily dan cerita pembentukan World Government. Sebagai pelayan Im dan juga sudah hidup ratusan tahun, rasanya tidak heran jika mereka tahu tentang rahasia Void Century di cerita One Piece. Mereka yang memerintahkan membunuh Dr. Clover dan memerintahkan untuk menghabisi Vegapunk.

Im

Im atau Im Sama merupakan seorang pemimpin tertinggi di dunia One Piece sekaligus juga di World Government. Namun, orang-orang sendiri tidak pernah tahu tentang keberadaan Im. Karena, sebenarnya, tidak boleh ada yang duduk di singgasana yang ada di istana Pangaea. Hingga sekarang, masih belum teridentifikasi apakah Im Sama adalah manusia atau bukan. Sebab bentuk fisiknya masih hanya berupa siluet hitam saja.

void century one piece

Im adalah sosok yang bertanggung jawab atas kemunculan Void Century di dunia One Piece. Karena, dialah yang memerintahkan untuk menghancurkan seluruh catatan sejarah dan berbagai hal lainnya untuk menyembunyikan rahasia besar dari orang-orang. Dia juga bahkan melakukan manipulasi informasi seperti yang terjadi kepada buah iblis Luffy. Im sendiri pun kemungkinan berusia 800 tahun berdasarkan informasi yang ada.

Orang-orang masih penasaran apa sebenarnya yang terjadi ketika abad kekosongan atau Void Century. Sayangnya, ketika mereka hendak mencari tahu hal tersebut upaya mereka selalu gagal karena pihak World Government melarang hal tersebut. Tetapi, beberapa orang di atas berhasil mengetahui rahasia besar tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.