Dari sekian banyak tim superhero yang ada di Marvel Comics, Fantastic Four adalah tim yang dikenal sebagai keluarga super pertama dari Marvel Universe. Terdiri dari para anggota yang sudah cukup populer sebagai individu, seperti Reed Richards alias Mister Fantastic, Ben Grimm alias The Thing, Susan dan Johnny Storm alias Invisible Woman dan Human Torch, tim Fantastic Four telah menghiasi banyak sekali kisah Marvel termasuk yang berhubungan dengan multiverse.

Sama halnya seperti kebanyakan karakter dari Prime Earth-616, Fantastic Four juga teryata mempunyai versi alternatifnya sendiri. Dari mulai anggota utama yang berasal dari universe alternatif, sampai komposisi tim yang diganti oleh superhero lain, berikut sepuluh versi alternatif Fantastic Four di Marvel Comics!

All-New Fantastic Four

Ketika alien skrull bernama De’Lila diceritakan berhasil menculik tim Fantastic Four yang asli, Marvel pernah mencoba racikan baru dengan mendirikan tim All-New Fantastic Four yang terdiri dari para superhero populer di Marvel Comics, seperti Wolverine, Spider-Man, Hulk, dan Ghost Rider. Kombinasi dari keempat superhero berkekuatan unik ini pada akhirnya berhasil menyelamatkan tim Fantastic Four yang asli dari cengkraman De’Lila. Meskipun hanya muncul sekilas, tetapi All-New Fantastic Four mempunyai tempat khusus di hati para penggemar yang merasa terhibur dengan kerja sama mereka.

Challengers of the Fantastic

Challengers of the Fantastic adalah varian Fantastic Four dari semesta Amalgam (gabungan Marvel dan DC) yang merupakan kombinasi dari tim asli Fantastic Four dengan tim Challengers of the Unknown dari DC Comics. Sama seperti versi utamanya yang mempunyai berbagai kekuatan super, Challengers of the Fantastic juga terdiri dari para manusia super yang tangguh sekaligus nyeleneh, seperti Prof. Richards yang mempunyai empat lengan robot, Rocky Grimm yang mempunyai empat lengan batu, Red Storm menggunakan senjata pelontar api, dan anggota wanita bernama Ace Storm.

Frightful Four

Berbeda dengan tim Fantastic Four asli, Frightful Four adalah tim supervillain yang mirip seperti Sinister Six di kisah The Amazing Spider-Man. Adapun para anggota yang menjadi bagian dari tim nyeleneh ini adalah musuh Spider-Man bernama Sandman, seorang inhuman bernama Medusa, android ciptaan supervillain Puppet Master bernama Wizard, dan Trapster yang menggunakan jebakan-jebakan aneh ketika beraksi. The Thing bahkan pernah juga menjadi anggota tim ini saat dirinya merasa marah kepada Mister Fantastic dari Fantastic Four, sebelum akhirnya dia kembali untuk meringkus Frightful Four.

Fantastic Five

Di kisah alternatif What If?, Spider-Man pernah diceritakan menjadi anggota kelima dari tim Fantastic Four asli yang beranggotakan Mister Fantastic, Invisible Woman, Human Torch, dan The Thing. Kehadiran Spider-Man dengan angka ‘5’ di dadanya ini telah membuat tim Fantastic Five jauh lebih kuat dari sebelumnya. Hal tersebut diperlihatkan ketika mereka menghadapi Doctor Doom, di mana kerja sama Fantastic Five terbukti lebih efektif dan juga efisien. Sayangnya, kisah mereka tidak bertahan lama, karena pada akhirnya Spider-Man dan Fantastic Four kembali ke kisahnya masing-masing.

Fantastic Five MC2

Selain Fantastic Five yang muncul di komik What If?, kisah Secret Wars pertama yang dirilis pada tahun 90-an juga pernah mempunyai tim Fantastic Five-nya sendiri yang terdiri dari sang pemimpin bernama Human Torch, Franklin Richards, The Thing, robot H.E.R.B.I.E. dari serial animasi Fantastic Four, dan seorang alien skrull bernama Lyra yang mempunyai hubungan spesial dengan Human Torch. Bersama-sama, mereka menghadapi tragedi dan petualangan yang paling sensasional sepanjang sejarah Marvel Comics.

