Dalam cerita One Piece ada banyak sumber kekuatan yang Eiichiro Oda perkenalkan. Salah satu yang khas dan juga unik serta menarik adalah Rokushiki. Rokushiki alias Six Power adalah kemampuan atau teknik super yang mana tidak semua orang bisa menggunakannya. Rokushiki hanya bisa digunakan oleh seseorang setelah menjalani pelatihan yang sangat spesifik dan ketat.

Selain itu, teknik ini biasanya khusus dipergunakan kepada anggota yang menjadi bagian dari Pemerintah dunia. Misalnya kelompok Cipher Pol atau angkatan laut. Setelah menguasai Rokushiki, karakternya akan memiliki kemampuan khusus seperti terbang, bergerak dengan kecepatan tinggi, dan kemampuan pertahanan yang jauh lebih kuat. Berikut adalah beberapa karakter pengguna Rokushiki.

Tashigi

Tashigi adalah kapten angkatan laut yang bertugas di bawah perintah wakil admiral Smoker. Sosoknya terkenal sangat ahli dengan penggunaan pedang dan dia pernah mengalahkan begitu banyak ahli pedang dalam seri One Piece. Selain memiliki keterampilan dalam menggunakan pedang, Tashigi juga memiliki kemampuan Observation dan Armament Haki, yang sempat dia gunakan untuk mengalahkan Monet di Punk Hazard.

Selain itu ahli dalam penggunaan pedang dan juga Haki, sebagai bagian dari angkatan laut Tashigi pun memiliki kemampuan Rokushiki. Teknik Rokushiki yang Tashigi kuasai adalah Soru, alias kekuatan teleportasi. Dengan menggunakan teknik ini penggunanya akan mampu bergerak dengan sangat cepat. Bahkan, kecepatan tersebut akan sulit terdeteksi atau disadari oleh musuh.

Koby

Kapten angkatan laut lainnya dalam list ini adalah Koby. Selama time-skip terjadi, Koby naik pangkat dari angkatan laut biasa menjadi kapten. Dia juga memiliki kemampuan Observation Haki yang pernah bisa kita lihat dalam arc Reverie kemarin. Dalam peristiwa tersebut, Koby mampu merasakan adanya ancaman besar berupa serangan torpedo bawah laut yang bisa mengancam keselamatan semua orang.

Sama halnya seperti Tashigi, sebagai bagian dari angkatan laut Koby pun tentu memiliki kemampuan Rokushiki. Berkat bimbingan dari Garp, Koby berhasil menguasai keenam teknik dasar dari Rokushiki, yang membuatnya menjadi musuh yang kuat bagi bajak laut. Menarik tentunya untuk melihat seperti apa perkembangan Koby saat ini. Dan sebelumnya, Koby pun mendapatkan tugas untuk menangkap Boa Hancock.

BACA JUGA: One Piece Red: 3 Fakta Penting dari Uta!

Charlotte Decuplets

Sesuai namanya, Charlotte Decuplets merupakan anak dari keluarga Charlotte alias keluarga Big  Mom. Charlotte Decuplets adalah anak laki-laki ke 36 sampai 40 dari Big Mom. Mereka juga merupakan bagian dari kru bajak laut Big Mom. Tiga dari empat anak tersebut terlihat mampu menggunakan salah satu dari enam teknik dasar Rokushiki yaitu Geppo.

Teknik Geppo sendiri pernah mereka perlihatkan satu kali dalam arc Whole Cake Island. Berdasarkan hal tersebut ada kemungkinan besar jika Decuplets lainnya juga memiliki keterampilan serupa. Namun, belum ada konfirmasi resmi mengenai hal tersebut. Hal ini menarik karena teknik Rokushiki tersebut bisa juga mereka gunakan atau pelajari terlepas dari mereka yang bukan bagian dari Pemerintah Dunia.

