Meskipun alur cerita sebuah anime terkadang sangat ceria atau penuh motivasi, tidak jarang ada rahasia mengerikan yang muncul di tengah atau pun di akhir cerita. Sama halnya seperti cerita fiksi dalam media lain, anime juga terkadang memiliki rahasia besar yang tersembunyi di dunia mereka atau dalam plot ceritanya. Rahasia tersebut biasanya tersimpan rapat di awal.

Namun, menjelang akhir ceritanya berbagai kejanggalan dan keanehan pun muncul yang membuat pada akhirnya berbagai rahasia kelam yang selama ini tersimpan mulai terbongkar. Rahasia tersebut jelas membuat para penonton terkejut, karena tidak menyangka jika ada hal semengerikan itu. Berikut adalah rahasia mengerikan yang ada di dunia anime.

Masa Lalu Robin

Rahasia mengerikan di dunia anime yang pertama adalah salah satu rahasia yang banyak para fans ketahui, terutama oleh para fans One Piece. Sekitar puluhan tahun lalu, rumah dari Nico Robin, pulau Ohara, mengalami nasib yang mengerikan. World Government menyerbu dan menghancurkan pulau tersebut karena mereka dianggap melakukan hal yang terlarang, yaitu meneliti Poneglyph.

Dianggap menjadi ancaman, World Government kemudian melakukan inisiasi Buster Call di mana angkatan laut menghancurkan semua hal di pulau tersebut, termasuk para penduduk. Rahasia kelam ini coba untuk World Government tutupi sejak lama, di mana hanya Nico Robin dan beberapa karakter yang tahu tentang peristiwa mengerikan ini. Robin sendiri mengalami trauma akibat hal tersebut.

Kutukan Hinamizawa

Dikenal juga dengan judul When They Cry, series anime Higurashi no Naku Koro Ni mungkin awalnya tidak nampak seperti series anime horor dan mengerikan pada umumnya. Ceritanya sendiri lebih banyak menghadirkan tema kehidupan sehari-hari dan juga serinya didukung oleh desain karakter yang lucu dan menarik. Namun, ada rahasia mengerikan dalam cerita anime ini.

rahasia mengerikan anime

Di tengah cerita diperlihatkan para penduduk di desa tempat tinggal para karakter perlahan berkurang. Yang mengerikan adalah para penduduk tersebut tewas secara sadis. Ternyata, para karakter utama dalam ceritanya yang jadi pelakunya. Mereka terkena sebuah sindrom atau kutukan bernama ‘kutukan Hinamizawa’ di mana mereka tidak sadarkan diri dan berubah menjadi sosok pembunuh mengerikan. Seorang karakter berhasil selamat dari kutukan ini, namun setiap kali timeline berubah dan dia berusaha menyelamatkan teman-temannya dia selalu gagal.

Deca-Dence

Sama seperti halnya anime Higurashi no Naku Koro Ni, anime Deca-Dence pada awalnya merupakan anime yang menarik. Apalagi, visual yang dihadirkan dalam ceritanya benar-benar luar biasa. Deca-Dence sendiri bercerita tentang upaya manusia yang berusaha sekuat tenaga untuk bertahan dari serangan sosok Gadoll yang mengerikan. Gadoll terus menyerang kota tempat tinggal mereka.

Namun, rahasia mengerikan kemudian terungkap dalam anime ini di mana semua hal terjadi itu merupakan peristiwa yang palsu. Pada kenyataanya, semua hal yang terjadi dalam animenya merupakan sebuah permainan video bagi para cyborg. Bagi para cyborg, upaya manusia untuk bertahan hidup dari monster Gadoll merupakan hiburan tersendiri. Bagi mereka, manusia tidak ada harganya dan tidak lebih dari sebuah hiburan yang bisa mereka perlakukan seenaknya.

Sibyl System

Psycho-Pass menghadirkan sebuah cerita di mana sebuah pihak keamanan mencoba untuk mencegah kejahatan untuk terjadi, bahkan sebelum kejahatan itu muncul. Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka kemudian membangun sebuah sistem yang bernama Sibyl System. Sistem ini adalah sebuah pikiran kelompok (hive mind) yang menentukan moral dan niatan kriminal dari seluruh penduduk.

rahasia mengerikan anime

Pada puncak ceritanya, para penonton diperlihatkan sisi lain atau kelemahan dari sistem tersebut. Yang mengerikan adalah ternyata Sibyl System merupakan sebuah sistem yang terbentuk dari kumpulan otak manusia, terutama otak para kriminal. Mereka yang berusaha untuk membongkar fakta sebenarnya mengenai Sibyl System satu persatu hilang demi rahasia yang aman.

