Film terbaru dari Warner Bros. Discovery dan DC Studios, The Flash, perlihatkan beberapa kekuatan dahsyat yang Barry Allen miliki. The Flash menjadi salah satu film yang paling fans nantikan di DCEU. Hal ini karena filmnya menghadirkan sebuah alur cerita menarik yaitu Flashpoint. Ini adalah salah satu cerita komik paling populer di DC Universe.

Ada berbagai hal menarik yang kemudian muncul dalam filmnya, seperti bagaimana Barry Allen bertemu dengan sosoknya di timeline lain. Juga, dia bertemu dengan sosok Superman yang berbeda yang ternyata adalah Supergirl. Yang tidak kalah menarik adalah filmnya memperlihatkan kekuatan lain dari The Flash. Lalu, apa saja kekuataan The Flash yang muncul di filmnya?

Menembus Benda

Ini merupakan kekuatan dari The Flash yang muncul di awal filmnya. Kekuatan ini pertama kali diperlihatkan ketika Iris West berkunjung ke apartemen Barry. Dia kemudian meminta bir, yang mana di kulkasnya justru tidak tersedia. Barry kemudian melakukan sesuatu yang dia sebut sebagai Phasing, di mana dia akan bergetar dengan sangat cepat. Kecepatan getaran tersebut akan membuat atom di tubuh Barry mampu menembus atom benda lain.

kekuatan the flash

Efeknya, Barry Allen bisa menembus tembok dan mengambil bir di kamar lain. Dia juga mampu untuk menembus pintu di kepolisian Central City. Dalam cerita komiknya sendiri, kekuatan ini bernama quantum tunneling. Namun, ada sisi buruk dari kemampuan ini. Semakin besar benda atau objek yang dilewati, maka akan semakin besar tenaga yang dibutuhkan yang membuat The Flash mudah lelah.

Memindahkan Kekuatan Kepada Orang Lain

Kekuatan The Flash yang lainnya adalah memindahkan kekuatannya kepada orang lain. Hal ini memang terjadi secara tidak sengaja. Dalam ceritanya, Barry Allen dari timeline utama berusaha untuk membuat Barry Allen dari timeline lain untuk mengalami apa yang dia alami yaitu tersambar petir. Hal inilah yang kemudian membuat Barry Allen bisa memiliki kekuatan yang menjadikannya The Flash.

Namun, yang terjadi adalah ketika petir tersebut menyambar Barry Allen dari timeline utama dan tembus ke tubuh Barry Allen lainnya justru kekuatan The Flash tersebut pindah ke Barry Allen dari timeline lain. Namun, Barry Allen dari timeline utama berhasil mendapatkan kekuatannya kembali setelah Kara membantunya. Di komiknya sendiri, The Flash memang memiliki kemampuan untuk memberikan kekuatan kepada orang lain seperti Shazam. Dan orang yang dipinjamkan kekuatannya juga akan bisa berubah jadi The Flash.

Membuat Pusaran Angin

Salah satu kekuatan The Flash yang memanfaatkan kecepatannya. Ketika The Flash dan yang lain bertempur menghadapi pasukan Zod, mereka kesulitan untuk menghadapinya. Karena, pasukan Zod terkenal sangat kuat. Meskipun begitu, mereka memiliki cara untuk melemahkannya. Barry Allen sendiri kemudian menunjukan salah satu caranya yaitu dengan membuat pusaran angin.

kekuatan the flash

Ketika membuat pusaran angin, Barry Allen akan berlari sambil mengelilingi sekitarnya dengan kecepatan tinggi. Pusaran angin tersebut mampu untuk membuat pasukan Zod terpental ke angkasa. Juga, kekuatan pusaran angin ini juga cukup membantu untuk menghalangi pandangan Zod yang membuat Kara bisa menyerangnya. Namun, memang pada akhirnyaa Zod mampu untuk menghentikan kekuatan The Flash ini.

