Ketika DC Comics menceritakan kisah para superhero dan supervillainnya, begitu juga dengan tim super seperti Justice League atau Crime Syndicate, ternyata diam-diam ada beberapa organisasi yang bergerak secara rahasia di semestanya. Khususnya di Gotham yang terkenal sebagai kota paling misterius di DC Universe. Faktanya organisasi rahasia ini telah memainkan peran di banyak latar belakang kisah superhero dan juga supervillain DC. Di mana hal tersebut membuat mereka mempunyai pengaruh yang lebih besar dan panjang. Siapa saja mereka? Berikut ini 5 organisasi rahasia yang eksis di Gotham!

Order of St. Dumas

Sebagai cabang dari Templar Knight, Sacred Order of St. Dumas adalah organisasi rahasia yang sering menghantui Batman dan sekutunya di kota Gotham. Pada dasarnya organisasi yang debut di komik Batman: Sword of Azrael #1 ini tidaklah memusuhi Batman. Sebaliknya, mereka justru adalah sekelompok pejuang yang membersihkan kejahatan di Kota Gotham. Namun karena mereka terlalu kejam dan membuat Gotham makin kelam, akhirnya Batman sering kali bersinggungan dengan mereka, baik sebagai sekutu maupun lawan. Khususnya dengan salah satu pejuangnya yang paling aktif dan kuat, yaitu Azrael.

League of Assassins

Penggemar setia Batman pasti mengetahui apa itu League of Assassins. Organisasi rahasia yang debut di Detective Comics #405 ini adalah bekas perguruan Bruce Wayne sebelum dia menjadi Batman. Pemimpinnya adalah seorang villain abadi sekaligus mantan mentor Batman, Ra’s Al Ghul. Sebagai organisasi rahasia dunia, Ra’s dan para anteknya lebih sering melakukan aktivitasnya di Gotham. Tugas utama organisasi pembunuh bayaran ini tidak lain adalah memburu para targetnya, siapa pun itu. Selain Ra’s, anggota League of Assassins lainnya yang terkenal mematikan adalah anaknya Talia Al Ghul dan Lady Shiva.

Leviathan

Tidak kalah mematikan dari League of Assassins, pada kenyataannya Leviathan memang merupakan pecahan dari organisasi milik Ra’s Al Ghul tersebut. Debut di komik Batman: The Return #1, Leviathan bisa dibilang adalah organisasi rahasia di Kota Gotham yang penuh dengan kejutan. Meskipun awalnya sempat diceritakan bahwa pemimpinnya adalah mata-mata Nazi bernama Doctor Dedalus, ternyata fakta sebenarnya Dedalus adalah antek Talia Al Ghul. Yang diam-diam mengarahkan Leviathan untuk mengalahkan mantan kekasihnya, Batman, dan juga para sekutunya yang melindungi Gotham.

Court of Owls

Di kisah DC New 52, akhirnya terungkap bahwa selama ini Gotham diam-diam dijalankan oleh organisasi rahasia Court of Owls, yang terdiri dari para konglomerat dan orang penting di kotanya. Mereka telah menguasai Kota Gotham selama beradab-abad, di mana tujuannya tidak lain adalah kekuasaan politik dan juga kekayaan. Setelah Batman mengetahui bahwa selama ini dia dibayang-bayangi oleh Court of Owls, tidak ada pilihan lain selain mengalahkan mereka. Namun, sampai sekarang, Batman tidak pernah benar-benar bisa membasminya, karena Court of Owls selalu menemukan cara untuk kembali.

Outsiders 

Selain berbagai organisasi jahat di atas, ternyata Gotham juga diam-diam mempunyai organisasi rahasia yang terdiri dari para superhero, yaitu Outsiders. Pertama kali diceritakan di komik The Brave and the Bold #200, Outsiders adalah organisasi yang Batman bentuk bersama Black Lightning, Metamorpho, Geo-Force, Katana, Halo, dan Looker, untuk melakukan tugas yang tidak bisa dilakukan oleh Justice League karena keterbatasan politik. Keberadaan yang tidak diketahui oleh publik, membuat organisasi yang bermarkas di Bat Cave ini lebih mudah untuk melawan kejahatan secara diam-diam.

Itulah 5 organisasi rahasia DC yang eksis di Kota Gotham. Meskipun beberapa di antara organisasi di atas sering terlihat aktif juga di kota lain, seperti League of Assassins dan St. Dumas, pada kenyataannya mereka mempunyai basis yang lebih besar di Gotham. Alasannya sudah pasti karena kota kelam seperti Gotham memungkinkan mereka untuk lebih tersembunyi lagi dari publik dan dunia secara keseluruhan. Konon sampai sekarang mereka masih aktif secara rahasia dan sedikit sekali yang mengetahui keberadaannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.