Fantastic Thors

Di kisah Secret Wars 2015, Doctor Doom pernah menciptakan sebuah tim ‘polisi’ yang beranggotan para Thor dari multiverse untuk menjaga planetnya yang disebut Battleworld. Dan di antara banyaknya varian Thor tersebut ada empat sosok Thor yang menyebut diri mereka sebagai Fantastic Thors. Sama seperti tim Fantastic Four utama dari Earth-616, Fantastic Thors juga terdiri dari Thor yang bisa menghilang, Thor api yang mirip Surtur, Thor mengubah serta memanjangkan tubuhnya, dan juga Thor yang mempunyai fisik sangat kuat. Hebatnya lagi, keempat Thor ini juga mempunyai senjata palunya masing-masing yang tidak kalah dari Mjolnir milih Thor Odinson.

FF

Diciptakan oleh penulis Matt Fraction dan ilustrator Mike Allred, di komiknya tim FF ini didirikan oleh tim asli Fantastic Four yang diceritakan menyerahkan tugasnya kepada FF karena mereka harus pergi ke luar angkasa untuk waktu yang sangat lama. Meskipun awalnya sangat kewalahan dengan tugas Fantastic Four yang terlalu banyak, akhirnya tim FF yang terdiri dari Ant-Man, She-Hulk, Medusa, dan Miss Thing tetap berhasil melindungi Bumi dan semua yang ada di dalamnya, ketika tim asli menghilang sementara dari radar Marvel Comics.

Four Fantastics

Selain mendirikan Fantastic Thors di kisah Secret Wars 2015, Doom juga pernah diceritakan mendirikan inkarnasi Fantastic Four lain yang disebut Four Fantastics di universe Exiles. Di Four Fantastic, musuh bebuyutan Fantastic Four ini bahkan bertindak sebagai pemimpin tim yang terdiri dari Invisible Woman, Human Torch, dan juga Hulk yang menggantikan peran The Thing. Meskipun bertindak sebagai pelindung Bumi, tetapi pada akhirnya terungkap bahwa Doom adalah penjahat sebenarnya yang mengubah genetik semua orang di semesta Exiles agar memercayainya sebagai penguasa Bumi.

Future Foundation

Dari sekain banyak inkarnasi Fantastic Four di Marvel Comics, Future Foundation adalah versi masa depan yang diceritakan jauh lebih kuat. Hal itu dikarenakan tim ini terdiri dari banyak superhero tangguh yang berusaha melindungi Bumi dari para ilmuwan gila yang ingin menghancurkannya. Tim super ini sendiri terdiri dari para anggota utama Fantastic Four, ditambah dengan para superhero lain seperti anak-anak Mister Fantastic yang bernama Franklin Richards dan Valeria Richards, Kang versi muda yang ‘masih’ baik bernama Nathaniel Richards, Medusa, Miss Thing, She-Hulk, Powerhouse, bahkan Spider-Man.

Ultimate Fantastic Four

Di Marvel Comics, selain universe utama yang disebut Earth-616, ada sebuah universe populer lain yang disebut ‘Ultimate’ alias Earth-1610. Menariknya, di universe ini juga terdapat tim Fantastic Four yang tidak kalah hebat dari versi utama. Bedanya, alih-alih mendapatkan kekuatan super setelah terpapar radiasi kosmik di luar angkasa, tim super ini diceritakan mendapatkan kekuatan supernya setelah terpapar radiasi dari dimensi paralel yang disebut Negative Zone. Meskipun kisahnya dimulai sebagai superhero, tetapi pada akhirnya Mister Fantastic yang telah mengalami banyak tragedi, diperlihatkan berubah menjadi sosok supervillain multiverse yang dikenal sebagai The Maker.

Meskipun kisahnya tidak sebanyak tim Fantastic Four yang asli, tetapi kesepuluh tim alternatif tim ini telah berhasil menghiasi kisah Marvel, baik di universe utama maupun di multiverse, dengan memperlihatkan bagaimana jadinya jika para anggotanya diganti atau ditambah. Dan hasilnya cukup menyenangkan, karena sejak awal Fantastic Four memang dimaksudkan untuk mempunyai kisah yang ‘fantastis’ dan juga kaya akan keberagaman. Dari kesepuluh tim ini, mana yang menjadi favorit kalian, Geeks?