Sebentar lagi serial prekuel The Lord of the Rings yang berjudul The Rings of Power akan tayang di Prime Video. Ceritanya sendiri akan berlangsung pada Zaman Kedua, di mana Sauron baru pertama kali menciptakan berbagai cincin kutukan. Menariknya, tidak banyak yang tahu bahwa penampilan awalnya pada Zaman Kedua sebenarnya sama sekali berbeda. Alih-alih muncul dengan armor perangnya, atau sebagai mata api seperti pada Zaman Ketiga, dia justru menampakan diri sebagai seorang Dewa Keberkahan, Annatar.

Sebelum menimbulkan kesalahpahaman, perlu kita camkan terlebih dahulu bahwa kemunculannya sebagai Annatar ini merupakan sebuah penyamaran. Di mana dia sengaja terlihat dengan wujud baik, agar semua rencana busuknya bisa tercapai. Seperti apa penampilan Annatar ini, dan apa yang dia lakukan dengan wujud baiknya? Kali ini kita akan bahas secara khusus untuk kalian, setidaknya agar nanti kita tidak tertipu dengan wujud baiknya di serial The Rings of Power. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Mengenal 3 Cabang Ras Hobbit di Lord of the Rings!

Annatar, Satu dari Sekian Banyak Wujud Sauron

Sosok Annatar sejatinya adalah Sauron sendiri, yang awalnya terkenal sebagai salah satu entitas paling tangguh dari ras surgawi Maiar. Sebagai salah satu Maiar yang pertama kali tiba di Middle-Earth pada Zaman Pertama, Sauron memilih ‘Mairon’ sebagai nama pertamanya. Pada saat itu dia sama sekali bukanlah sosok jahat nan mengerikan, seperti yang selama ini ada di cerita TLOTR. Pada dasarnya dia adalah entitas suci dan bermoral yang sangat menaruh harapan kepada para makhluk di Middle-Earth. Sayangnya, cara pandang tersebut langsung berubah setelah dia merasa bisa menguasainya.

Selama Zaman Pertama, Mairon mengabdikan dirinya kepada entitas yang lebih kuat lagi, yaitu Morgoth, Dark Lord pertama di Middle-Earth. Setelah melayaninya selama ribuan tahun, Mairon akhirnya turut jatuh bersama Morgoth setelah Maiar membantu para makhluk Middle-Earth untuk mengalahkannya. Sejak saat itu, dia menunggu selama lima abad sampai akhirnya menemukan kesempatan emas untuk menggantikan Morgoth sebagai Dark Lord Sauron. Selama lima abad selanjutnya, sekitar tahun 1000 pada Zaman Kedua, dia telah berhasil menyelesaikan pembangunan markasnya, Barad-dûr di Mordor.

BACA JUGA: Ini Penyebab Hulk Semakin Lemah di MCU!

Pada Zaman Kedua ini Sauron sebenarnya telah mempunyai kekuasaan yang cukup kuat di Mordor. Banyak di antara para manusia yang pikiran dan hatinya rusak karena pengaruh Sauron dan pasukannnya di Middle-Earth. Namun, hal tersebut justru tidak berlaku kepada ras elf yang sama sekali tidak gentar terhadap keberadaan dan juga wujud Sauron yang mengerikan. Merasa bahwa hati dan pikiran elf terlalu kuat untuk wujud Sauronnya, dia lantas mengubah penampilannya menjadi lebih mirip seperti para elf. Pada titik inilah nama Annatar muncul sebagai sosok surgawi yang memberikan keberkahan kepada para elf.

Muncul Sebagai Annatar Untuk Menciptakan Rings of Power

Setelah menjadi Annatar, rencananya kali ini ternyata benar-benar berhasil. Dia banyak berteman dengan para elf berpengaruh pada Zaman Kedua. Satu-satunya elf yang tidak memercayai berkah Annatar hanyalah raja elf seperti Gil-Galad, selebihnya justru sangat percaya dengan setiap perkataannya. Dengan pengaruhnya inilah Annatar pada akhirnya berhasil mendekati bangsa elf pandai besi, Eregion, untuk memanipulasi mereka agar mau menciptakan Rings of Power. Pada saat yang bersamaan, dia juga menempa One Ring untuk menguasai semuanya.

Berdasarkan apa yang terungkap di trailer versi Comic-Con, banyak yang percaya bahwa sosok pada gambar di atas adalah Annatar di serial The Rings of Power. Setelah semua cincin kutukan selesai, barulah semua elf Eregion sadar bahwa Annatar tidak lebih dari sekadar penipu. Sayangnya itu semua sudah terlambat, karena pada kenyataannya dia telah berhasil menciptakan Rings of Power, membagikannya, dan akhirnya mengendalikan para penggunanya hanya dengan One Ring. Pada titik inilah dia sudah tidak memerlukan wujud Annatar-nya dan kembali ke wujud Dark Lord Sauron yang terkenal mengerikan.

BACA JUGA: Perbedaan The Boys Komik dan Series!

Itulah pembahasan mengenai sosok Annatar dan apa yang Sauron lakukan dengan wujud baiknya tersebut di Middle-Earth. Annatar sendiri secara tidak langsung telah menjadi cambukan bagi Middle-Earth, khususnya para elf yang telah tertipu dan akhirnya mau menciptakan Rings of Power. Jika saja pada saat itu para elf tidak tertipu oleh sosok Annatar, mungkin Sauron tidak akan pernah menciptakan One Ring. Sayangnya semua itu harus terjadi, di mana kisahnya akan dikupas secara mendalam di serial The Rings of Power yang akan tayang pada 1 September besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.