Rahasia Mengerikan Pulau Paradis

Selain rahasia mengenai Ohara, rahasia mengerikan di dunia anime yang populer lainnya adalah mengenai pulau Paradis dalam cerita Attack on Titan. Di awal cerita animenya, diperlihatkan bagaimana manusia nampak hidup pada sebuah zaman. Yang menarik adalah pulau tersebut dikelilingi oleh tembok besar. Ternyata, ada rahasia mengerikan di balik tembok tersebut di mana para Titan berkeliaran.

Selain itu, selama ratusan tahun para penduduk pulau Paradis tidak pernah tahu jika sebenarnya mereka adalah keturunan dari bangsa Eldian. Dan bangsa Eldian sendiri merupakan musuh abadi dari bangsa Marley. Mereka sudah lama berperang satu sama lain, bahkan kedua bangsa ini saling berebut kekuatan Titan. Pulau Paradis pun menyimpan rahasia kelamnya sendiri, di mana tembok-tembok yang mengelilingi tersebut ternyata adalah Titan yang dikeraskan.

Rahasia shou Tucker

Shou Tucker merupakan karakter yang nampak baik dan tidak memiliki niatan jahat pada awalnya. Namun, ketika kemudian protagonis utama dalam anime Fullmetal Alchemist, Edward Elrics, curiga terhadap sosok Shou akhirnya sebuah rahasia mengerikan pun terungkap. Ternyata, Shou Tucker tidak seperti yang muncul di awal ceritanya. Dia ternyata adalah sosok yang mengerikan.

rahasia mengerikan anime

Shou Tucker merpakan seorang State Alchemist yang berusaha untuk menciptakan seekor chimera yang bisa sberbicara. Meskipun pada akhirnya dia berhasil melakukannya, ada rahasia mengerikan yang tersimpan. Shou ternyata mengorbankan seluruh anggota keluarganya, putri dan istrinya, untuk bisa menyelesaikan uji coba tersebut. Rahasia ini pun sempat tersimpan rapat sampai kemudian terbongkar di akhir cerita.

Rahasia Gracefield House

The Promised Neverland pada episode pertamanya memperlihatkan alur cerita drama yang menarik. Bersetting di sebuah panti asuhan bernama Gracefield House, para penonton diajak untuk berkenalan dengan Emma dan beberapa anak lainnya yang tinggal di panti asuhan tersebut. Mereka tinggal di sana sampai ada orang tua yang mau mengadopsi mereka. Ternyata, Gracefield House bukanlah panti asuhan biasa.

rahasia mengerikan anime

Gracefiled House merupakan sebuah tempat yang sengaja dijadikan untuk menampung anak-anak manusia dan membesarkannya untuk kemudian dikorbankan kepada para iblis. Dan yang mengerikan adalah Gracefield House bukan satu-satunya tempat untuk hal tersebut. Mengetahui fakta mengerikan ini, Emma pun bersumpah untuk membongkar semuanya dan menyelamatkan teman-temannya dari nasib buruk.

Kontrak Kyubey

Geeks mungkin sudah tidak asing dengan anime Puella Magi Madoka Magica. Series anime ini tidak ada bedanya dengan anime fantasi lainnya yang memang ditujukan target pasarnya bagi para penonton wanita, seperti Sailor Moon atau Cardcaptor Sakura. Ceritanya sendiri tidak jauh berbeda, seorang gadis muda akan mendapatkan kekuatan sihir dari makhluk atau maskot yang lucu.

Dalam cerita Madoka Magica, maskot tersebut adalah Kyubey. Dia memilih sosok gadis yang bisa jadi penyihir selanjutnya untuk menghadapi ancaman besar. Para gadis tersebut harus menyepakati sebuah kontrak, sebelum kemudian mereka mendapatkan kekuatan. Namun, yang tidak disadari adalah kontrak tersebut sebenarnya merupakan lingkaran setan dari penderitaan dan kematian. Kehidupan mereka pun tidak semenyenangkan seperti yang mereka duga. Bahkan, para gadis itu juga bisa saja berubah jadi penyihir jahat. Bagaimana visual dan tone cerita yang menyenangkan berhasil membungkus rahasia mengerikan ini.

Ternyata, cerita anime juga memiliki rahasia kelam yang membuat para penontonnya terkejut. Namun, yang menarik adalah anime tersebut berhasil menghadirkan awal yang menarik yang membuat para penonton betah. Sampai kemudian rahasia kelam dari anime tersebut mulai terungkap di pertengahan cerita. Bagaimana menurut kalian mengenaai hal ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.