Tayang perdana di tanah air sejak tanggal 14 Juni kemarin, The Flash telah menghadirkan banyak sekali karakter menarik dari awal hingga akhir filmnya. Beberapa di antaranya adalah para superhero yang memang sebelumnya telah dikonfirmasi melalui pengumuman casting resmi. Termasuk dua Batman versi Ben Affleck dan Michael Keaton, Supergirl dari Sasha Calle, bahkan Flash muda yang juga diperankan Ezra Miller. Menariknya ternyata setelah masuk lebih jauh ke dalam film The Flash, ternyata ada lebih banyak superhero yang muncul sebagai cameo. Siapa saja? Simak di bawah ini, Geeks! SPOILER ALERT!

Wonder Woman (Gal Gadot)

cameo superhero The Flash

Meskipun adegannya sebagai cameo sempat dikabarkan dihapus dari film The Flash, ternyata Gal Gadot benar-benar muncul sebagai superhero wanita favorit penggemar Wonder Woman. Di mana dia terlihat beraksi pada adegan pembuka filmnya bersama Flash dan Batfleck untuk menyelamatkan kota dari ancaman villain kambuhan bernama Al Falcone. Meskipun singkat tetapi kemunculan Wonder Woman ini berhasil membuat penggemar kembali mengingat kebersamaan Justice League versi DCEU, yang sayangnya akan cepat atau lambat akan segera berakhir.

Superman (Henry Cavill)

cameo superhero The Flash

Tidak ada Justice League jika tidak ada Superman. Superhero ikonis DCEU yang diperankan oleh Henry Cavill ini ternyata sempat muncul sekilas sebagai cameo di awal film The Flash. Meskipun wajahnya seakan-akan berusaha disembunyikan karena Cavill baru saja menyatakan dirinya pensiun, tetapi sudah pasti Superman yang muncul dalam sebuah berita ketika tengah menghadapi ancaman gunung berapi adalah versi Cavill. Pada cuplikan beritanya Superman Cavill terlihat terbang mengitari sebuah gunung berapi aktif di Guatemalla, di mana dia menembakan heat visionnya untuk membuat jalur lava.

Superman (George Reeves)

Superman lainnya yang sempat terlihat menjadi salah satu cameo superhero di film The Flash adalah versi lawas George Reeves. Penampilan aktor Superman yang sudah meninggal dunia pada tahun 1959 ini dimunculkan menggunakan bantuan CGI ketika Flash, Flash muda, dan Dark Flash menyebabkan lapisan pemisah multiverse robek. Sehingga terlihat jelas dari Chronobowl Flash, Superman versi Reeves yang debut pada tahun 1950-an dengan gaya khasnya.

Superman (Christopher Reeve)

cameo superhero The Flash

Satu lagi Superman lawas yang muncul saat chronobowl di multiverse saling bertabrakan adalah versi Christopher Reeve. Cameo superhero yang satu ini memang sudah sempat dirumorkan sebelum film The Flash rilis. Dan faktanya penampilan Reeve sebagai Superman di filmnya ditampilkan dengan bantuan CGI. Melalui penampilan Superman yang aktif pada tahun 1970 sampai 1980-an ini setidaknya penggemar bisa tahu bahwa multiverse DC sebenarnya telah eksis sejak dahulu.

Supergirl (Helen Slater)

cameo superhero The Flash

Supergirl versi Helen Slater ini tampil sebagai cameo superhero bersama Superman Christopher Reeve saat chronobowl bertabrakan menjelang ending The Flash. Supergirl Slater sendiri melakukan debutnya pada tahun 1984 melalui film berjudul sama. Bagi penggemar muda mungkin penampilan Supergirl Slater ini cukup mengejutkan, karena berbeda dari Supergirl versi Sasha Calle di filmnya. Di sisi lain penampilan para varian yang saling berbeda ini menandakan bahwa setiap karakter di multiverse DC punya cerita, wajah, kostum, dan mungkin juga karakteristik yang sepenuhnya berbeda.

