Haki merupakan sebuah kekuatan yang sangat luar biasa yang ada di seri One Piece. Tidak semua orang mampu menggunakan atau membangkitkan Haki. Meskipun sebagian besar orang-orang yang ada di New World memiliki kemampuan ini, namun jika membandingkannya dengan jumlah seluruh orang yang ada di dunia, hanya sedikit saja yang mampu menggunakan kekuatan ini.

Haki sendiri pada dasarnya adalah kemampuan di mana seseorang mampu menggunakan tekad atau semangat mereka untuk sesuatu yang sangat luar biasa dalam sebuah pertarungan. Haki sendiri di bagi menjadi tiga jenis. Pertama adalah Observation Haki, kemudian Armament Haki, dan Conqueror Haki. Armament Haki alias Busoshoku Haki merupakan salah satu jenis Haki yang banyak muncul dan orang-orang miliki.

Meskipun begitu, tidak semua orang mampu menguasainya dengan baik. Berikut adalah beberapa pengguna Armament Haki terkuat.

BACA JUGA: Petunjuk One Piece, Sanji Miliki Conqueror Haki?

Silvers Rayleigh

Rayleigh merupakan mantan anggota bajak laut Roger dan menjadi salah satu orang yang paling Roger percaya. Inilah alasan mengapa kemudian Roger memilih sang raja kegelapan untuk menjadi wakilnya. Sosok Rayleigh sendiri adalah salah satu bajak laut yang paling ditakuti oleh Angkatan Laut karena memiliki penguasaan Haki yang luar biasa. Menurut informasi yang ada, dia menguasai ketiga jenis Haki.

Bukti kedahsyatan dari kemampuan Armament Haki dari Rayleigh bisa kita lihat saat pertarungan melawan Borsalino di Sabaody. Dia mampu menahan bentuk asli dari Kizaru, yang notabene adalah pengguna buah iblis Logia. Rayleigh adalah guru pertama yang mengajarkan penggunaan Haki kepada Luffy. Hingga sekarang Rayleigh adalah pengguna Haki terkuat meskipun telah berumur cukup tua.

Roronoa Zoro

Kru paling kuat kedua setelah Luffy di kru bajak laut Topi Jerami. Menjadi tangan kanan dari Luffy, Zoro sudah berlatih kemampuannya berpedang dan juga kekuatannya sejak lama. Karena itulah, saat ini sudah menjadi Zoro yang berbeda daripada Zoro di awal kemunculannya. Salah satu peningkatan kekuatan dahsyat dari Zoro adalah bagaimana dia berhasil mengaktifkan Haki miliknya.

Berdasarkan kolom SBS, Oda menjelaskan bahwa Zoro memiliki spesialisasi atau keahlian dalam Armament Haki. Hal ini bisa kita lihat dalam beberapa momen, seperti saat bertarung di Dressrosa atau ketika bertarung melawan Kaido di Onigashima. Bukti kedahsyatan dari Armament Haki Zoro sendiri adalah ketika dia mampu menahan serangan kombinasi milik Kaido dan Big Mom meskipun untuk sesaat.

BACA JUGA: One Piece: Haki Rayleigh Lampaui Yonko?

Yamato

Yamato sendiri adalah salah satu karakter baru yang muncul dalam arc Wano Country, yang sekaligus juga merupakan anak dari sang Yonko Kaido. Meskipun pada awalnya Yamato bukan merupakan sosok yang kuat. Namun, karena dia selalu kalah dan terus menerus bertarung melawan Kaido, akhirnya dia pun mampu meningkatkan kekuatannya sampai pada level di mana dia mampu menandingi kekuatan Kaido.

Yamato's Ryou Haki , One Shots An Ancient Giant (English Sub) - YouTubeSelain kekuatan fisik, Yamato juga ternyata menguasai tiga jenis Haki. Meskipun Yamato memiliki keunggulan dalam Conqueror Haki, namun dia juga mampu menggunakan Armament Hakinya dengan sangat baik. Buktinya adalah ketika Yamato mampu bertahan dari berbagai serangan Kaido sambil menunggu Luffy tersadar. Dia juga mampu untuk menyerang admiral Aramaki ketika coba memasuki ibu kota Bunga.

BACA JUGA: Para Karakter Baru di Rings of Power!

Monkey D. Luffy

Pada awalnya, Luffy sama sekali tidak tahu apa itu Haki. Padahal, dia sudah sering bertemu dengan mereka yang menggunakan kekuatan tersebut misalnya sosok Enel. Sampai kemudian Rayleigh menyadari potensi besar dari sang protagonis utama. Luffy kemudian belajar Haki selama timeskip selama dua tahun di bawah bimbingan Rayleigh. Dia melakukan itu setelah kematian Ace dan bertekad untuk menjadi lebih kuat.

Namun, saat sampai di Wano, Luffy belajar kemampuan lain dari Armament Haki yang menjadi tingkat lanjut dari jenis Haki tersebut agar bisa mengalahkan Kaido di Onigashima. Setelah belajar penguasaan Armament Haki tingkat lanjut bersama Hyogoro, Luffy menjadi lebih fokus pada penggunaan Hakinya dan menjadi lebih kuat seperti sekarang. Bukti kedahsyatan Armament Haki Luffy adalah dia mampu meledakan benda dari dalam, seperti gelang peledak yang dia gunakan.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.