Tom Cruise akan kembali berperan sebagai agen Ethan Hunt dalam film Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One berikut adalah sinopsis dan fakta menarik filmnya. Franchise Mission Impossible siap kembali menghadirkan misi terbaru dari Ethan Hunt demi melindungi dunia. Film terbaru Tom Cruise ini dijadwalkan rilis pada 12 Juli mendatang, setelah sebelumnya direncanakan rilis pada 14 Juli.

Namun, sebenarnya, Dead Reckoning Part One ini semula akan rilis pada 23 Juli 2021. Sayangnya, akibat pandemi global COVID-19 yang melanda akhirnya membuat jadwal penayangan filmnya harus tertunda sampai tahun 2023. Lalu, seperti apa sinopsis dan apa saja fakta menarik di balik film Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One?

Sinopsis Dead Reckoning Part One

Lalu, seperti apa alur cerita di film terbaru dari Tom Cruise ini? Menurut sinopsis resmi filmnya, Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One menceritakan tentang Ethan Hunt dan tim IMF yang harus menjalani misi paling berbahaya yang pernah mereka jalani. Misi tersebut adalah menelusuri sebuah senjata pemusnah massal terbaru sebelum kemudian senjata tersebut jatuh ke pihak yang salah.

sinopsis fakta dead reckoning part one

Dengan nasib dunia dan masa depan ada di tangan mereka, Ethan Hunt dan timnya harus berpacu dengan waktu. Yang juga menjadi tantangan berat bagi Ethan adalah bagaimana masa lalu kelamnya kembali muncul. Dalam film ini, Ethan harus berhadapan dengan sosok musuh yang kuat serta misterius. Dia dipaksa untuk fokus pada misinya dan melupakan semua hal, termasuk orang yang dia cintai.

Dalam postingan Instagramnya, sang sutradara, Stephen McQuarrie, sempat meyinggung tentang The Community yang banyak dipercaya sebagai organisasi gelap dan jahat yang baru. McQuarrie juga menyebutkan bahwa kecerdasan buatan menjadi salah satu faktor utama dalam alur cerita filmnya.

Berbagai Fakta Menarik Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One

Film Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One juga memiliki beberapa fakta menarik yang mungkin tidak banyak orang ketahui. Apa saja?

Arti Dari Dead Reckoning

Banyak Geeks yang mungkin berpikir atau menyangka jika ‘Dead Reckoning’ memiliki keterkaitan dengan alur cerita dari filmnya. Namun, pada faktanya, kata ‘Dead Reckoning” memiliki keterkaitan dengan ancaman mematikan yang harus dihadapi oleh Ethan Hunt dan timnya. Kata ini sengaja diambil dari istilah navigasi, di mana Dead Reckoning berarti mengambil jalur dari posisi sebelumnya atau posisi terakhir. Istilah ini kemudian digunakan oleh Christopher McQuarrie untuk menggambarkan situasi yang harus dihadapi bukan hanya oleh Ethan melainkan juga timnya.

Film Terpanjang di Franchisenya

Dalam beberapa tahun belakangan, film dengan durasi panjang menjadi salah satu tren yang populer di industri Hollywood. Ada beberapa film blockbuster yang memiliki durasi panjang seperti Avengers: Endgame, John Wick Chapter 4, Avatar: The Way of Water, dan yang paling baru adalah Oppenheimer garapan Christopher Nolan. Hal ini juga ternyata hampir akan dilakukan oleh filmnya.

Menurut informasi yang diketahui sebelumnya, Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One akan memiliki durasi selama 180 menit atau kurang lebih tiga jam. Namun, kabar terbaru menyebutkan jika durasi film ini adalah dua jam 36 tanpa credit title. Durasi ini menjadikan film Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One menjadi film dengan durasi terpanjang di franchisenya.

Misi Paling Berbahaya

Dalam sejarah franhise Mission: Impossible, Ethan Hunt sudah banyak menghadapi berbagai bahaya atau pun ancaman. Mulai dari ancaman senjata nuklir, konspirasi global, dan sebagainya. Namun, film Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One memiliki misi yang berbeda di mana Ethan Hunt harus menghadapi misi yang paling berbahaya yang pernah dia jalani.

Bahkan, ini juga adalah misi atau ancaman terbesar yang harus dihadapi oleh tim IMF. Hal ini karena mereka harus menghadapi musuh baru yang misterius dan lebih mengerikan. Inilah alasan mengapa kemudian film Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One menghadirkan lebih banyak adegan aksi berbahaya, lebih menegangkan, dibandingkan film-film sebelumnya.

