Baru-baru ini, film Star Wars: Dawn of the Jedi yang bakal disutradarai oleh James Mangold telah menunjuk penulis yang tepat untuk menggarap naskah filmnya. Dilansir The Hollywood Reporter, Beau Willimon telah ditunjuk untuk menulis naskah Dawn of the Jedi. Film ini akan menceritakan asal-usul The Force, dan berlatar 25.000 tahun sebelum semua timeline dan cerita yang ada dalam franchise Star Wars. Jadi secara timeline, film ini menjadi film pertama dari keseluruhan film-film Star Wars.

Yang harus dicatat bahwa Dawn of the Jedi merupakan judul sementara, dan pertama kali diumumkan hampir satu tahun yang lalu dalam acara Star Wars Celebration, yang diselenggarakan di London pada April 2023. “Ketika saya pertama kali mulai berbicara dengan Kathy Kennedy tentang membuat film ini, yang terlintas dalam pikiran saya adalah tentang genre film yang ingin saya lakukan,” Ungkap Mangold saat itu. “Dan saya memikirkan tentang bagaimana munculnya The Force. Darimana Kekuatan itu berasal, kapan kita menemukannya, kapan kita belajar dan bagaimana menggunakannya?”

Sama seperti proyek Star Wars lainnya, Dawn of the Jedi juga sangat dirahasiakan dan sangat minim tentang informasi yang dapat digali. Film ini pun belum memiliki tanggal rilis, tetapi diperkirakan Mangold akan berfokus pada Dawn of the Jedi setelah menyelesaikan A Complete Unknown, film biografi Bob Dylan yang dibintangi oleh Timothée Chalamet dan diproduksi oleh Disney arm Searchlight Pictures.

Sementara itu film Star Wars berikutnya yang telah dijadwalkan rilis adalah The Mandalorian & Grogu, yang rencananya akan rilis pada tanggal 22 Mei 2026. Dawn of the Jedi bukanlah pengalaman pertama Willimon dalam membuat naskah film yang berlatar di luar angkasa. Dia sebelumnya telah bekerja pada musim pertama Andor, series Star Wars yang diakui dan dinominasikan untuk Emmy yang berpusat pada karakter yang diperankan oleh Diego Luna.

Willimon menulis tiga episodenya, termasuk episode yang berjudul One Way Out. Episode tersebut membuat Willimon mendapatkan nominasi Emmy untuk kategori penulis terbaik. Kita tunggu aja ya Geeks akan seperti apa film Dawn of the Jedi dengan tangan dingin dari Mangold dan Willimon.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/