Pertama kali diperkenalkan konsepnya pada tahun 1950-an, sampai hari ini set Lego telah menjadi mainan ikonis yang bertujuan membangun imajinasi dan kreativitas banyak generasi. Sekarang bahkan Lego tidak hanya dikenal sebagai mainan, tetapi juga karya seni yang membutuhkan keterampilan untuk membangunnya. Di mana nilai seni inilah yang lantas membuat Lego makin berharga di mata para penggemarnya. Belum lagi jika digabungkan dengan faktor lain, seperti kelangkaan, jumlah bongkah, dan kualitas. Nah dalam artikel ini, kita akan membahas sepuluh set Lego termahal pada tahun 2023!

The Legoland Train Inside Tour Edition

Pada posisi termurah dalam daftar set Lego termahal tahun 2023, ada The Legoland Train Inside Tour Edition. Set Lego kereta yang dilengkapi dengan tujuh Minifigures ini pertama kali dirilis tahun 2014, dengan jumlah yang cukup terbatas yaitu 160 unit. Walaupun begitu saat ini tidak tahu secara pasti ada berapa unit lagi yang tersisa dalam keadaaan masih bagus di seluruh dunia. Karena sejak saat itu Lego tidak pernah lagi memproduksi The Legoland Train Inside Tour Edition. Semua alasan inilah yang akhirnya membuat harga tertingginya saat ini mencapai 3.500 dolar Amerika atau sekitar 54 juta rupiah.

Market Street Inside Tour Edition

Satu lagi Lego Inside Tour Edition yang masuk dalam kategori termahal tahun 2023 adalah set Market Street yang hanya diproduksi dari tahun 2007 sampai 2009. Set ini punya 1.250 bongkah Lego dengan berbagai bentuk dan ukuran yang bisa dibentuk menjadi gedung bertingkat yang bisa diatur urutan dan arah muka masing-masing tingkatnya. Karena sekarang sudah tidak lagi diproduksi, masuk akal jika set Lego ini menjadi sangat langka dan harganya terus melambung. Sejauh ini harga tertinggi untuk set Lego Market Street Inside Tour Edition bisa mencapai 3.800 dolar, yang jika dikonversikan ke rupiah kurang lebih 58 juta.

TMNT Antonio’s Pizza-Rama

Meskipun terlihat sederhana, tetapi Antonio’s Pizza-Rama dari series Teenage Mutant Ninjaa Turtles ini termasuk set Lego termahal tahun 2023. Alasannya karena Lego berbentuk potongan pizza yang dilengkapi dengan kemasannya ini dirilis dalam jumlah yang sangat terbatas, itupun hanya pada tahun 2012 dalam acara New York Comic-Con. Sebagai salah satu barang kolektor terbesar dalam sejarah Lego, set yang satu ini tidak bisa kita dapatkan dengan cara biasa, melainkan harus mengikuti pelelangan. Saat ini set Lego Antonio’s Pizza Rama di pasaran bisa laku terjual dengan harga 4.300 dolar atau kurang lebih 66 juta rupiah. BERSAMBUNG KE HALAMAN 2.

1
2
3
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.