Film The Flash memperkenalkan karakter baru yang muncul dalam cerita yaitu Dark Flash, namun siapa dia sebenarnya? Setelah sekian lama tertunda proses produksinya akhirnya film The Flash resmi rilis di Indonesia pada 14 Juni kemarin dan akan rilis di Amerika pada 16 Juni mendatang. Film ini jadi salah satu yang para fans nantikan karena menghadirkan banyak kejutan.

Misalnya, bagaimana ceritanya mengadaptasi salah satu peristiwa paling populer di DC Comics yaitu Flashpoint. Selain itu, filmnya juga kembali menghadirkan Ben Affleck sebagai Batman dan bahkan Michael Keaton. Namun, yang jadi perhatian para fans juga adalah kemunculan dari sosok villain misterius bernama Dark Flash. Siapa sebenarnya Dark Flash?

Dark Flash Versi Komik

Karakter Dark Flash di DC Comics pertama kali muncul dalam komik The Flash #150 yang rilis pada 1999. Sosok di balik Dark Flash ternyata adalah Walter West. Dia merupakan versi lain dari Wally West dari timeline alternatif. Berbeda dengan Wally West, Walter West justru berubah menjadi sosok jahat dengan memanfaatkan kekuatannya. Hal itu terjadi ketika Walter tidak mampu menyelamatkan istrinya, Linda Park.

dark flash the flash

Sosok Dark Flash benar-benar kebalikan dari the Flash, di mana dia tidak ragu untuk menghabisi nyawa lawannya. Dan setiap aksi yang Walter West lakukan sebagai Dark Flash juga memengaruhi kehidupan dan cerita dari Wally West. Dari segi kekuatan, tidak ada yang berbeda antara Walter West dan para speedster lainnya. Hanya saja yang membedakan Dark Flash dan the Flash adalah perilakunya.

Banyak fans yang sering kali tertukar atau bingung antara Dark Flash dan Black Flash. Berbeda dengan Dark Flash, Black Flash adalah karakter yang jadi dewa kematian bagi para speedster. Sosoknya baru akan muncul ketika para karakter tersebut mengalami momen hidup dan mati. Dari segi penampilan pun kedua karakter ini berbeda, di mana Black Flash nampak seperti zombie. Sedangkan, Dark Flash adalah versi menyeramkan dari the Flash.

Dark Flash Versi DCEU

Kemunculan Dark Flash dalam film The Flash sebenarnya sudah para fans ketahui terlebih dahulu. Hal ini karena foto bocoran merchandise Funko yang beredar di internet serta materi promosi filmnya di luar negeri. Lalu, seperti apa sosok Dark Flash dalam versi DCEU? Pada intinya, Dark Flash merupakan versi jahat dari karakter Barry Allen dan bukan Wally West.

Kemunculan Dark Flash sendiri pertama kali diperlihatkan ketika Barry Allen berada di Chronobowl untuk memutarbalik kejadian. Saat itu, Barry Allen hendak kembali ke timelinenya setelah menyelamatkan nyawa sang ibu dengan kembali ke masa lalu untuk memasukan sekaleng pasta tomat ke keranjang belajannya. Dark Flash muncul dan mendorong Barry.

dark flash the flash

Hal itu membuat Barry kemudian terjebak di masa lalu dan dia berada di timeline yang berbeda. Dalam timeline tersebut kedua orang tuanya hidup dan dia bertemu Barry versi lainnya di mana versi timeline alternatif ini tidak memiliki kekuatan super. Hal ini pula yang kemudian menjadi pemicu cerita utama di filmnya, di mana kedua versi Barry Allen pergi menemui Bruce Wayne versi Michael Keaton untuk menyelamatkan Superman demi bisa mengalahkan Zod.

Tetapi, saat itu, mereka justru menemukan seorang perempuan bernama Kara. Ternyata, itu adalah Supergirl yang merupakan versi alternatif dari Superman. Mereka pun kemudian bertempur menghadapi Zod dan pasukannya. Namun, kejadian tidak terduga terjadi di mana Kara dan Batman versi Michael Keaton akhirnya harus tewas dalam pertempuran tersebut.

Barry Allen Versi Jahat

Barry Allen dari versi timeline alternatif ternyata tidak terima dengan kematian Kara dan Batman. Dia pun kemudian berusaha mengembalikan waktu dan mencegah kematian tersebut terjadi. Berulang-ulang kali Barry Allen memutar balikan waktu, tetapi hasilnya tetap sama yaitu mereka berdua tewas. Hal ini sempat membuat Barry Allen versi timeline alternatif merasa frustasi.

Barry Allen dari versi timeline utama berusaha untuk menghentikan upaya tersebut dan menyadarkan Barry Allen versi lainnya bahwa tindakan tersebut adalah salah. Nyatanya hal itu tidak dia dengar dan Barry Allen versi lain tetap melakukan berbagai upaya agar Batman dan Supergirl tidak tewas. Barry Allen versi timeline utama akhirnya menyadari jika ucapan Bruce memang benar.

Barry Allen versi timeline utama menyadari seberapa kali pun kejadian tersebut dirubah, namun takdir yang mereka alami tetap akan terjadi. Dan dalam hal ini Batman dan Supergirl memang sudah ditakdirkan untuk tewas. Inilah hal yang tidak bisa diterima oleh Barry Allen versi timeline lain. Setelah jutaan kali dia coba untuk mencegah kematian tersebut hasilnya tetap sama dan ini yang jadi pemicu kemunculan Dark Flash, versi jahat dari Barry Allen ketika dia berubah jadi gila karena tidak mampu merubah keadaan.

Dark Flash sendiri sempat hendak menghabisi Barry Allen yang asli, namun Barry Allen dari realita lainnya mengorbankan nyawanya demi melindungi Barry. Efeknya, dia dan Dark Flash kemudian menghilang. Jadi, kesimpulannya, Dark Flash versi DCEU memiliki kemiripan dengan Dark Flash versi komik. Bedanya, Dark Flash versi komik adalah Walter West yang gagal selamatkan istrinya. Namun, Dark Flash versi DCEU adalah Barry Allen yang gagal untuk selamatkan Batman dan Supergirl setelah jutaan kali percobaan yang membuatnya jadi jahat dan gila.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.