13 misteri Wano yang belum terungkap. Arc Wano Country jadi arc yang paling panjang dan paling lama di sepanjang seri One Piece saat ini. Cerita tersebut mengalahkan alur cerita Dressrosa yang sebelumnya menjadi yang terpanjang di serinya. Arc Wano sendiri sudah berjalan selama empat tahun. Ceritanya sendiri berawal pada pertengahan 2018 dan sudah lebih dari 200 chapter yang muncul di arc ini.

Salah satu bukti bahwa arc Wano adalah arc panjang, Oda Sensei membagi ceritanya menjadi tiga babak. Chapter 1057 kemarin menjadi penutup babak ketiga, sekaligus juga arc Wano. Dengan ceritanya yang sangat epik dan panjang, tentunya ada banyak hal yang muncul di arc ini. Sebagian dari ceritanya masih menjadi misteri. Berikut adalah berbagai misteri Wano yang belum terjawab.

Asal-usul Ras Lunarian

Dalam pertarungan antara Queen dan King melawan Sanji dan Zoro, para fans diperkenalkan dengan “kemunculan” ras baru dalam cerita One Piece. Ras tersebut memiliki nama ras Lunarian. Berdasarkan cerita Marco, ras Lunarian terkenal sebagai ras para dewa. Mereka sempat tinggal di atas Red Line yang sekarang menjadi Mary Geoise.

Ras Lunarian juga terkenal memiliki kemampuan dalam hal pengendalian api. Tetapi, masih menjadi misteri apa yang membuat mereka punah, apa yang membuat mereka bisa mengendalikan api, dan sebagainya. Kita kemudian mendapatkan informasi bahwa King adalah orang terakhir dari ras Lunarian. Sayangnya, sampai arc Wano selesai Oda masih belum menjelaskan tentang ras ini.

BACA JUGA: One Piece: Para Pemilik Kekuatan Rokushiki!

Sosok yang Membantu Red Scabbards

Ketika nyawa dari para Red Scabbards hampir saja melayang dalam pertarungan melawan Kaido, mereka semua kemudian berhasil terselamatkan oleh teknik Shambles Law. Mereka kemudian bersembunyi di sebuah ruangan. Kita pun kemudian dikejutkan dengan kemunculan sosok misterius dalam siluet yang kemudian membantu merawat luka para Red Scabbards.

Yang masih menjadi misteri adalah siapa sebenarnya sosok misterius tersebut? Apakah memang merupakan Kozuki Toki? Apakah Kozuki Hiyori? Atau justru muncul karakter baru lainnya? Banyak para fans yang mencoba menebak siapa sosok tersebut berdasarkan siluetnya. Namun, sampai sekarang kita masih belum tahu siapa sosok tersebut dan masih menjadi misteri di Wano.

Apa yang Terjadi di Alabasta

Kita masih belum tahu apa yang sebenarnya terjadi di Alabasta. Setelah Reverie berakhir, Garp mengatakan bahwa ada sebuah insiden besar di Alabasta. Apakah memang ada upaya pembunuhan terhadap keluarga Nefertari oleh pihak Pemerintah Dunia, setelah dianggap pengkhianat? Bagaimana dengan nasib mereka saat ini? Apakah Vivi masih hidup?

Kabar terbaru di chapter sebelumnya kemudian memberikan gambaran bahwa ternyata ada sebuah peristiwa besar terjadi. Nefertari Cobra tewas terbunuh oleh sosok misterius. Sabo yang kemudian menjadi kambing hitamnya. Padahal, Sabo berada di Mary Geoise berusaha untuk menyelamatkan Kuma dan misinya berhasil. Siapa yang kemudian membunuh Cobra? Apa motifnya?

BACA JUGA: Mengenal ‘Wujud Baik’ Sauron di Lord of the Rings!

Apa yang Blackbeard Incar

Blackbeard memerintahkan anak buahnya untuk segera bersiap, setelah membaca berita di surat kabar. Namun, masih belum sampai sekarang kita tidak pernah tahu ke mana dia akan pergi dan apa sebenarnya yang dia incar. Banyak prediksi dan juga spekulasi menyebutkan bahwa Blackbeard mengincar Road Poneglyph yang ada di Whole Cake Island dan juga berencana menculik Pudding.

Ada juga yang mengatakan bahwa Blackbeard mengincar senjata kuno yang ada di Alabasta. Dan ada juga teori yang menyebutkan bahwa Blackbeard akan mengincar para mantan Shichibukai untuk kemudian bergabung dengannya, dan menambah kekuatannya sehingga dia bisa mewujudkan mimpinya menguasai dunia. Apa pun itu, yang pasti hal tersebut sangat Blackbeard incar sejak lama atau sesuatu yang berharga baginya.

Sun God Nika

Ini mungkin adalah salah satu misteri terbesar yang muncul selama di arc Wano. Sosok Nika dianggap sebagai legenda di kalangan para budak. Nika merupakan pahlawan yang selalu membebaskan mereka dari penjara dan belenggu kaum naga langit. Tetapi, masih belum ada informasi apakah sosok Nika memang benar-benar nyata atau hanya sekedar mitos di kalangan para budak semata.

Nika sendiri pertama kali muncul dalam cerita ketika Who’s Who bercerita kepada Jinbe. Who’s Who beranggapan bahwa sosok Nika memiliki koneksi dengan kaum manusia ikan. Bahkan, sosok Nika juga yang kemudian menjadi inspirasi Fisher Tiger untuk membentuk kelompok bajak laut Matahari dan melakukan hal yang sama dengan Nika. Tetapi, siapa sebenarnya sosok Nika? Apakah Nika merupakan julukan dari seseorang? Bahkan, namanya ada di buah iblis yang Luffy konsumsi.

BACA JUGA: Perbedaan Ekor Sepuluh di Naruto & Boruto!

Bajak Laut Rocks

Sengoku mulai memperkenalkan kelompok bajak laut Rocks ketika pihak angkatan laut mendengar kabar tentang rencana Big Mom dan Kaido yang menjalin aliansi. Menurut Sengoku, Rocks D. Xebec adalah bajak laut yang paling mengerikan yang pernah ada. Bahkan, saking mengerikannya, mereka kemudian terhapus dari sejarah sehingga tidak ada banyak orang yang tahu tentang Rocks.

Momen dari Rocks sendiri terakhir kali diketahui saat peristiwa God Valley, di mana dia berhasil Garp dan Roger kalahkan. Diketahui bahwa Rocks tewas, dan setelah peristiwa itu kelompok mereka pun bubar. Tetapi, apakah Rocks memang benar-benar sudah tewas? Apakah dia pengguna buah iblis? Mengapa dia dianggap sebagai yang paling mengerikan?

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.