Bruce Banner alias Hulk adalah karakter Marvel yang terkenal memiliki kekuatan luar biasa. Bisa dibilang dia adalah salah satu superhero terkuat, karena makin marah Hulk maka akan makin besar juga fisik dan kekuatan gamma miliknya. Dalam sejarahnya keberadaan Hulk ini bahkan telah melahirkan beberapa superhero baru seperti She-Hulk, Doc Samson, dan A-Bomb. Namun, bagaimana jadinya jika kekuatan gamma-nya justru dipakai untuk menghasilkan supervillain yang lebih berbahaya? Faktanya di Marvel Universe sendiri memang ada tujuh villain yang terlahir dari kekuatan Hulk. Check this out, Geeks!

Abomination

Penggemar setia Hulk pasti tahu siapa Abomination. Karakter bernama asli Emil Blonsky ini pertama kali melakukan debutnya di Marvel Comics sebagai seorang tentara sekaligus mata-mata KGB yang berusaha mengehentikan amukan Hulk. Dalam prosesnya karena dia tidak sanggup mengalahkan Hulk dengan tubuh manusianya, Emil lantas sengaja memaparkan dirinya pada radiasi gamma Hulk menggunakan mesin ciptaan Bruce yang tadinya akan dia pakai untuk mencabut nyawanya sendiri. Hasilnya dia menjadi monster hijau sekuat Hulk dengan fisik yang lebih bersisik. Bedanya villain yang lahir dari kekuatan Hulk ini ternyata masih bisa memegang kendali penuh atas kesadarannya sendiri.

Leader

Villain kedua yang sengaja menggunakan kekuatan Hulk untuk menjadikannya lebih kuat adalah Samuel Stern alias Leader. Bedanya jika Hulk dikenal karena kekuatannya, Leader justru populer karena kecerdasannya yang sangat luar biasa. Kemampuan ini dia dapatkan saat dirinya bekerja di lab dan terpapar limbah radiasi gamma yang juga mengubah Bruce menjadi Hulk. Alih-alih mengubah struktur ototnya, radiasi tersebut justru malah terpusat di kepalanya. Di MCU sendiri perubahan Sam menjadi Leader bahkan lebih gamblang lagi, di mana replikasi darah dan DNA Hulk menetes secara tidak sengaja ke kepalanya. Apa pun originnya, yang jelas kecerdasan Leader selalu menjadi ancaman serius di Marvel Universe.

Ravage

Selain dianggap mengerikan oleh sebagian orang, kekuatan Hulk memang selalu menarik perhatian para villain di Marvel Universe. Salah satunya adalah Ravage yang semula adalah mentor Bruce bernama Dr. Geoffrey Crawford yang hanya bisa duduk di kursi roda karena penyakitnya. Nah setelah menjebak Bruce agar mau menggunakan mesin ciptaannya yang kemudian menyalin DNA Hulk, Geoffrey lantas menggunakannya untuk mengubah dirinya menjadi sekuat Hulk. Pada titik ini Geoffrey memang bisa berjalan kembali, tetapi sebagai bayarannya dia harus kehilangan semua kendali atas dirinya, sehingga mau tidak mau Hulk harus mengalahkannya.

Red Hulk

Dalam sejarah Marvel mungkin Red Hulk adalah villain yang kekuatan dan fisiknya paling mirip dengan Hulk. Faktanya sebelum menjadi Red Hulk karakter yang bernama asli Thaddeus Ross ini sudah terkenal sebagai jenderal yang sangat membenci Bruce karena memacari anaknya Betty Ross. Sehingga ketika dia mendapatkan kesempatan untuk berubah menjadi Red Hulk, melalui upaya MODOK dan Leader yang menggabungkan DNA Hulk dengan radiasi kosmik, dia langsung menyambutnya. Sejak saat itulah dia menjadi Red Hulk yang terkenal sangat kuat serta mampu mengeluarkan panas tubuh yang sangat dahsyat tergantung dari tingkat kemarahannya.

Harpy

Siapa sangka love interest sekaligus mantan istri Bruce, yaitu Betty Ross, pernah menjadi villain yang kekuatannya kurang lebih mirip seperti Hulk. Semuanya bermula ketika MODOK dengan sengaja menyuntikan DNA Hulk kepada Betty agar berubah menjadi monster yang dapat mengalahkan Hulk. Pada titik inilah lahir monster Harpy berwarna hijau yang bisa terbang dan sangat kuat. Yang lebih menariknya lagi ketika Betty sempat dianggap meninggal karena radiasi gamma, dia justru kembali sebagai Red She-Hulk seperti ayahnya, kemudian mati lagi dan lagi-lagi terlahir kembali sebagai Red Harpy.

TOBA Hulk

TOBA Hulk alias The One Below All Hulk sejatinya adalah antitesis Tuhan Marvel’ The One Above All yang berhasil merebut tubuh Hulk secara paksa dari Bruce. Tinggal di tempat yang mirip seperti Neraka, villain Mahakuasa ini awalnya tidak bisa keluar, sampai akhirnya dia berhasil memancing Bruce menggunakan kekuatan Green Door yang pada dasarnya membuat para Hulk abadi. Pada titik inilah dia membunuh Bruce dan mengambil alih tubuh Hulk, kemudian menghancurkan alam semesta dengan kekuatannya. Untungnya pada suatu titik Hulk secara ajaib bisa mengambil alih tubuhnya dan menghidupkan Bruce, sehingga mereka bisa mengalahkan TOBA dan mengembalikan semuanya seperti semula.

Maestro

Berbeda dari yang lain, Maestro bukan hanya sekadar villain yang lahir dari kekuatan Hulk, tetapi juga merupakan varian Hulk yang eksis pada masa depan yang sangat jauh. Maestro sendiri adalah contoh bagaimana jadinya jika Bruce merelakan dirinya tenggelam dalam kemarahan Hulk. Hasilnya dia menjadi sosok mengerikan yang menjadi pemimpin tiran pada masa depan, di mana dia tidak akan segan-segan memusnahkan semua yang tidak mau tunduk kepadanya, baik itu superhero maupun supervillain. Bedanya dengan Hulk, Maestro telah menyerap radiasi gamma yang lebih besar dari perang nuklir, sehingga secara kekuatan dia jauh lebih superior dari versi utamanya.

Itu dia tujuh villain yang ternyata lahir dari kekuatan gamma dan juga DNA Hulk. Seperti para superhero yang juga terlahir dengan cara yang sama, para villain ini sejatinya mempunyai kekuatan yang setara dengan Hulk, yang membedakan hanyalah penampilan dan pengalamannya semasa hidup. Untuk batas atas kekuatannya sendiri tergantung dari seberapa besar amarah dan radiasi yang didapatkan oleh para villain ini. Menurut kalian jika para villain ini diadu dalam sebuah arena colosseum, kira-kira siapa yang akan keluar sebagai pemenang tunggalnya, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.