Geeks pastinya sudah mengetahui dan memahami tentang serum tentara super atau yang biasa disebut sebagai Super Soldier Serum. Serum khusus ini merupakan elemen yang membuat Steve Rogers menjadi sosok Captain America yang kita kenal saat ini. Serum ini ditemukan saat perang dunia kedua terjadi. Tapi, tahukah Geeks jika sebenarnya serum ini memiliki peran lebih di universe lainnya?

Buat Geeks yang belum mengetahui, serum ini selain bertanggung jawab atas kelahiran Captain America, juga bertanggung jawab atas kelahiran berbagai superhero dan karakter lainnya yang ada di Ultimate Universe, sebuah universe alternatif dari Earth-616. Ultimate Universe memang merupakan sebuah universe yang kurang begitu populer, tapi universe ini justru memiliki koneksi yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari kita.

Serum pasukan super adalah salah satu bukti nyata dari hal tersebut. Serum ini lebih berpengaruh besar dibandingkan nuklir, yang selama ini selalu menjadi sumber permasalahan. Saat perang dunia kedua terjadi, Amerika sukses menciptakan dan mengembangkan serum pasukan super. Keberhasilan ini diketahui oleh pihak lainnya.

Hal tersebut kemudian menjadi pemicu negara-negara lainnya untuk mulai meniru apa yang dilakukan oleh Amerika. Bahkan, selain di luar Amerika, di dalam Amerika sendiri pun banyak laboratorium non-pemerintah yang berlomba-lomba untuk menciptakan serum yang sama. Dan di Ultimate Universe, serum ini bertanggung jawab atas kelahiran berbagai peristiwa dan karakter.

Dr. Bruce Banner, yang dalam universe ini bekerja untuk SHIELD, mencoba mencari formula yang tepat untuk menduplikasi serum pasukan super. Dengan tidak adanya Vita Rays, Banner kemudian menggunakan Gamma Rays atau sinar Gamma dan menguji cobanya kepada tubuhnya. Dan hasilnya Ultimate Hulk pun lahir.

Lab pribadi milik OsCorp juga melakukan hal yang sama. Norman Osborn berusaha untuk mereplikasi serumnya, yang kemudian dia sebut sebagai OZ Formula. Namun, usaha dari Osborn itu justru menjadi titik awal kelahiran Ultimate Spider-Man dan juga Ultimate Green Goblin, ketika Norman Osborn menguji coba serum tersebut kepada dirinya sendiri.

Lebih lanjut, Ultimate X-Men, Weapon X, dan seluruh ras mutan juga muncul atau lahir berkat respon pemerintah Kanada terhadap “perlombaan” serum pasukan super. Selain para karakter tersebut, serum ini bertanggung jawab atas kelahiran Red Skull dan juga pahlawan yang berasal dari Irak, the Colonel.

Konsep tentang serum pasukan super yang bertanggung jawab atas kelahiran berbagai superhero yang ada dan karakter lainnya, menjadi sangat menarik dan dirasa lebih masuk akal dibandingkan dengan bagaimana superhero mendapatkan kekuatan pada umumnya – misalnya dari kekuatan luar angkasa atau semacamnya.

Serum tersebut tentunya akan mendominasi untuk sektor politik dan ekonomi-sosial. Namun, perlu dicatat bahwa bukan berarti universe utama Marvel, Earth-616, tidak menarik atau ada yang salah dengan universe tersebut. Hanya saja, Ultimate Universe terbukti mampu memberikan hiburan dan dinamisme realitas yang tidak terlalu jauh dari kehidupan nyata kita. Mungkin suatu saat Marvel akan menghadirkan sebuah cerita spesial dimana Indonesia juga ikut serta berlomba untuk menemukan serum ajaib itu.