WARNING: ARTIKEL INI MENGANDUNG SPOILER FILM THE FLASH

Teka-teki mengenai siapa Batman yang akan muncul di film The Brave and the Bold mungkin sudah terjawab. James Gunn akan memulai fase baru untuk jagat sinematik DC yang kemudian dia beri nama proyeknya sebagai Chapter 1. Pada Februari kemarin, James Gunn sempat membocorkan mengenai berbagai rencana yang akan dia hadirkan di jagat sinematik baru tersebut.

Dari rencana yang Gunn hadirkan ada berbagai hal baru yang tentunya akan menarik untuk kita nantikan. Salah satu rencana film yang akan Gunn munculkan adalah film The Brave and the Bold. Meskipun masih akan menghadirkan sosok Batman, namun ada elemen baru yang muncul dalam film tersebut. Namun, pada fans sendiri penasaran mengenai siapa Batman yang akan muncul dalam film The Brave and the Bold.

Cerita The Brave and the Bold

Dalam DC Comics, The Brave and the Bold merupakan salah satu judul komik yang populer di kalangan fans. Muncul pertama kali pada 1955, komik ini pada awalnya menjadi kumpulan dari berbagai cerita Batman yang melakukan kerja sama dengan para karakter lainnya. Meskipun bekerja sama dengan para pahlawan lain, namun Batman tetap jadi fokus utama di komik tersebut.

Beberapa superhero yang pernah berkolaborasi dengan Batman dalam cerita di komik tersebut adalah Superman, Outsiders, dan juga Justice League. Bahkan, kolaborasi Superman dan Superman menghadirkan sebuah judul komik baru yaitu World’s Finest. Dengan kabar Gunn akan menghadirkan film The Brave and the Bold, para fans pun tidak sabar untuk menantikan filmnya.

Namun, sampai sejauh ini, para fans sendiri masih belum tahu apakah Gunn akan mengadaptasi salah satu cerita tertentu untuk filmnya. Atau mungkin Gunn akan mengadaptasi konsep kerja sama tersebut. Bisa jadi juga film tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan cerita komik dan menghadirkan sesuatu yang baru. Yang juga membuat para fans penasaan adalah siapa Batman yang akan muncul di filmnya.

Batman Di Film The Brave and the Bold

Sejauh ini, DC Studios dan pihak rumah produksi Warner Bros. sudah menghadirkan berbagai iterasi dari sosok Batman di layar lebar. Contohnya adalah Batman versi Michael Keaton di akhir tahun 1980an, kemudian Batman versi George Clooney di awal tahun 1990an, Batman Val Kilmer, Christian Bale, Ben Affleck, dan yang paling baru adalah Robert Pattinson.

Meskipun ada banyak iterasi Batman yang sudah muncul, namun terdapat teori jika salah satu dari karakter tersebut akan menjadi Batman yang muncul di film The Brave and the Bold. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Petunjuknya ada di film The Flash yang sedang tayang saat ini. Dalam film tersebut diperlihatkan bagaimana Barry merusak timeline yang ada di DCEU.

batman the brave and the boldHal ini terjadi setelah Barry Allen kembali ke masa lalu dan mencegah kematian dari sang ibu. Meskipun misinya berhasil, tetapi yang Barry lakukan justru merusak timeline yang ada. Yang paling parah adalah Barry justru menghadirkan multiverse dan membuat satu universe dan universe yang lain bertabrakan. Di akhir filmnya kita melihat bagaimana Barry Allen dari timeline lain berhasil melindungi Barry Allen dari timeline utama ketika Dark Flash mencoba untuk menghabisi nyawanya.

Hal itu membuat peristiwa hancurnya universe akhirnya tidak jadi terlaksana dan Dark Flash serta Barry Allen dari timeline lain menghilang. Barry kemudian kembali ke timelinenya. Namun, ternyata timeline tersebut kemungkinan besar bukan timeline asli dari Barry. Mengapa? Karena, ada beberapa hal yang berbeda yang berubah dari universe tersebut. Salah satu yang mencolok adalah bagaimana Batman di universe tersebut adalah George Clooney bukan Ben Affleck.

Berdasarkan apa dari apa yang muncul di akhir film The Flash, di mana sosok Bruce Wayne alias Batman bukan lagi diperankan oleh Ben Affleck melainkan George Clooney, artinya ada kemungkinan jika sosok Batman yang akan muncul di film The Brave and the Bold nanti adalah Batman versi George Clooney. Pasalnya, secara tidak langsung ini bisa juga diartikan jika Batman versi George Clooney adalah Batman di universe utama.

Mengapa Batman Versi George Clooney

Selain karena fakta jika George Clooney adalah sosok Batman di timeline dari Barry Allen, yang artinya dia adalah Batman di universe utama DCEU, ada juga hal lain yang membuat Batman versi George Clooney cukup masuk akal untuk bisa muncul di film The Brave and the Bold. Ketika James Gunn diwawancara mengenai film ini, dia sempat berkata bahwa alur ceritanya kemungkinan akan mengadaptasi komik karya Grant Morrison, the Batman & Son.

(Filmnya) akan berdasarkan buku komik karya Grant Morrison, yang mana itu adalah salah satu komik Batman favoritku, dan kami sedang mengerjakan semuanya saat ini.” Dalam komiknya, Bruce Wayne diperlihatkan sudah lebih dari 20 tahun di kota Gotham dan menjadi Batman. Selama itu pula dia sudah banyak melakukan kerja sama dengan banyak pahlawan super DC lainnya.

batman the brave and the bold

Barry Allen bisa jadi adalah salah satu pahlawan yang pernah bekerja sama dengan Batman, seperti yang diperlihatkan di film The Flash di mana Bruce nampak begitu akrab dengan Barry. Dan juga di filmnya diperlihatkan bagaimana Arthur Curry bukan Aquaman, semua orang lebih mengenal Batman, dan usia Batman yang nampak sudah tua seolah bisa jadi petunjuk yang mendukung teori di atas. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.