Angkatan laut merupakan organisasi atau kekuatan besar yang melindungi mereka kaum yang lemah dari serangan bajak laut atau ancaman lain. Mereka adalah otoritas yang Pemerintah Dunia utus untuk menjadi ujung tombak ketika ada sebuah masalah muncul. Karena hal inilah, wajar jika kemudian angkatan laut menjadi salah satu kekuatan besar yang ada di dunia.

Namun, terlepas dari status mereka yang merupakan penjaga perdamaian, angkatan laut sering kali digambarkan sebagai kelompok yang tidak lepas dari berbagai hal yang mengerikan. Salah satu hal mengerikan yang pernah mereka lakukan di dunia One Piece adalah menghancurkan sebuah wilayah dengan mengaktifkan Buster Call. Buster Call merupakan sebuah “senjata” yang dimiliki Pemerintah Dunia untuk menghancurkan satu pulau atau sebuah wilayah.

Bahkan, senjata tersebut juga bisa digunakan menghancurkan satu benua, jika dibutuhkan. Pihak angkatan laut akan menerjunkan armada mereka dalam jumlah besar dan kemudian menghancurkan sebuah wilayah atau pulau tanpa ampun. Ada dua wilayah yang kemudian menjadi “korban” keganasan dari pihak angkatan laut. Lalu, wilayah mana saja yang pernah dihancurkan oleh angkatan laut?

Pulau Ohara

Pulau Ohara adalah wilayah yang pertama kali diperlihatkan di serinya yang menjadi korban dari kebringasan angkatan laut. Insiden yang mana pihak angkatan laut melakukan penyerangan ke pulau itu kemudian kita kenal dengan insiden Ohara. Pulau ini sendiri adalah salah satu pulau di dunia One Piece yang menjadi tempat tinggal bagi banyak ilmuwan atau cendikiawan terkemuka.

Top 10 One Piece Darkest Moments in the series.

Mereka melakukan penelitian secara sembunyi-sembunyi mengenai sejarah sebenarnya dunia One Piece. Para ilmuwan ini mencoba untuk memecahkan teka-teki apa yang sebenarnya terjadi saat abad yang hilang sekitar 800 tahun yang lalu. Mereka melakukan hal tersebut dengan coba untuk memecahkan apa yang ada di Poneglyph. Penelitian mereka hampir selesai jika saja pihak Pemerintah Dunia tidak mengetahuinya.

Melalui Angkatan Laut, Pemerintah Dunia langsung mengaktifkan Buster Call untuk menyerang Ohara. Dalam peristiwa mengerikan tersebut, para angkatan laut membunuh semua penduduk pulau.  Mereka juga membakar buku-buku dan hasil penelitian para ilmuwan Ohara dan bahkan menenggelamkannyan ke lautan. Faktanya, pulau Ohara sendiri sekarang telah hilang di peta.

Nico Robin menjadi satu-satunya sosok yang selamat dari insiden tersebut. Karena hal inilah dia menjadi satu-satunya orang yang bisa membaca Poneglyph. Dia juga bahkan menjadi incaran banyak pihak karena kemampuannya tersebut. Meskipun begitu, terdapat spekulasi atau teori yang menjelaskan bahwa ada penduduk Ohara lainnya yang selamat dalam peristiwa itu. Contohnya adalah Jaguar D. Saul.

Pihak Pemerintah Dunia tidak ingin rahasia besar mereka terbongkar. Karena itu, mereka tega menghancurkan pulau Ohara. Bahkan, mereka pun tega untuk tidak membiarkan orang-orang selamat dalam peristiwa tersebut. Beruntung, Robin berhasil kabur dan menjadi saksi seperti apa mengerikannya para angkatan laut yang menghancurkan rumahnya.

Enies Lobby

Enies Lobby merupakan sebuah tempat yang “sakral” di dunia One Piece. Ini menjadi salah satu dari tiga tempat yang dikendalikan penuh atau berada di bawah kekuasaan penuh Pemerintah Dunia. Dua lainnya adalah Impel Down, yang merupakan penjara mengerikan, serta Marineford atau markas angkatan laut. Enies Lobby sendiri merupakan penghubung bagi kedua tempat tersebut.

If Logia users can permanently change the environment like Akainu and Aokiji, perhaps Kizaru created the crater beneath Enies Lobby and permanently made it daytime as a result? : r/OnePiece

Kemunculan tempat ini terjadi ketika pihak CP-9 mencoba untuk menangkap Nico Robin. Mereka sempat melakukan negosiasi di Water Seven, yang mana akhirnya Robin setuju untuk ditangkap. Namun, mengetahui hal ini, Luffy dan kru Topi Jerami pun melakukan upaya penyelamatan. Pertempuran pun terjadi sampai kemudian Buster Call diaktifkan di Enies Lobby.

Meskipun begitu, nasib Enies Lobby berbeda dengan Ohara. Jika Ohara hancur akibat serangan tersebut, Enies Lobby masih bisa selamat. Mengapa demikian? Karena, ketika pasukan angkatan laut sudah mulai mendekati Enies Lobby dan gerbang keadilan hampir tertutup, Luffy dan krunya berhasil kabur dari sana. Meskipun ada kerusakan, namun Enies Lobby masih selamat dan tidak hancur lebur.

Ada Tempat Lain?

Seperti yang disebutkan di atas, sejauh ini baru ada dua tempat yang diketahui pernah dihancurkan oleh angkatan laut. Namun, tidak ada informasi apakah ada tempat atau pulau lain yang mereka hancurkan. Meskipun begitu, mengingat angkatan laut sudah ada sejak ratusan tahun lalu, logikanya mungkin ada pulau lainnya selain kedua pulau tersebut yang pernah mereka hancurkan.

Joe) Three Skull Theories on Twitter: "One Piece Theory Why Rocks Invaded God Valley #ONEPIECE https://t.co/LEi1exIici" / Twitter

Spekulasi yang masuk akal adalah God Valley. Tempat yang menjadi pertempuran antara angkatan laut melawan kelompok bajak laut Rocks ini hilang dari peta. Bahkan, namanya sendiri tidak pernah orang-orang ketahui, selain para angkatan laut angkatan tua. Ada kemungkinan jika Pemerintah Dunia memerintahkan angkatan laut untuk menghancurkan pulau tersebut. Sehingga, God Valley tidak ada di peta atau pun di sejarah dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.