Moulding Machine

Set Lego Termahal 2023

Dari semua set Lego termahal tahun 2023 yang ada di daftar ini mungkin Moulding Machine adalah yang paling aneh karena punya bentuk tak biasa yaitu mesin cetak di pabrik Lego. Pada tahun 2011 set Lego ini bahkan sempat dibagikan secara gratis kepada pengunjuk pabrik Lego. Meskipun banyak yang awalnya mendapatkan secara cuma-cuma, tetapi karena faktor kelangkaan dan keunikan, saat ini set Moulding Machine yang terdiri dari 796 bongkah Lego ini bisa laku terjual di pelelangan hingga 6.700 dolar atau sekitar 102 juta dolar, harga yang sangat fantastis untuk set Lego yang mungkin jarang dilirik.

Cars Inside Tour Edition

Set Lego Termahal 2023

Cars adalah set Lego termahal tahun 2023 yang awalnya dibagikan secara gratis sebagai hadiah Inside Tour Edition pada tahun 2010. Sekilas sebenarnya tidak ada yang spesial dari set Lego yang terdiri dari tiga mobil ini. Namun pada kenyataannya sampai hari ini hanya ada 33 unit set Lego Cars yang pernah dibuat dan tersebar di seluruh dunia. Sayangnya karena waktu sudah tidak bisa diputar kembali, sekarang kita tidak bisa lagi mendapatkannya secara cuma-cuma. Karena dalam pelelangan, jika kalian adalah kolektor yang sangat menginginkan set Lego Cars maka kalian harus berani merogoh kocek hingga 7.200 dolar atau sekitar 110 juta rupiah.

H.C. Andersen’s Clumsy Hans 7300

Set Lego Termahal 2023

Posisi kedua untuk set Lego termahal tahun 2023 ditempati oleh set H.C. Andersen’s Clumsy Hans yang rilis tahun 2015. Awalnya set yang satu ini hanya dibagikan kepada 80 orang duta Lego di seluruh dunia. Di mana saat ini sebagian besar pemiliknya masih menyimpannya dengan rapi sebagai benda berharga. Itulah mengapa saat ini barangnya terbilang sangat langka dan harganya bisa sangat tinggi bahkan terus naik seiring dengan berjalannya waktu. Harga termahal untuk set H.C. Andersen’s Clumsy Hans saat ini bisa mencapai 7.300 dolar atau jika dikonversikan ke rupiah sekitar 112 juta.

Ole Kirk’s House Inside Tour Edition 8197

Set Lego Termahal 2023

Set Lego termahal tahun 2023 yang mendominasi daftar ini adalah set Ole Kirk’s House yang punya bentuk rumah serba merah dari atap hingga temboknya. Sebagai set Inside Tour Edition yang rilis tahun 2009, Ole Kirk’s House ini hanya dibuat sebanyak 32 unit dengan masing-masing diberi nomor seri. Karena alasan itulah saat ini Ole Kirk’s House menjadi set Lego paling berharga dan paling langka di dunia. Meskipun tahun lalu laku terjual hingga 5.500 dolar, ternyata saat ini harganya sudah mencaai 8100 dolar atau sekitar 124 juta rupiah. Menurut pakar, bahkan lima tahun lagi harga set ini diprediksi bisa mencapai 12.000 atau kurang lebih 183 juta rupiah.

Itulah sepuluh set Lego termahal tahun 2023 yang harganya tidak akan berhenti sampai di sini saja. Faktanya makin langka dan dicari set Lego, maka akan makin tinggi juga harga jual dan belinya. Jadi dengan kata lain jika kalian memiliki salah satu set di atas, tidak ada salahnya menyimpannya selama beberapa tahun lagi sampai harganya sudah tidak masuk di akal. Walaupun begitu, pada akhirnya akan selalu ada yang memburunya karena seperti yang tadi disinggung di awal bahwa Lego adalah karya seni yang sangat berharga di mata para penggemarnya.

1
2
3
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.