Kekuatan Pukulan Super

The Flash mungkin tidak memiliki kekuatan fisik yang dahsyat seperti Superman atau Aquaman dan bahkan Batman. Namun, the Flash mampu untuk menghadirkan sebuah kekuatan pukulan yang luar biasa yang jadi salah satu kekuatan miliknya. Hal ini bisa diperlihatkan ketika kedua Barry Allen menghancurkan sebagian dari pasukan Zod. Sebenarnya, pukulan tersebut tidak berbeda dari pukulan biasa.

Namun, yang membedakan adalah the Flash memanfaatkan kecepatan yang dia miliki untuk meningkatkan tenaga dan kekuatan pukulannya. Hal ini membuat kedua versi the Flash bisa melumpuhkan pasukan Zod. Di komiknya sendiri kekuatan the Flash ini memiliki nama yaitu ‘Infinite Mass Punch.’ Kekuatan pukulan ini sama ketika seseorang terkena sesuatu yang memiliki massa yang besar atau berat. Bahkan, kekuatan pukulan ini juga dianggap sama seperti kekuatan pukulan Superman.

Penyembuhan Yang Cepat

Selain mampu bergerak dengan cepat, the Flash juga miliki kecepatan yang tinggi terkait dengan urusan di tubuhnya. Dia memiliki metabolisme yang cepat, yang mana hal inilah yang membuat Barry Allen selalu kelaparan. Selain itu, the Flash juga memiliki kemampuan untuk bisa sembuh dengan sangat cepat. Contoh dari hal ini adalah ketika Barry Allen sembuh dari sambaran petir.

Ketika Kara mencoba untuk membantu Barry Allen dari timeline utama untuk mendapatkan kembali kekuatannya, dia terkena sambaran petir yang sangat besar. Tubuhnya terlihat sudah terbakar parah. Namun, luka tersebut kemudian sembuh dalam waktu yang sangat cepat. Dia pun pulih seperti semula bersamaan dengan kekuatannya yang sudah kembali.

Menembakan Aliran Listrik

Kekuatan ini juga muncul dalam momen pertempuran melawan pasukan dari Zod. Awalnya, Barry Allen dari timeline lain tidak tahu jika kostum the Flash yang dia gunakan tidak mampu untung menyimpan atau menanggung beban aliran listrik yang besar. Hal itu membuat dia terhempas karena efek dari ledakan yang dahsyat. Barry Allen dari timeline utama kemudian memberikan penjelasan mengenai hal ini.

kekuatan the flash

Menurutnya, beban listrik yang besar bisa disalurkan kepada orang lain sehingga membuat the Flash seolah-olah mampu untuk menembakan aliran listrik. Caranya adalah dengan membentuk sebuah simbol atau tanda tertentu dengan menggunakan jarinya. Hal itu bertujuan agar beban listrik tersebut tidak meledak dan menumpuk sehingga bisa dialirkan ke arah musuh.

Menjelajahi Waktu

Kekuatan the Flash yang sangat populer tentunya adalah berlari dengan cepat. Ini yang jadi kekuatan utama the Flash. Dalam film Justice League, kita melihat kecepatan dari the Flash mampu untuk selamatkan sandera yang disekap oleh Parademons. Kemudian, kita juga melihat jika kecepatan the Flash mampu ciptakan daya listrik besar untuk hidupkan kembali Superman dan mengembalikan waktu.

Namun, di film The Flash kita diperlihatkan bagaimana kecepatan Barry Allen bahkan mampu untuk menjelajahi waktu. Dalam filmnya dijelaskan dengan berlari sampai kecepatan tertentu dia akan masuk ke sebuah dimensi yang disebut Chronobowl. Di dalamnya ada berbagai peristiwa yang terjadi dalam hidupnya dan juga kehidupan di seluruh jagat raya DCEU.

Sejak kemunculannya di film Justice League, memang the Flash belum memperlihatkan kekuatan miliknya yang lain selain berlari dengan kencang. Untungnya, di film The Flash ini Andy Muschietti memberikan kesempatan untuk memperlihatkan kekuatan lain dari sang pahlawan meskipun tidak banyak. Namun, hal ini memberikan warna yang berbeda bagi karakternya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.