Dalam cerita komik Marvel ada beberapa karakter superhero mereka yang mendapatkan kekuatan super dari sebuah radiasi. Dalam dunia cerita komik sebuah karakter mungkin pada awalnya adalah sosok yang tidak terlalu menonjol sampai kemudian mereka memiliki kekuatan super. Ada karakter yang menggunakan kekuatan super tersebut untuk menjadi penjahat, naamun ada juga yang menggunakannya untuk kebaikan.

Berbagai karakter yang mendapatkan kekuatan super tersebut sumbernya berbeda-beda. Ada yang mendapatkan kekuatan supernya berkat serum Super Soldier seperti halnya Captain America dan ada juga sumber lainnya. Namun, yang menarik adalah ada juga karakter superhero yang mendapatkan kekuatan super mereka dari hasil radiasi. Siapa saja mereka?

Daredevil

Matt Murdock merupakan seorang anak yang tumbuh untuk memenuhi mimpi ayahnya yang ingin dia menjadi sosok yang sukses, seperti menjadi pengaca atau atlet. Karena perundungan di wilayahnya, Matt kemudian berlatih bela diri di sebuah sasana milik ayahnya. Suatu hari, dia melihat seorang kakek yang tidak bisa melihat sedang menyebrang jalan dan hampir tertabrak oleh sebuah truk.

Matt kemudian mendorong kakek tersebut untuk menyalamatkannya. Sayangnya, truk tersebut kecelakaan yang membuat isi di dalam tankinya keluar. Ternyata, isi dari tanki truk tersebut adalah cairan isotop raidoaktif. Cairan tersebut mengenai muka Matt yang berakibat dia kehilangan penglihatannya. Namun, efek lain dari hal tersebut adalah indera lain milik Matt, seperti pendengaran, justru meningkat tajam. Hal ini pun membuatnya kemudian menjadi sosok Daredevil.

Hulk

Geeks mungkin sudah tidak asing dengan cerita origin dari Bruce Banner alias Hulk. Bruce merupakan seorang ilmuwan yang sangat cerdas, terutama adalam bidang fisika nuklir dan radiasi gamma. Pihak militer Amerika merekrut Bruce untuk mengerjakan proyek Gamma Bomb. Dan setelah sekian lama melakukan pengerjaan, akhirnya proyek pembuatan Gamma Bomb tersebut berhasil.

superhero marvel radiasi

Namun, dalam uji coba pertama bom tersebut peristiwa mengerikan terjadi. Bruce Banner harus terkena radiasi gamma dalam jumlah yang banyak. Hal ini setelah Bruce menyelamatkan Rick Jones, yang saat itu masuk ke area uji coba. Akibat dari radiasi gamma di tubuh Bruce, struktur atom dalam dirinya berubah. Bruce akan bertransformasi menjadi makhluk raksasa kuat berwarna hijau ketika emosinya tidak stabil atau sedang emosi.

Fantastic Four

Reed Richards adalah seorang ilmuwan cerdas sekaligus juga seorang insinyur yang luar biasa. Dia membangun sebuah roket yang dia klaim memiliki kecepatan lebih cepat dari cahaya. Kekasih Reed, Susan Storm, dan adik Susan, Johnny Storm, kemudian ikut dalam proyek tersebut. Teman lama Reed, Ben Grimm, kemudian diminta untuk menjadi pilot dari pesawat roket buatannya tersebut.

Uji coba ini berhasil dengan baik di mana mereka mampu untuk mencapai luar angkasa tanpa kendala. Namun, tidak diduga ketika mereka sedang berada di dluar angkasa pesawat tersebut terkena radiasi sinar kosmik yang juga memengaruhi para personil di dalam pesawat tersebut. Efek dari hal ini, keempat karakternya mendapatkan sebuah kekuatan yang tidak biasa. Mereka memanfaatkan kekuatan super tersebut untuk menjadi pahlawan yang kita kenal sebagai Fantastic Four.

Spider-Man

Spider-Man mungkin adalah superhero Marvel yang paling populer yang memiliki kekuatan super berasal dari radiasi. Peter Parker merupakan seorang seorang murid SMA yang sangat cerdas di kelasnya. Dia memiliki ketertarikan yang sangat tinggi dalam hal ilmu pengetahuan. Suatu hari, Peter dan sekolahnya pergi ke sebuah pameran ilmu pengetahuan.

superhero marvel radiasi

Tanpa Peter sadari seekor laba-laba kemudian berjalan ke arahnya dan menggigit lengan dari Peter. Laba-laba itu sebelumnya sudah terkena radiasi partikel dalam sebuah demonstrasi. Berkat gigitan laba-laba radiasi itu Peter mengalami sebuah hal yang aneh, di mana kemampuan bergerak, indera, dan kekuatan fisiknya meningkat tajam. Dia tidak lagi memerlukan kacamata dan bahkan bisa bergerak serta mengeluarkan jaring layaknya seekor laba-laba.

Dalam dunia komik sebuah karakter memang bisa mendapatkan kekuatan super dari sumber mana pun, termasuk radiasi yang menjadikan mereka superhero. Dunia komik memang memiliki kemungkinan yang tidak terbatas yang membuat para penulis dan pencipta karakter bisa dengan bebas menghadirkan imajinasi mereka.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.