Terdapat beberapa fakta menarik yang muncul dalam film terbaru dari petualangan Indiana Jones yaitu Indiana Jones and the Dial of Destiny. Indiana Jones adalah franchise film yang sangat populer dan klasik yang sudah memengaruhi industri perfilman di Hollywood. Banyak elemen-elemen yang muncul dalam film ini kemudian ditirukan oleh karakter atau film petualangan lain.

Sosok Indiana Jones sendiri sudah lama jadi jadi sebuah karakter populer di mana bahkan dia sekarang sudah jadi bagian dari budaya. Sudah ada banyak film yang lahir dari petualangan sosok Indiana Jones dalam beberapa dekade terakhir. Dan sekarang mereka akan menghadirkan film terbaru yaitu Indiana Jones and the Dial of Destiny serta terdapat fakta menarik dari filmnya. Apa saja?

Berdasarkan Artefak Asli

Menurut premis filmnya, “Dial of Destiny” adalah sebuah mekanisme yang disebut sebagai “Antikythera Mechanism.” Alat tersebut dianggap mampu untu memutar balikan waktu yang artinya itu adalah sebuah alat untuk kembali ke masa lalu. Yang menarik adalah sebenarnya benda atau artefak tersebut memang ada di dunia nyata.

Menurut informasinya, artefak dari Antikythera sendiri sudah sejak lama ditemukan dan sekarang ada di museum arkeologis yang ada di Athena, Yunani. Benda tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 1901 dalam sebuah reruntuhan kapal di lepas pantai sebuah pulau yang ada di Antikythera. Namun, baru bertahun-tahun kemudian benda tersebut benar-benar kemudian diteliti. Antikythrea mechanism adalah sebuah mekanisme untuk melakukan prediksi dan pengamatan.

Film Dalam 15 Tahun terakhir

Indiana Jones and the Dial of Destiny merupakan film kelima dari franchise Indiana Jones. Dan yang menarik adalah film sebelumnya yaitu Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull dan film terbaru ini ternyata memiliki jarak sekitar 15 tahun. Kingdom of the Krystal Skull sendiri rilis pada 2008.

Dan awalnya, Indiana Jones 5 akan rilis di tahun 2019. Namun, sayangnya, karena berbagai kendala saat proses pembuatan filmnya akhirnya jadwal penayangannya pun harus tertunda. Baru pada 2023 ini akhirnya film tersebut akan segera tayang. Film ini pun kabarnya akan menghadirkan premis yang lebih ringan apalagi setelah para fans sudah cukup lama menunggu dan jarak antar filmnya sangat lama.

Film Indiana Jones Terakhir

Sejak proses produksi filmnya dimulai sejak beberapa tahun lalu, Harrison Ford mengaku jika Indiana Jones 5 akan jadi film terakhir. Dia akan pensiun dalam memerankan karakter yang sudah dia mainkan selama puluhan tahun. Ford merupakan satu-satunya aktor yang memerankan karakter Dr. Henry Walton Jones.

fakta dial of destiny

Harrison Ford sudah memerankan karakter Indiana Jones sejak film Raiders of the Lost Ark yang rilis pada 1981. Faktor usia membuat Ford memutuskan untuk berhenti memerankan karakter Indy. Dan dia juga memberikan kesempatan kepada aktor muda untuk mengisi perannya. Sayangnya, film terakhir Ford ini nyatanya kurang begitu mendapatkan tanggapan positif dari berbagai ulasan awal yang ada.

Hadirkan Indiana Jones Muda

Salah satu elemen yang menarik dari film Indiana Jones and the Dial of Destiny adalah kemunculan dari sosok Indiana Jones muda. Dalam film ini, kita akan melihat bagaiamana sosok Indi puluhan tahun lalu ketika dia berhasil menyusup di kelompok Nazi setelah mengetahui jika mereka berencana menghadirkan kekacauan besar.

fakta dial of destiny

Menurut informasi yang ada, kemunculan Indiana Jones muda ini bisa terwujud berkat teknologi komputer serta pencahayaan. Dan sebenarnya, cerita tentang Indiana Jones muda sempat muncul dalam sebuah TV series yang rilis pada 1992 sampai 1993. Namun, memang aktor yang berperan pun berbeda dan artinya alur ceritanya tidak canon.

Proses Produksi Yang Panjang

Seperti yang disebutkan di atas jika proses produksi film Indiana Jones 5 ini sempat mengalami banyak kendala. Itulah alasan mengapa film ini memiliki jangka waktu yang lama dari film sebelumnya. Yang menarik adalah Harrison Ford pernah berkelakar jika film selanjutnya dari Indiana Jones tidak akan sampai 20 tahun kedepan, namun hanya 15 tahun.

fakta dial of destiny

Dan hal tersebut memang terbukti. Apa yang kemudian jadi alasan lamanya proses terwujudnya film kelima ini memang tidak pernah diketahui. Tetapi, ada kemungkinan jika perbedaan pandangan ide antara Steven Spielberg dan George Lucas, seperti di film keempat, adalah jawabannya. Chris Pratt sempat mendapat rumor jika dia akan jadi Indiana Jones selanjutnya dalam jangka waktu tersebut, tetapi hal tersebut tidak pernah terbukti.

