Kita mungkin akhirnya tahu apa yang jadi tujuan Eustass Kid untuk pergi ke pulau Elbaf yaitu sosok Jaguar D. Saul. Apa hubungan Kid, Saul, dan pulau Elbaf? Mengapa kemudian mereka mengincar Saul? One Piece chapter 1071 kemarin sukses untuk menghadirkan beberapa cerita sekaligus. Selain menghadirkan alur cerita di Egghead, kita juga tahu apa yang terjadi di luar pulau tersebut.

Salah satu alur cerita yang dimunculkan adalah bagaimana Kid dan kelompoknya akhirnya tiba di pulau para raksasa, Elbaf. Pulau ini sebelumnya banyak diprediksi akan jadi pulau yang jadi tujuan Luffy dan kru Topi Jerami, sebelum kemudian diketahui jika Egghead yang jadi pulau selanjutnya. Terdapat sebuah teori menarik mengenai kemunculan Kid di Elbaf yaitu dia mengincar sosok Saul.

Mengapa Kid di Elbaf?

Di akhir arc Wano, Kid nampak memiliki percakapan dengan sosok wakil kaptennya, Killer, terkait dengan apa aksi mereka selanjutnya. Dalam percakapan tersebut, mereka kemudian menghadirkan sebuah informasi yang menarik. Kid sempat berbicara tentang menemukan “sosok dengan bekas luka bakar.” Saat itu, para fans berspekulasi tentang siapa sosok yang Kid maksud.

Sabo jadi nama yang santer diprediksi oleh para fans pada saat itu. Hal terebut memang masuk akal mengingat dia memang memiliki bekas luka di wajahnya. Namun, setelah semua spekulasi yang ada kemudian arc Egghead menghadirkan satu nama yang mungkin sesuai dengan apa yang Kid maksud. Nama tersebut tidak lain adalah Jaguar D. Saul, sosok raksasa yang disangka sudah tewas.

Ketika Vegapunk berbicara dengan kru Topi Jerami, dia sempat menceritakan sisi lain dari tragedi besar Ohara dan apa yang terjadi setelahnya. Vegapunk mengatakan jika dia melihat sekelompok raksasa berusaha untuk menyelamatkan buku-buku yang sengaja dijatuhkan ke danau. Kemudian, diketahui jika para raksasa itu dipimpin oleh satu orang dengan perban dan luka.

Nico Robin sendiri kemudian mengonfirmasi jika sosok tersebut merupakan Jaguar D. Saul. Ratusan chapter sebelumnya, Oda sempat memperlihatkan jika Saul kemungkinan tewas dalam peristiwa mengerikan di Ohara. Saul berusaha untuk melindungi Robin yang berusaha kabur dari kejaran angkatan laut. Namun, ternyata, Saul selamat dengan mengalami bekas luka di tubuhnya.

Berdasarkan hal tersebut, masuk akal jika kemudian Kid mencari sosok Saul dan jadi alasan mengapa kemudian dia harus pergi ke Elbaf. Apakah Kid sudah mengetahui lokasi di mana dia berada atau mungkin dia akan mencari keberadaannya masih harus kita tunggu. Yang pasti, mencapai Elbaf terlebih dahulu membuat Kid memiliki keuntungan besar. Dia berada di posisi yang cukup kuat untuk terlebih dahulu pergi ke pulau terakhir.

Sejarah Elbaf

Elbaf sendiri merupakan salah satu wilayah dan kerajaan yang tertua di dunia One Piece. Ini merupakan pulau yang jadi rumah bagi para raksasa. Seperti halnya Wano dan beberapa pulau lain, Elbaf jadi pulau yang tidak terafiliasi dengan World Government. Namun, apa yang kemudian jadi alasan pulau ini tidak bergabung dengan World Government cukup menarik perhatian.

Berbeda dengan Wano, yang memang menjadi negara yang terisolir akibat perbatasan mereka, Elbaf justru terbuka dan tidak memiliki perbatasan. Apa yang kemudian membuat Elbaf tidak bersekutu dengan World Government? Salah satu kemungkinannnya adalah usia panjang dari para raksasa. Dalam seri One Piece, para raksasa dikenal memiliki usia yang sangat panjang.

Mereka bisa hidup ratusan hingga ribuan tahun. Raksasa paling tua yang diketahui sejauh ini adalah Jarul, di mana usianya mencapai 408 tahun. Karena usia mereka yang panjang inilah bisa jadi para raksasa sudah melihat banyak sekali kejadian di berbagai era. Bahkan, mereka mungkin mengetahui apa yang terjadi pada masa lalu seperti abad kekosongan.

Selain mungkin mengetahui tentang abad yang hilang, para suku raksasa juga dianggap memiliki potongan Road Poneglyph terakhir. Ini juga jadi salah satu spekulasi yang sangat sering muncul di kalangan fans. Seperti yang kita ketahui, Road Poneglyph keempat masih jadi sebuah misteri besar. Para fans coba menebak di mana lokasi keberadaanya. Beberapa nama seperti Elbaf, Mary Geoise, dan markas angkatan laut jadi tempat yang banyak dispekulasikan para fans.

Kid sejauh ini sudah memiliki tiga Road Poneglyph. Dengan keberadaanya di Elbaf, selain dia bisa belajar atau menggali informasi tentang abad yang hilang, dia juga bisa menyalin isi dari Road Poneglyph yang ada di sana. Inilah alasan mengapa kemudian Kid disebut memiliki keuntungan satu langkah di depan Luffy dalam kompetisi untuk pergi ke Laugh Tale.

Kru Topi Jerami Akan ke Pulau Ini?

Saat ini, kru Topi Jerami masih berada di pulau Egghead berusaha untuk kabur dari kejararan angkatan laut dan CP0. Berdasarkan informasi di chapter sebelumnya, Akainu setuju untuk kembali mengaktifkan “Buster Call” ke pulau Egghead. Tujuannya selain untuk menghabisi nyawa Vegapunk, mereka juga tahu jika ada Luffy dan kru Topi Jerami di pulau tersebut.

Saat ini, kondisi kru Topi Jerami sedikit terjepit di mana mereka kembali harus kalah jumlah. Mereka memang memiliki peluang dengan keberadaan Luffy dengan Gear 5 dan juga beberapa kru kuat Topi Jerami. Namun, tidak mudah bagi mereka untuk kemudian bisa segera pergi dari sana apalagi CP0 menjaga semua pintu yang ada. Belum lagi Bonney berusaha untuk menghabisi Vegapunk. Artinya, situasi semakin tidak menentu.

Namun, banyak fans yang masih yakin jika kru Topi Jerami akan pergi ke pulau Elbaf setelah berbagai hal epik di pulau Egghead. Pulau tersebut bisa menjadi tempat persembunyian mereka juga dari kejaran angkatan laut. Juga, di sisi lain, para raksasa memiliki koneksi yang cukup kuat dengan Usopp dan Robin. Jadi, cukup masuk akal jika Elbaf jadi tujuan destinasi selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.