Superman (Nicolas Cage)

cameo superhero The Flash

Film Superman Lives yang sempat akan digarap oleh Tim Burton dan dibintangi Nicolas Cage mungkin memang tidak pernah terwujud sampai hari ini. Namun setidaknya superhero yang diperankan oleh Cage ini bisa muncul sebagai cameo menarik di film The Flash. Saat chronobowl bertubrukan, kita diperlihatkan pada adegan di mana Superman yang rambutnya gondrong ini tengah menghadapi monster laba-laba raksasa, termasuk unjuk kekuatan heat vision-nya. Meskipun hanya sekilas dan tidak punya dialog, tetapi banyak penggemar yang merasa senang bisa melihat Superman Cage.

Jay Garrick (Teddy Sears)

cameo superhero The Flash

Alih-alih menghadirkan Flash versi Grant Gustin seperti yang penggemar harapkan, film The Flash justru menghadirkan cameo superhero Arrowverse dari Jay Garrick versi Teddy Sears. Di series The Flash versi Arrowverse sendiri Sears sebenarnya adalah supervillain Hunter Zolomon alias Zoom yang menyamar sebagai Flash pertama Jay Garrick, tepatnya di season 2. Meskipun statusnya di film The Flash masih menjadi misteri, yang jelas Garrick versi Sears ini terlihat berada di chronobowl lainnya yang bersebrangan dengan semesta Flash.

Batman (Adam West)

Meskipun tidak diperlihatkan secara close up, tetapi cukup jelas bahwa salah satu chronobowl di film The Flash adalah milik Batman versi Adam West. Hal itu terlihat sekaligus terdengar pada adegan di dalam chronobowl yang memperlihatkan cameo superhero versi West ini pada adegan klimaks The Flash. West sendiri dikenal sebagai pemeran Bruce Wayne alias Batman di series televisi Amerika pada tahun 1960-an. Ciri khas Batmannya adalah mengenakan kostum klasik a la sang Caped Crusader tahun 1940-an.

Batman (George Clooney)

cameo superhero The Flash

Batman terakhir yang muncul sebagai cameo superhero kejutan di ending film The Flash, dimainkan oleh George Clooney yang pernah memerankan karakter Bruce Wayne di film Batman & Robin (1997). Kemunculannya di The Flash sendiri terjadi setelah Flash dan ayahnya menang di persidangan akhir terkait tuduhan pembunuhan ibunya. Namun ketika Flash keluar ruang sidang, dia melihat mobil mewah milik Bruce datang menghampiri. Ternyata Bruce yang keluar adalah versi George Clooney, bukan Ben Affleck seperti di semestanya. Artinya Flash masih terjebak di multiverse sampai akhir.

Arthur Curry/Aquaman (Jason Momoa)

Arthur Curry alias Aquaman dari Jason Momoa memang muncul sebagai cameo superhero di credit scene The Flash. Namun tampaknya dia adalah Aquaman yang berbeda dari versi utama, hal tersebut terbukti dari sifatnya yang jauh lebih nyeleneh. Dia lebih suka mabuk-mabukan daripada mendamaikan manusia pemukaan dan para Atlantean. Yang lebih parahnya lagi dia tidak ragu menyuruh Flash untuk menjual cincin Atlantis agar bisa membeli minuman. Pada akhirnya Flash terpaksa meninggalkan Aquaman yang satu ini karena dia tertidur di kubangan air.

Itulah sepuluh cameo superhero yang dimunculkan di film The Flash. Meskipun hampir sebagian besar kemunculan para superhero ini terbilang singkat, tetapi eksistensi mereka membuktikan bahwa multiverse DC memang sangat luas dan tak terbatas. Di mana kisah, karakter, dan masalah yang dihadapi masing-masing semesta bisa sangat berbeda dengan yang lainnya. Pada akhirnya semua itu tetap merupakan satu kesatuan multiverse yang saling bersimpangan pada suatu titik di timelinenya. Dari semua cameo ini mana yang menurut kalian paling mengejutkan sekaligus menyenangkan, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.