Rahasia besar dari World Government kemungkinan akan terungkap pasca peristiwa besar yang terjadi di pulau Egghead. Chapter 1079 dalam manga One Piece menghadirkan beberapa hal menarik yang terkait dengan situasi di pulau Egghead beserta di luar pulau tersebut. Dalam chapternya terungkap bagaimana York juga ternyata menjadi incaran World Government dan dianggap mengkhianati kesepakatan mereka.

York sendiri mengatakan bahwa dia sudah memiliki rencana untuk mengatasi hal tersebut. Dan kita pun melihat bagaimana pertempuran antara Shanks dan Kid akhirnya terjadi di pulau Elbaf. Yang menarik adalah di panel terakhir chapternya terdapat narasi yang menyebutkan jika ada peristiwa besar yang mengguncang dunia yang akan terjadi pasca peristiwa di Egghead. Hal ini mengindikasikan rahasia besar World Government akan terungkap.

Insiden Egghead

Peristiwa apa yang dimaksud dalam narasi tersebut? Untuk saat ini, memang semuanya masih menjadi misteri. Namun, dari apa yang sudah dihadirkan dalam ceritanya hingga sekarang ada beberapa kemungkinan yang muncul. Pertama adalah Insiden Egghead. Di chapter sebelumnya diketahui bahwa Insiden Egghead sudah dimulai sejak kurang lebih tiga bulan yang lalu.

Saat itu, York menghubungi World Government dengan melaporkan tentang penelitian abad yang hilang yang dilakukan oleh Vegapunk. Namun, agen Cipher Pol yang dikirim ke Egghead tidak menemukan bukti apa pun. Yang terjadi justru mereka diculik oleh York. Dia pun kemudian kembali menghubungi World Government untuk menjalin kesepakatan yang mana nyatanya hal itu tidak sesuai realita.

World Government justru mengerahkan kekuatan penuh bukan hanya untuk menghancurkan Vegapunk, melainkan juga menghancurkan seluruh pulau Egghead. Stussy sendiri kemudian menjelaskan bahwa rencana ini kemudian disebut sebagai ‘Insiden Egghead.’ Yang mengerikannya adalah menurut informasinya pihak angkatan laut bahkan mengerahkan hampir seluruh armada mereka.

Diketahui kurang lebih 100 kapal perang diterjunkan untuk penyerbuan ke pulau Egghead. Sentomaru sendiri kemudian mengatakan bahwa apa yang akan terjadi dengan pulau Egghead sekarang jauh lebih dahsyat dan mengerikan dari Buster Call yang pernah dilakukan 20 tahun lalu untuk menghancurkan pulau Ohara. Dia pun memerintahkan seluruh penghuni Egghead untuk menyelamatkan diri dari pulau itu.

Jika kemudian insiden Buster Call Ohara bisa menjadi salah satu peristiwa yang mengguncang dunia, dan bahkan menjadi contoh agar tidak ada pihak lain yang melakukan hal sama, maka logikanya peristiwa sebesar dan semasif Insiden Egghead akan jadi perhatian dunia. Apa yang terjadi di pulau tersebut tentunya akan jadi sumber berita yang diketahui seluruh dunia.

Rahasia World Government Terbongkar

Berkaitan dengan Insiden Egghead, tentunya banyak orang-orang yang bertanya mengapa kemudian pulau tersebut dihancurkan oleh pihak World Government. Sebagian mungkin berpikir jika hal tersebut ada kaitannya dengan larangan World Government yang dilanggar, seperti yang terjadi kepada pulau Ohara. Namun, di sisi lain, hal tersebut akan menimbulkan kebingunan.

Pasalnya, bisa jadi, tidak semua orang pernah mendengar keberadaan pulau Egghead. Dan ketika semuanya selesai, fakta mengenai pulau tersebut mungkin akan mulai terbongkar. Dalam hal ini, ada kemungkinan seluruh rahasia World Government mungkin akan diketahui oleh orang-orang. Seperti yang Geeks ketahui, pulau Egghead berisi berbagai teknologi dan penemuan Vegapunk.

Dan Vegapunk sendiri menciptakan semua itu berdasarkan petunjuk dari apa yang dia teliti dan temukan pada abad yang hilang. Seperti yang pernah ducapkan oleh Shaka, bahwa semua teknologi yang ada di pulau Egghead berasal dari masa lalu. Artinya, jika kemudian apa yang terjadi di pulau Egghead diketahui oleh publik, apalagi rahasia tentang teknologi dahsyat dari masa lalu, tentunya hal ini akan menjadi hal yang dapat mengguncang seluruh dunia.

Mereka semua mungkin pada akhirnya akan mengetahui fakta sebenarnya bahwa pada zaman dahulu ada sebuah peradaban yang jauh lebih modern dengan berbagai teknologi canggih. Pergolakan di seluruh dunia mungkin akan terjadi di mana Pasukan Revolusi akan bergerak untuk memanfaatkan situasi ini.

Kemunculan Gorosei

Sejauh ini, dari informasi yang dihadirkan dalam cerita One Piece bahwa sosok Gorosei tidak pernah muncul atau tampil di hadapan orang-orang. Seperti halnya Im, keberadaan mereka mungkin tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Meskipun Gorosei mungkin diketahui sebagai pemimpin tertinggi World Government, tetapi tentunya tidak semua orang pernah melihat sosok mereka.

Dalam momen penyerbuan ke pulau Egghead ini, selain angkatan laut mengerahkan sebagian besar armada mereka yang mengejutkan juga adalah bagaimana Gorosei memutuskan untuk mengutus salah satu dari mereka untuk pergi ke pulau tersebut. Bahkan, rencana utama dari penyerbuan ke pulau Egghead sebenarnya adalah mengirimkan salah satu Gorosei.

Sedangkan, pengerahan armada angkatan laut merupakan rencana cadangan untuk membantu Gorosei. Pertarungan melawan admiral dan juga Gorosei tentu akan jadi salah satu highlight menarik dan juga perhatian yang luar biasa. Orang-orang tentunya akan bertanya-tanya sekaligus juga penasaran dengan Gorosei dan pulau Egghead. Ini tentunya akan jadi salah satu kemungkinan peristiwa lainnya yang akan mengguncang dunia dari pulau Egghead dan juga jadi salah satu rahasia World Government yang terungkap.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.