Beberapa hari yang lalu, co-CEO DC Studios James Gunn baru saja memenuhi janjinya untuk mengumumkan deretan proyek pertama DC Universe yang menjadi bagian cari Chapter 1: Gods and Monsters. Sesuai dengan prediksi penggemar sebelumnya, cukup jelas bahwa daftar proyek baru ini akan sepenuhnya mengulang jagat sinema DC dengan film dan serial yang terbilang unik sekaligus menarik. Gunn sendiri baru saja mengonfirmasi bahwa DC Universe memang banyak mengambil inspirasi dari komik.

Sejauh ini sudah terungkap bahwa setidaknya ada sepuluh tayangan baru DC Universe yang akan menjadi bagian awal Chapter 1: Gods and Monster. Mulai dari serial animasi Creature Commandos, kemudian serial live action seperti Waller, Lanterns, Paradise Lost, dan Booster Gold, sampai film seperti Superman: Legacy (11 Juli 2025), The Authority, The Brave and the Bold, Supergirl: Woman of Tomorrow, dan Swamp Thing sebagai penutup. Khusus untuk film Supergirl, sebelumnya Gunn memang sudah mengungkapkan bahwa yang jadi inspirasinya adalah komik berjudul sama karya Tom King.

Baru-baru ini, Gunn kembali mengungkapkan sejumlah komik DC lain yang jadi sumber inspirasi DC Universe. Dalam twit terbarunya dia juga sekaligus menegaskan bahwa DC Studios bukan ingin mengadaptasi komiknya, melainkan menjadikannya sebagai patokan bagi tim arsitektur jagat sinemanya. “Ini bukan berarti kami akan mengadaptasi semua komiknya. Namun nuansa, tampilan, atau gayanya merupakan patokan bagi tim kami,” twit Gunn sambil menyertakan sejumlah gambar komik yang menginspirasi DC Studios. Simak daftar komik yang Gunn maksud di bawah ini:

  • Supergirl Woman of Tomorrow (2021): Tidak seperti sepupunya Kal-El alias Superman yang langsung mendarat di Bumi, di komik karya Tom King ini Kara Zor-El alias Supergirl diceritakan harus terjebak di pecahan planet Krypton yang hancur selama bertahun-tahun sambil melihat semuanya binasa dengan cara yang mengerikan.
  • All-Star Superman (2005): Di komik karya Grant Morrison ini Superman diceritakan sekarat karena paparan sinar Matahari yang berlebihan. Sambil melakukan aktivitas heroiknya di sisi lain, dia juga harus berupaya untuk berdamai dengan dunia sebelum kematiannya. Komik ini jadi sumber inspirasi film Superman: Legacy mendatang.
  • Batman (2018): Salah satu premis dari komik Batman yang juga ditulis oleh Grant Morrison ini berfokus pada perkenalan anak Bruce Wayne yang bernama Damian Wayne. Gunn sebelumnya sudah pernah menjelaskan bahwa premis yang sama akan dihadirkan juga di film The Brave and the Bold mendatang.
  • The Authority (1999): Datang dari salah satu penulis legendaris DC, Warren Ellis, komik ini bercerita tentang tim superhero yang merasa mempunyai otoritas lebih tinggi dari pemerintahan dan hukum yang berlaku, di mana hal ini membuat mereka menggunakan metode ekstrem untuk melindungi Bumi. Film mendatang berjudul sama dari DC Universe tampaknya akan banyak mengambil inspirasi dari komik ini.
  • Absolute Swamp Thing (2019): Komik dari Alan Moore ini bercerita tentang asal-usul Swamp Thing yang awalnya hanya manusia biasa sampai akhirnya berubah menjadi monster mengerikan. Komik ini jadi inspirasi untuk film horor Swamp Thing yang rencananya akan menutup Chapter 1 DC Universe.

Semua komik DC ini pada dasarnya sudah cukup terkenal di kalangan penggemar. Dengan menjadikannya sebagai patokan, sepertinya DC Studios memang sudah sedikit memahami apa yang disukai dan diharapkan oleh para penggemarnya. Kita lihat saja nanti bagaimana cara DC Studios mewujudkan semua inspirasi ini pada masa depan jagat sinema DC Universe. Kira-kira dari semua proyek baru yang sudah mereka umumkan, mana yang paling kalian antisipasi, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.