Charlotte Yuen

Charlotte Yuen adalah anak dari Big Mom lainnya sekaligus juga salah satu anggota bajak lautnya. Dia merupakan anak ke 35 dari Big Mom dan dia juga adalah salah satu karakter yang terlibat dalam rencana penangkapan Luffy di pulau Cacao. Setelah Sanji menyelamatkan Luffy, Yuen kemudian nampak mampu menandingi kemampuan Sky Walk milik Sanji dengan menggunakan teknik Moonwalk CP-9. Apakah Yuen juga mampu menggunakan teknik dasar lain dari Rokushiki masih belum diketahui. Namun, bagaimana dia bisa menggunakan teknik Moonwalk telah membuktikan dirinya sebagai salah satu karakter yang kuat.

Captain Kuro

Kuro adalah kapten bajak laut dari kelompok Black Cats dan salah satu orang cukup terkenal di East Blue. Dia cukup kuat, namun senjata terbesarnya adalah kemampuan berpikirnya. Oleh sebab itu Kuro dijuluki “Kuro dengan Ribuan Rencana.” Kuro memiliki kemampuan khusus bernama Nuki Ashi yang memungkinkannya bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Menurut Oda, kemampuan ini adalah teknik dari Soru, yang merupakan salah satu dari enam teknik dasar Rokushiki. Namun, karena Kuro tidak melatihnya dengan baik dia pun tidak bisa mengedalikan gerakannya dengan sempurna saat mengunakan kemampuannya. Terlepas dari hal itu, kemampuan Captain Kuro ini cukup membuat Luffy kerepotan saat di arc Syrupp Village.

Who’s Who di One Piece

Who’s Who merupakan salah satu dari Flying Six, kelompok yang berada di bawah kepemimpinan Kaido di kelompok bajak laut Beast. Posisi mereka berada di bawah All-Stars. Sosok Who’s Who sebagai karakter pertama kali muncul secara fisik pada chapter 978. Sebelum bergabung dengan kelompok bajak laut Beast, dia adalah salah satu anggota dari kelompok Cipher Pol 9.

Karena itu, Who’s Who memiliki kemampuan teknik Rokushiki. Hal ini pun dia perlihatkan dalam pertarungannya melawan Jinbe. Beberapa teknik Rokushiki yang Who’s Who gunakan untuk menyerang Jinbe adalah Shigan dan Tekkai. Beruntung, Jinbe menguasai Armament Haki yang mana hal tersebut membantunya melindungi diri dari serangan mematikan Rokushiki.

Cipher Pol di One Piece

Cipher Pol merupakan sebuah kelompok atau organisasi yang bergeran di bawah perintah langsung Pemerintah Dunia. Organisasi rahasia ini muncul di awal cerita, khususnya saat Luffy mencoba untuk menyelamatkan Robin dalam arc Enies Lobby. Tugas dari Cipher Pol adalah melakukan berbagai spionase, mencari berbagai informasi atau investigasi, dan menghabisi target sesuai arahan dari Pemerintah Dunia.

Dengan berbagai hal da juga misi yang mematikan, wajar jika kemudian mereka mendapatkan bekal kemampuan Rokushiki. Bukti kedahsyatan dari anggota Cipher Pol dengan teknik Rokushiki bisa kita lihat saat arc Enies Lobby. Semua anggota CP-9 menggunakan teknik tersebut. Mulai dari Rob Lucci, Jabra, bahkan sampai Kalifa sekali pun. Namun, dibandingkan dengan para anggota CP-9 lainnya Rob Lucci bisa dikatakan sebagai pengguna sempurna dari teknik Rokushiki.

Rokushiki mungkin bukan termasuk teknik atau sumber kekuatan yang populer seperti halnya Haki atau buah iblis. Namun, ini merupakan salah satu teknik yang patut untuk diperhitungkan mengingat kedahsyatan tekniknya. Selain itu, ini juga merupakan teknik yang sengaja diajarkan kepada angkatan laut dan organisasi rahasia pemerintah demi menghadapi ancaman bajak laut dan lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.