Film Dengan Budget Termahal

Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One bukan hanya akan menjadi film dengan durasi terlama di franchisenya, melainkan juga menjadi film yang termahal. Dalam pembuatan film blockbuster aksi, memang tidak mengherankan jika sebuah rumah produksi menggelontorkan dana yang besar untuk ongkos produksi. Hal ini juga yang dilakukan oleh franchise Mission: Impossible.

sinopsis fakta dead reckoning part one

Film Mission: Impossible sebelumnya, Fallout, yang rilis pada 2018 diketahui membutuhkan budget produksi sebesar 190 juta Dollar Amerika. Sedangkan, untuk film Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One kabarnya menghabiskan dana sampai 290 juta Dollar Amerika. Proses produksi yang tertunda akibat pandemi jadi salah satu alasan biaya produksi yang membengkak, sehingga film ini menjadi film termahal di franchisenya.

Film Pertama Yang Terbagi Dua

Pada umumnya, film Mission: Impossible menjadi film aksi yang selesai dalam satu cerita film. Tetapi, hal berbeda diperlihatkan oleh McQuarrie di film Dead Reckoning Part One. Film ini diketahui menjadi film pertama di franchise Mission: Impossible yang ceritanya dibagi ke dalam dua film. McQuarrie sendiri mengatakan hal ini sengaja dia lakukan demi mengulangi kesalahan yang sama di film Fallout.

Yang juga menarik adalah pada awalnya, film ini digadang-gadang akan jadi film terakhir bagi Ethan Hunt dan franchisenya setelah berjalan selama satu dekade. Namun, ternyata, laporan kemarin menyebutkan jika McQuarrie dan Tom Cruise memiliki ide selanjutnya untuk menghadirkan film lain pasca bagian kedua. Artinya, petualangan Ethan Hunt masih belum akan berhenti.

Ethan Hunt Menghadapi Mantan Bosnya

Salah satu fakta menarik yang muncul di film Dead Reckoning Part One adalah kemunculan karakter klasik dari film pertama. Karakter tersebut adalah Eugene Kittridge. Karakter Kittridge pertama kali diperkenalkan dalam film pertama di mana dia adalah pemimpin atau direktur dari organisasi Impossible Mission Force (IMF). Namun, Kittridge sempat melakukan sebuah kesalahan besar.

sinopsis fakta dead reckoning part one

Kittridge sempat menuduh Ethan Hunt sebagai mata-mata musuh, yang mana kemudian hal itu tidak terbukti. Setelah hal tersebut, karakternya tidak pernah lagi muncul. Kabarnya, Kittridge akan kembali muncul di film Dead Reckoning Part One dan menurut informasi dari sang sutradara Ethan Hunt akan berhadapan dengan mantan pemimpinnya yang sekarang menjadi musuh.

Protes Satu Negara

Fakta menarik tentang Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One lainnya adalah dalam proses produksinya, film ini sempat mendapatkan protes dari penduduk satu negara. Dalam salah satu adegan di filmnya, sempat ada rencana untuk menghancurkan sebuah jembatan di negara Polandia yaitu jembatan Pilchowicki. Kabar dari niatan tersebut diketahui oleh seluruh penduduk yang akhirnya memunculkan protes di mana-mana.

sinopsis fakta dead reckoning part one

Para penduduk Polandia merasa jika jembatan Pilchowski adalah sebuah jembatan yang bersejarah. Inilah yang kemudian membuat masyarakat protes ketika filmnya hendak  menghancurkan jembatan tua tersebut. Namun, yang menarik adalah pihak pemerintah melalui wakil menteri kebudayaan Polandia mengatakan bahwa jembatan itu adalah sebuah struktur bangunan yang sudah hancur dan tua. Selain itu, tidak ada nilai sejarah atau hal lain dari jembatan tersebut.

Latihan 500 Jam

Dalam franchise Mission: Impossible, sudah bukan hal aneh jika Tom Cruise banyak melakukan adegan berbahayanya sendiri tanpa bantuan pemeran pengganti. Hal ini bahkan sudah dia lakukan sejak film pertama. Karena hal inilah Tom Cruise harus melakukan banyak latihan dan bahkan mengambil kursus, seperti mengemudikan pesawat, menyelam, dan sebagainya.

sinopsis fakta dead reckoning part one

Dalam film Dead Reckoning Part One, terdapat sebuah adegan di mana Tom Cruise mengendarai sepeda motor di sebuah tebing. Dan di akhirnya, diperlihatkan bagaimana dia melompat dari motor tersebut dan mendarat dengan menggunakan parasut. Sebelum melakukan aksi tersebut, sang aktor sempat melakukan aksi latihan skydiving selama 500 jam. Dan butuh tujuh kali pengambilan gambar (take) sebelum adegan tersebut benar-benar sempurna.

Film Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One akan siap menguncang bioskop dengan menghadirkan petualangan lain dari Ethan Hunt. Berdasarkan sinopsis dan fakta  Dead Reckoning Part One, Ethan akan siap menghadapi ancaman terbesar dalam hidupnya sebagai mata-mata. Bagaimana kemudian nasib Ethan Hunt selanjutnya? Apakah dia akan selamat dalam misi kali ini? Kita nantikan saja pada 12 Juli mendatang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.