Beberapa judul film menghadirkan adegan yang rumit membuat mereka harus melakukan take dalam jumlah yang sangat banyak. Menghadirkan sebuah adegan dalam film tentunya membutuhkan usaha yang luar biasa. Pasalnya, sebuah adegan tentu dituntut untuk bisa sempurna baik secara visual, emosi, maupun cerita. Inilah alasan mengapa kemudian dalam sebuah film terkadang butuh banyak take atau pengulangan untuk menghadirkan satu adegan. Berikut adalah adegan film dengan take paling banyak dalam sejarah.

10Mengumpulkan Harpoon – 50 Kali

Adegan film dengan take paling banyak yang pertama adalah mengumpulkan Harpoon oleh Quint yang muncul dalam film Jaws. Sejak awal proses produksi dimulai, film Jaws garapan Steven Spielberg memang sudah mengalami banyak sekali kendala. Mulai dari penjadwalan bahkan ongkos produksi yang melambung. Belum lagi, mereka harus melakukan shooting di tengah laut dan mekatronik hiu yang digunakan sempat rusak.

Yang menarik adalah hal tersebut sempat menciptakan chemistry yang kurang baik antara Steven Spielberg dan para kru serta cast. Untuk mengatasi hal tersebut, dan juga mengurangi kebosanan, sang sutradara kemudian menghadirkan sebuah strategi. Dia meminta aktor Robert Shaw, yang berperan sebagai Quint, untuk melakukan sebuah adegan yang mana dia harus melakukannya sebanyak 50 take atau pengulangan.

Adegan tersebut memperlihatkan Quint harus mengumpulkan senjata harpoon untuk menghadapi serangan hiu putih besar. Hal tersebut Spielberg lakukan sambil menunggu tim mekanik membetulkan mekatronik hiu yang rusak. Meskipun strategi tersebut bisa dibilang berhasil, apa yang muncul di filmnya bisa dibilang menarik dan luar biasa di mana adegannya terbayar lunas.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.