Oda kembali menghadirkan fakta baru tentang sosok Vegapunk di mana ternyata dia adalah pengguna buah iblis. Hal ini terungkap dalam informasi bocoran One Piece untuk chapter 1067. Seperti yang kita ketahui bahwa Vegapunk adalah sosok ilmuwan paling cerdas di dunia One Piece. Sejak pertama kali diperkenalkan, para fans sudah sangat penasaran dengan sosoknya.

Setelah puluhan tahun menunggu, pada akhirnya di arc Egghead ini Oda akhirnya mengungkapkan jati diri dari Vegapunk. Dalam chapter 1066 kemarin, kita akhirnya melihat sosok aslinya dan juga koneksinya dengan Dragon dan hal lain. Dan dalam bocoran chapter 1067 ini Oda kembali menghadirkan fakta tentang Vegapunk, yaitu dia adalah pengguna buah iblis bernama Nomi Nomi no Mi.

Arti Nomi Nomi

Menjadi sosok ilmuwan paling cerdas di dunia tentunya membuat banyak fans penasaran tentang sosoknya. Di sisi lain, hal ini juga menimbulkan berbagai spekulasi dan teori yang menarik di kalangan fans. Salah satu teori yang menarik adalah kemungkinan jika Vegapunk adalah pengguna buah iblis dan menjadi sumber kecerdasannya selama ini.

Dalam artikel sebelumnya, terdapat penjelasan mengenai hal tersebut. Dalam spekulasinya dijelaskan jika kemungkinan Vegapunk mendapatkan kekuatan yaitu kecerdasan yang sangat tinggi. Bahkan, level kecerdasannya mungkin melampaui manusia normal. Dan ternyata hal ini terbukti berdasarkan informasi bocoran untuk chapter 1067. Dalam informasinya, Vegapunk ternyata terlahir cerdas.

Meskipun begitu, dia juga memiliki kekuatan buah iblis yaitu Nomi Nomi no Mi. Dalam bahasa Jepang, Nomi berarti otak. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Vegapunk memiliki bentuk kepala yang unik dan berbeda dari yang lain. Dalam chapter 1066 kemarin nampak kepala Vegapunk menjulang ke atas. Ternyata itu merupakan efek dari buah iblis Nomi Nomi.

Kekuatan Nomi Nomi

Lalu, apa yang menjadi kekuatan buah iblis Vegapunk ini? Alasan kenapa buah iblis Nomi Nomi memberikan efek yang unik kepada Vegapunk adalah karena kekuatannya. Buah iblis Vegapunk ini memberikan penggunanya kemampuan untuk menerima informasi apa pun tanpa batas. Dan semua informaso tersebut akan tersimpan di dalam otaknya. Dengan kepala yang menjulang ke atas artinya Vegapunk memiliki pengetahuan yang sangat luas.

Ini juga yang jadi alasan mengapa Vegapunk mampu membaca semua buku-buku peninggalan Ohara yang ada di Elbaf. Dan ini juga alasan mengapa Vegapunk mampu mengingat semua informasi dan sejarah tentang abad kekosongan, sehingga dia mampu menirukan semua hal yang kita lihat di pulau Egghead. Mulai dari teknologi sampai berbagai ciptaan lainnya.

Vegapunk menyimpan semua informasi tersebut dan kemudian mewujudkannya melalui berbagai penemuan yang dia ciptakan. Untuk saat ini, belum ada informasi apakah ada hal lain yang bisa buah iblis Vegapunk tersebut lakukan selain mampu menyimpan pengetahuan apa pun tanpa batas. Tetapi, bisa jadi ada kekuatan lainnya yang bisa Vegapunk lakukan.

Misalnya, melakukan teknik telepati untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa perlu berbicara. Bisa juga dia mengendalikan pikiran orang lain. Atau bahkan dia tahu apa yang akan terjadi pada masa depan. Hal ini berdasarkan dari fakta bahwa Vegapunk tahu jika dia akan tewas. Kemudian, dalam informasi bocoran chapter 1067 dijelaskan jika Shaka meminta kloning lain mempersiapkan diri. Dia tahu jika CP0 tiba di pulau Egghead.

Mampu Membagi Isi Otaknya

Selain berbagai kekuatan di atas, kemampuan buah iblis Nomi Nomi lainnya adalah Vegapunk mampu untuk membagi isi otaknya. Ada beberapa bukti terkait hal ini. Pertama, kita bisa melihat perbedaan penampilan dari sang ilmuwan. Pada 22 tahun yang lalu di Ohara, bentuk kepala Vegapunk menjulang tinggi. Namun, hal berbeda nampak di akhir chapter 1066 di mana ukuran kepalanya sudah normal.

Meskipun begitu, ada bekas operasi atau pembedahan di kepalanya tersebut yang mana di atasnya nampak ada potongan apel. Kedua, Vegapunk memiliki enam satelit atau kloning yang saling terhubung satu sama lain. Keenam satelit tersebut memiliki sifat dan perilaku yang berbeda. Namun, dalam chapter 1062 dan 1065 terungkap bahwa semua satelit tersebut saling terhubung, baik terhadap satu sama lain atau pun terhadap sosok Vegapunk asli.

Hal tersebut yang kemudian membuat kepala Vegapunk berbeda dengan yang diperlihatkan pada 22 tahun yang lalu. Petunjuk ketiga, dalam informasi bocoran chapter 1067 juga terdapat penjelasan jika Punk Records merupakan bagian atap dari pulau Egghead. Dan Punk Records sendiri adalah bagian dari isi otak Vegapunk, di mana bagian itu terbuat dari otaknya. Terdapat banyak catatan atau ingatan dari sang ilmuwan di tempat itu.

Dapat Dari World Government?

Dari mana Vegapunk mendapatkan kekuatan buah iblis Nomi Nomi? Saat ini, hal tersebut memang masih menjadi misteri. Namun, ada kemungkinan jika buah iblis tersebut dia dapatkan dari World Government. Bukti yang mendukung ini adalah percakapannya dengan Dragon 22 tahun lalu. Vegapunk menyatakan bahwa World Government adalah sebuah organisasi yang sangat besar.

Mereka bisa memberikan atau mengakomodir semua kebutuhan dan keinginan Vegapunk, demi bisa mewujudkan berbagai ide yang dia punya. Dia juga menjelaskan jika angkatan laut adalah pihak yang paling memberikan apresiasi terhadap minatnya. Berdasarkan hal tersebut, rasanya masuk akal jika kemudian World Government yang memberikan buah iblis kepada Vegapunk.

Lagipula, ukuran kepala Vegapunk 22 tahun lalu sudah sangat tinggi yang artinya dia sudah memiliki kekuatan buah iblis tersebut setelah bergabung dengan World Government. Kemungkinan lainnya adalah Vegapunk tidak sengaja menemukannya pada sebuah momen di sebuah tempat. Atau bisa jadi juga ada seseorang yang memberikan buah iblis tersebut saat dia masih berada di pulau Karakuri. Untuk saat ini, asal-usul dari buah iblis Vegapunk tersebut masih sekedar teori atau spekulasi. Kita nantikan saja informasi lainnya dari Oda Sensei mengenai buah iblis ini ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.