Manga One Piece kembali memperkenalkan sebuah insiden yang tidak kalah dahsyat dalam ceritanya yaitu Insiden Egghead. Bahkan, insiden ini juga yang jadi alasan mengapa kemudian pihak World Government mengincar nyawa dari Vegapunk. Dalam cerita One Piece sendiri diketahui ada beberapa insiden besar yang berhasil mengguncang dunia. Contohnya adalah insiden God Valley pada 38 tahun lalu.

Kemudian, ada juga insiden Ohara pada 20 tahun yang lalu. Namun, memang, yang paling banyak diketahui adalah insiden Ohara karena pihak World Government menjadikan hal tersebut sebagai contoh bagi pihak lain agar tidak melanggar apa yang dilarang oleh mereka. Lalu, Oda Sensei memperkenalkan “Insiden Egghead” yang terjadi di pulau Egghead. Apa sebenarnya insiden Egghead?

Penjelasan Insiden Egghead

Insiden Egghead sendiri, sesuai namanya, adalah sebuah peristiwa dahsyat yang terjadi di pulau Egghead. Berdasarkan informasi yang dihadirkan dalam chapter 1077, insiden ini terjadi pada 3 bulan yang lalu sebelum kru Topi Jerami muncul di sana. Apa yang kemudian jadi penyebab insiden Egghead terjadi? Dalam chapternya dijelaskan jika ada sosok misterius yang menghubungi Mary Geoise sekitar 3 bulan lalu.

Sosok misterius tersebut memberikan laporan bahwa Vegapunk melakukan hal yang terlarang, yang melakukan penelitian tentang Abad Yang Hilang (Void Century). Laporan itu membuat Gorosei akhirnya memutuskan untuk mengirim agen Cipher Pol dan meneliti lebih lanjut. Sayangnya, mereka tidak menemukan bukti yang mengarah ke sana. Parahnya, mereka justru tidak kembali dari pulau Egghead.

Sosok misterius ini kembali menghubungi Mary Geoise, namun kali ini dia memaksa untuk berbicara langsung dengan pihak Gorosei. Percakapan mereka berhasil meyakinkan pihak Gorosei bahwa Vegapunk memang sudah mengkhianati mereka. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa kemudian Gorosei memutuskan untuk mengirim agen CP0; Stussy, Kaku, dan juga Rob Lucci.

Tetapi, mengirim agen CP0 ternyata bukan satu-satunya rencana yang dihadirkan oleh Gorosei. Ada dua hal lain yang mereka lakukan dan siapkan. Pertama, mereka mengerahkan pihak angkatan laut sebagai rencana cadangan. Kedua, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan akhirnya salah satu dari Gorosei pun ikut dalam proses penyerbuan ke pulau Egghead.

Sosok Misterius

Dalam chapter 1077 tidak diungkapkan siapa sosok misterius yang menghubungi pihak Mary Geoise terkait dengan dibocorkannya aktivitas Vegapunk yang menelitik Abad Kekosongan. Namun, petunjuk besar yang mungkin bisa jadi jawaban dari hal ini muncul di akhir chapternya. Di dua halaman terakhir terungkap jika ternyata sosok pengkhianat yang melakukan berbagai hal mengerikan di Egghead adalah salah satu satelit Vegapunk, York.

York akhirnya muncul dan bertemu dengan Stella alias Vegapunk asli. Dalam percakapannya dengan Vegapunk asli York mengaku jika dia memiliki alasannya tersendiri mengapa melakukan berbagai kejahatan tersebut. Pertama, bagi York terlalu banyak Vegapunk yang ada di dunia ini. Dia ingin menjadi satu-satunya Vegapunk. Karena itulah, dia berusaha menyingkirkan semua Vegapunk.

Kedua, dia ingin menjadi kaum naga langit. Mengapa kemudian dia mau menjadi kaum naga langit memang tidak diungkapkan di chapternya. Berdasarkan penjelasan tersebut, bisa ditarik kesimpulan jika kemungkinan besar York yang kemudian membocorkan aktivitas penelitian Vegapunk tentang Abad Kekosongan. Dialah sosok misterius yang menghubungi Gorosei. Bisa jadi, York bernegosiasi dengan Gorosei di mana dia membeberkan kegiatan rahasia Vegapunk dengan imbalan dia menjadi bagian dari kaum naga langit.

Skalanya Lebih Besar Dari Ohara

Fakta menarik lainnya dari insiden Egghead ini adalah bagaimana skalanya jauh lebih besar bahkan dari peristiwa Ohara. Hal ini terungkap di awal chapter 1077, ketika Stussy berkomunikasi dengan Sentomaru menggunakan Den Den Mushi pribadinya. Stussy menjelaskan kepada Sentomaru jika Kizaru akan datang ke pulau Egghead. Angkatan laut merupakan rencana cadangan yang disiapkan Gorosei.

Stussy sendiri kemudian menjelaskan alasan mengapa kaum naga langit memutuskan untuk mengerahkan seluruh armada angkatan laut, yang jumlahnya bahkan lebih besar dari Buster Call di Ohara. Pertama, apa yang diteliti atau isi dari penelitian Abad Kekosongan yang dilakukan oleh Vegapunk ternyata sudah jauh melampaui apa yang diketahui dan diteliti dari para cendikiawan Ohara.

Hal tersebut rasanya masuk akal, mengingat Vegapunk membangun semua teknologi di pulau Egghead dengan teknologi canggih. Artinya, bisa jadi itulah yang menjadi isi penelitian atau yang tertulis di bahan penelitian Vegapunk. Kedua, pulau Egghead memiliki sistem pertahanannya sendiri. Hal inilah yang membuat Gorosei lebih berhati-hati dan memutuskan untuk menyerang dalam skala yang besar.

Selain Kizaru, wakil admiral Doll, dan juga berbagai petinggi angkatan laut lain diperlihatkan muncul dan besiap di kapal mereka masing-masing. Di akhir chapternya, sang narator bahkan menyebutkan jika “efek/pasca peristiwa besar insiden Egghead ini bisa dipastikan akan mampu untuk mengguncang dunia.” Apakah perang besar akan terjadi di pulau tersebut? Masih harus kita tunggu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.