Indiana Jones 5 sebenarnya sudah direncanakan sejak 14 tahun yang lalu, tepatnya pada pada saat film Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull (2008) baru dirilis. Setelah bertahun-tahun dikembangkan, dengan penulis dan sutradara yang silih berganti, akhirnya pada tahun 2020 lalu filmnya dipastikan akan segera dibuat dengan James Mangold sebagai sutradara. Mangold akan terlibat langsung sebagai penulis naskahnya bersama Jez Butterworth dan John-Henry Butterworth.

Sejauh ini detail plot film Indiana Jones 5 masih dirahasiakan, begitu juga dengan judul resminya. Filmnya telah memulai syuting pada bulan Juni lalu di Inggris. Beberapa bocoran mengungkapkan bahwa filmnya akan berlatar waktu pada tahun 1960-an, dengan menghadirkan Nazi dan juga peristiwa peluncuran Apollo 11 pada tahun 1969. Bocoran foto terbaru bahkan mengindikasikan kejadian time travel, di mana Indiana Jones (Harrison Ford) berada di sebuah lokasi dengan pasukan Romawi yang sedang berperang.

Sementara penggemar makin tidak sabar ingin menyaksikan filmnya, sebuah informasi terbaru justru mengungkap bahwa Disney menunda perilisan film Indiana Jones 5. Tidak tanggung-tanggung, filmnya ditunda selama hampir 11 bulan, dari jadwal awal pada 29 Juli 2022 menjadi 30 Juni 2023. Selain film Indiana Jones 5, Disney juga mengubah 6 jadwal rilis film-film Marvel Cinematic Universe. Menurut Variety, penundaan ini dilakukan oleh Disney karena produksi filmnya yang bertentangan dengan prospek di box office.

Saat ini Harrison Ford sudah memasuki usia 79 tahun. Dan dengan penundaan Indiana Jones 5 ini, berarti Ford akan berperan sebagai Indiana Jones selama 42 tahun, terhitung sejak debutnya di film Indiana Jones pertama yang berjudul Raiders of the Lost Ark (1981). Di film Indiana Jones 5, Ford akan beradu akting dengan Phoebe Waller-Bridge, Mads Mikkelsen, Thomas Kretschmann, Boyd Holbrook, Shaunette Renée Wilson, Toby Jones, dan Antonio Banderas.

11 bulan adalah penundaan yang cukup lama, mengingat penggemar sudah menunggu lama untuk melihat aksi petualangan Dr. Henry Walton “Indiana” Jones, Jr. Semoga saja dengan penundaan ini, film Indiana Jones 5 akan dibuat lebih matang sehingga tidak mengecewakan penggemar seperti film Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull yang dinilai terlalu tidak masuk akal. Untuk saat ini kita bersabar saja ya, Geeks, dan nantikan kabar selanjutnya tentang film Indiana Jones 5.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.