Sekitar 24 tahun yang lalu sebelun cerita saat ini dimulai, Gol D. Roger dihukum mati oleh angkatan laut dan eksekusinya sendiri dilakukan di Logue Town. Kita tahu bahwa Roger menderita sebuah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Roger sendiri merasa bahwa dia sudah mendapatkan semua yang dia inginkan setelah berhasil menaklukan seluruh Grand Line termasuk pulau terakhir, Laugh Tale.

Sebelum hidupnya benar-benar berakhir, Roger membubarkan kru bajak lautnya karena dia merasa semuanya sudah selesai. Tetapi, bagaimana jika sebenarnya Roger masih memiliki satu misi terakhir yang harus dia lakukan sebelum eksekusinya dilakukan? Misi tersebut kemungkinan dia percayakan kepada para krunya. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai hal ini.

Misi Yang Belum Selesai

Bajak laut Roger adalah satu-satunya bajak laut yang sukses mencapai Laugh Tale, setidaknya pada masa “modern” sekarang. Karena kita tidak tahu apakah sebelumnya sudah pernah ada orang lain yang pergi kesana. Di pulau tersebut, mereka menemukan sebuah harta karun yang sudah berusia sekitar 800 tahun lebih yang diduga milik dari Joy Boy dan dalam harta karun itu, ada banyak fakta mengejutkan. Contohnya adalah tentang rahasia abad yang hilang, senjata kuno, dan arti nama D.

The reason behind Laugh Tale's name | One Piece | Know Your MemeDengan Roger yang sudah pergi kesana, artinya dia tahu semua rahasia tentang dunia ini. Tetapi, seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, mereka tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka hanya bisa tertawa, sambil juga mereka menyadari kalau mereka terlalu cepat untuk pergi kesana. Jadi, bagaimana jika salah satu misi terakhir dalam hidup Roger yang belum selesai adalah mencari orang yang bisa menyelesaikan atau mewujudkan apa yang diramalkan oleh Poneglyph?

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Hal ini sendiri didukung oleh perkataan dari Whitebeard saat perang Marineford. Dia mengatakan kepada Blackbeard bahwa dia bukanlah sosok yang ditunggu Roger. Itu artinya Roger – dan krunya – memang sedang mencari orang yang bisa mewujudkan ramalan di Poneglyph yang ada di Laugh Tale. Dan prosesnya sendiri sepertinya sudah selesai, dengan Shanks memberikan Topi Jeraminya kepada Luffy yang kemudian menjadi tanda bagi kru lainnya, seperti Rayleigh, Crocus, dan bahkan Scopper Gaban, bahwa sosok yang diduga bisa mewujudkan ramalan tersebut sudah tiba.

Rencana Yang Sudah Disusun

Ada kemungkinan, jika para anggota kru utama dari bajak laut Roger sebenarnya sedang meneruskan misi terakhir Roger tersebut. Lalu, bagaimana rencana mereka melakukannya? Pertama adalah menginspirasi generasi baru. Sudah tidak heran jika sebagian besar orang pasti akan bertindak egois ketika mereka menemukan harta karun yang ada di Laugh Tale, contohnya adalah Blackbeard yang bernafsu untuk bisa pergi ke sana. Oleh karena itu, Whitebeard mengatakan kalau dia bukanlah orang yang ditunggu Roger.

Ini adalah misi yang kemungkinan diberikan oleh Roger kepada Shanks, Rayleigh, Crocus, dan Scopper Gaban, sebelum kru ini dibubarkan. Dan pada masa itu sepertinya memang belum ada orang yang sanggup melakukannya. Mereka butuh sesuatu yang akan memicu para generasi muda untuk mau menjadi “penerus” dari Roger dan mewujudkan apa yang sebenarnya ditulis dalam harta karun tersebut. Oleh karena itulah dia memutuskan untuk dieksekusi dengan ditonton oleh publik.

Kedua, mencari orang yang tepat. Langkah selanjutnya adalah mencari orang yang tepat di antara sekian banyak “kandidat” yang muncul. Shanks bisa jadi salah satu orang atau kru yang bertanggung jawab atas hal ini. Shanks merekrut kru bajak lautnya sendiri berkeliling Grand Line, bertemu orang-orang baru, dan tentunya dari sekian banyak orang itu dia mungkin menemukan orang yang tepat.

Sampai akhirnya dia bertemu dengan Luffy di desa Fusha. Luffy memiliki persayaratan yang dia minta, seperti keinginan yang kuat dan memiliki semangat yang kuat seperti Roger. Bukan hanya Shanks, kru Roger yang lain, contohnya Rayleigh, bahkan melihat adanya kesamaan ekspresi dalam semangat yang diperlihatkan oleh Luffy dengan semanagat Roger. Pertaruhan Shanks untuk masa depan sepertinya berbuah dengan baik.

Ketiga, memandu sang generasi muda. Dengan memberikan topi jerami miliknya, Shanks sepertinya bukan hanya memberikan tanda kalau dia memiliki kesamaan dengan Roger. Tetapi, juga memberikan tanda buat semua kru Roger yang masih hidup kalau dia adalah orang yang tepat, yang selama ini dinantikan oleh sang mantan kapten.

Sebenarnya ada banyak petunjuk bagaimana Luffy “dibimbing” oleh para mantan anak buah Roger. Contohnya di awal masuk Grand Line, Luffy sempat bertemu dengan Crocus. Kemudian di pulau Sabaody dia bertemu dengan Rayleigh yang menjelaskan banyak hal, termasuk melatih Luffy kemampuan Haki yang dia gunakan sekarang.

Bukan tidak mungkin Luffy akan bertemu lagi dengan kru bajak laut Roger lainnya di pulau selanjutnya. Contohnya adalah dia akan bertemu dengan Scopper Gaban, atau kru bajak laut lainnya yang akan memberikan Luffy petunjuk atau arahan. Bisa juga mengajari Luffy dan yang lainnya banyak hal.

Maksud Dari Misi Ini

Mungkin Geeks sudah tahu tentang isi dari Poneglyph terakhir yang bisa mengguncang dunia, bahkan bisa menggulingkan kekuasaan dari Pemerintah Dunia. Poneglyph tersebut juga bisa menyebabkan perang besar antara mereka dan pihak Pemerintah Dunia, kaum naga langit, dan tentunya siapa lagi kalau bukan angkatan laut.

Sang calon raja bajak laut ini nantinya akan menjadi pemimpin dari sebuah pasukan besar dan memandu pasukan ini dalam pertempuran terakhir melawan pemerintah. Luffy sepertinya sudah ditakdirkan untuk hal ini, dan banyak fans juga yang sudah berspekulasi kalau dia akan menjadi orang yang memimpin para pasukan ini.