Film Pertama Indiana Jones Prduksi Disney

Paramount Pictures merupakan rumah produksi yang memproduksi empat film pertama dari Indiana Jones. Meskipun begitu, ternyata Disney memiliki sejarah panjang dengan franchise film klasik ini. Contohnya adalah mereka memiliki berbagai atraksi di taman bermain mereka yang berasal dari nama-nama karakternya.

fakta dial of destiny

Disney membeli Lucasfilm pada 2012, tetapi mereka tidak secara resmi membeli hak distribusi franchisenya dan juga hak marketingnya sampai beberapa tahun. Pasalnya, Paramount masih memiliki hak atas empat film Indiana Jones sehingga Disney harus membayar kepada Paramount. Pengumuman produksi film Indiana Jones awalnya diumumkan pada 2016 dan berencana rilis pada 2019 sebelum kemudian baru benar-benar rilis di tahun ini.

Tidak Gunakan Ide Cerita Goerge Lucas

George Lucas adalah sosok yang bertanggung jawab atas semua alur cerita dari film Indiana Jones. Hal inilah yang terjadi kepada tiga film awal Indiana Jones. Namun, untuk pertama kalinya di film Indiana Jones 5 ini George Lucas sama sekali tidak terlibat dalam pencarian ide cerita. Sebelum Lucasfilm akhirnya jatuh ke tangan Disney, George Lucas sedang menggodok ide cerita terbaru untuk Indiana Jones.

fakta dial of destiny

Ide tersebut kemudian berhasil diwujudkan dalam film Cyrstal Skull. Setelah perilsan filmnya, Lucas pun langsung bersiap untuk menghadirkan ide cerita untuk Indiana Jones 5. Menurut informasi Frank Marshall, saat itu naskah Setelah Lucasfilm diakuisisi dan Kathleen Kennedy terlibat dalam penulisan ide cerita, hal ini sempat memunculkan konflik diantara Lucas dan Disney. Meskipun George Lucas tetap jadi eksekutif produser, namun untuk pertama kalinya film ini sama sekali tidak menghadirkan ide dari George Lucas.

Bukan Steven Spielberg

Selain tidak adanya keterlibatan George Lucas dalam pembuatan cerita, Indiana Jones 5 juga sama sekali tidak melibatkan sosok sutradara Steven Spielberg untuk jadi sutradara film ini. Padahal Spielberg sudah menjadi sutradara dari empat film sebelumnya. Pada 2016, diumumkan jika Spielberg akan jadi sutradara film ini dan John Williams akan jadi komposer musiknya.

fakta dial of destiny

Namun, saat itu mereka memiliki priorits lain seperti mengerjakan film The Post dan Ready Player One yang membuat proyek film Indiana Jones 5 tertunda. Baru pada 2020, akhirnya Spielberg mundur dari kursi sutradara dan menjadi salah satu eksekutif produser. James Mangold kemudian ditunjuk menjadi sutradara filmnya atas rekomendasi dari Ford.

Masih Lakukan Aksinya Sendiri

Usia dari Harrison Ford jelas tidak muda lagi ketika mengerjakan film Indiana Jones 5 ini. Namun, ternyata hal tersebut tidak menjadi alasan bagi Ford untuk tidak melakukan berbagai aksi berbahayanya sendiri. James Mangold sangat terkejut bagaimana Harrison Ford masih mau melakukan berbagai adegan berat dan berbahaya.

Dalam wawancaranya dengan dengan The Hollywood Reporter, Mangold mengatakan jika dia bahkan harus jadi orang yang menghentikan Ford jika dia terlalu banyak terlibat dalam adegan berbahaya. Ini tentunya jadi salah satu fakta mengejutkan dari film Indiana Jones and the Dial of Destiny.

Tulis Naskahnya Saat Pandemi

Fakta film Indiana Jones and the Dial of Destiny terakhir adalah James Mangol tulis naskah filmnya saat pandemi. Dalam wawancaranya dengan Den of Geek, James Mangold bercerita ketika pihak Lucasfilm menghubunginya pada awal 2020 untuk mengerjakan film Indiana Jones 5. Mereka mengaku bahwa waktu yang ada tidak banyak, sehingga Mangold perlu bergerak cepat apalagi filmnya direncanakan riliss pada musim panas 2021.

Awalnya, Mangold merasa semuanya terlalu ketat dan terburu-buru sampai kemudian pandemi COViD-19 menerjang. Hal tersebut sempat menghentikan industri perfilman, yang mana momen tersebut akhirnya jadi jalan bagi Mangold dan para penulis lainnya untuk mulai menyusun cerita. Dan Mangold menjelaskan jika film ini akan berfokus pada usia dari Indy.

Sudah puluhan tahun petualangan Indy menghiasi layar lebar yang mana film Indiana Jones 5 sepertinya jadi perpisahan bagi sang aktor. Menarik tentunya untuk melihat apa yang akan dilakukan oleh pihak rumah produksi selanjutnya. Apakah mereka akan menghadirkan sosok Indy yang baru? Atau justru ada kejutan lain?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.