Shanks

Shanks merupakan orang pertama yang memperlihatkan Haki saat menyelamatkan Luffy dari serangan monster laut. Dia merupakan mantan anak buah Roger dan telah menjadi salah satu Yonkou yang paling dihormati. Shanks terbukti mahir menggunakan Haki saat dia datang ke kapal Shirohige untuk berdiskusi terkait Teach. Juga saat dia menghadang serangan Magma dari Akainu di penghujung perang besar Marineford.

Dalam ceritanya, sosok Shanks memang sangat terkenal karena kemampuan Hakinya, terutama Conqueror Haki. Namun, kedahsyatan dari Armament Hakinya pun tidak kalah mengerikan seperti yang disebutkan di atas, di mana dia berhasil menahan serangan Akainu. Sejauh ini, memang sangat jarang Shanks menggunakan Armament Haki. Namun, sebagai sosok yang mengandalkan kemampuan Haki, rasanya kekuatan Armament Haki Shanks tidak perlu kita ragukan.

Jinbe

Jinbe dahulu merupakan sekutu dari kelompok Whitebeard, dan Jinbe sangat menghormati sosok Whitebeard. Baginya, rasa hormatnya terhadap seseorang merupakan sesuatu yang butuh waktu untuk didapatkan. Jinbe memang tidak memiliki kemampuan buah iblis seperti kebanyakan karakter, namun dia memiliki kemampuan Karate Gyojin yang tidak kalah mengerikan dan ini juga yang membuatnya menjadi salah satu karakter kuat.

Buktinya adalah dia dipilih menjadi salah satu dari tujuh penguasa lautan alias Shichibukai. Dia pun menjadi yang terkuat di seluruh pulau manusia ikan. Jinbe juga ternyata memiliki kekuatan Armament Haki yang sangat dahsyat. Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungannya melawan Who’s Who. Dalam pertarungan tersebut, nampak lengan dari Jinbe berubah menjadi hitam menandakan bahwa dia menggunakan Armament Haki.

BACA JUGA: 6 Kebengisan Blackbeard di One Piece!

Monkey D. Garp

Garp adalah pahlawan bagi Angkatan Laut karena berhasil mengalahkan bajak laut Rock di masa lalu. Selain itu, dia juga merupakan kakek kandung Luffy dan ayah bagi Dragon. Garp terkenal karena penguasaan Haki yang sangat kuat, bahkan dia bisa melukai tubuh karet Luffy dengan Haki yang dia gunakan. Garp menjadi salah satu pengguna Haki terkuat yang dimiliki oleh Angkatan Laut hingga sekarang.

Dari semua karakter di atas, Garp adalah sosok yang paling dahsyat kemampuan Armament Hakinya sejauh ini. Buktinya, dia mampu menghancurkan banyak gunung dengan hanya pukulannya. Dia mampu menghancurkan seorang bajak laut bernilai ratusan juta Belly hanya dengan satu pukulan saja. Dan rivalitasnya dengan Roger menjadi bukti bahwa Garp adalah sosok yang luar biasa.

Penggunaan Armament Haki di seri One Piece merupakan salah satu yang cukup banyak terjadi. Armament Haki akan membuat penggunanya mampu mengalirkan semangat dalam diri mereka untuk digunakan sebagai senjata ataupun sebagai pertahanan terhadap serangan yang datang. Mengingat ini merupakan salah satu Haki yang bisa dibangkitkan atau dilatih, wajar jika kemudian banyak penggunanya. Namun, karakter di atas adalah contoh bagaimana Armament Haki mereka di atas rata-rata.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.