Film terbaru dari Warner Bros. yaitu The Flash akhirnya resmi tayang perdana di Indonesia dan berikut adalah penjelasan dari momen credit scene di filmnya. Setelah sempat tertunda selama beberapa lama akhirnya proyek film The Flash resmi rilis. Sebelumnya, proyek film solo dari Flash ini mengalami banyak kendala mulai dari jadwal sampai hal lainnya.

Namun, pihak Warner Bros. sendiri ternyata masih memberikan prioritas bagi film ini yang terbukti filmnya kemudian berlanjut dengan perubahan yang ada. Film The Flash juga menjadi film yang paling penting bagi DCEU apalagi setelah pihak DC Studios dan WB berencana untuk melakukan reset terhadap jagat sinematik mereka. Diketahui jika film The Flash memiliki credit scene, lalu apa artinya?

Penjelasan Credit Scene The Flash

Setelah credit title selesai, ada satu adegan tambahan yang dihadirkan dalam filmnya. Dalam adegan tersebut, diperlihatkan bagaimana Barry Allen berjalan keluar dari sebuah bar. Namun, yang menarik adalah ternyata dia tidak sendirian. Barry berjalan bersama Arthur Curry. Arthur berjalan sempoyongan akibat mabuk minuman beralkohol, yang mana Barry berusaha untuk membantunya berjalan.

Geeks tentunya mengenal sosok Arthur Curry yang merupakan nama dari Aquaman. Arthur sendiri kemudian meracau bahwa Barry Allen berasal dari timeline yang lain dan dia adalah seorang pahlawan yang berasal dari Atlantis. Yang menarik adalah ketika Arthur mabuk dia terjatuh ke sebuah kubangan air. Dia juga kemudian meminta Barry untuk membelikannya lagi bir.

penjelasan post-credit scene the flash

Arthur kemudian mengatakan jika Barry tidak punya uang dia bisa membayarnya dengan menggunakan cincin yang dia kenakan. Namun, menurut Barry, ternyata cincin itu bukanah cincin biasa. Cincin yang Arthur kenakan dan dia berikan kepada Barry ternyata adalah salah satu harta karun Atlantis. Lalu, apa arti dari adegan di credit scene tersebut?

Berdasarkan adegan itu artinya Barry Allen tidak berada di universe atau timelinenya yang asli. Dan di sisi lain juga, apa yang Barry lakukan sebelumnya tidak justru tidak mengembalikan apa pun dan tetap merubah alurnya. Apa yang Barry lakukan, seperti mengalahkan Dark Flash dan membiarkan dirinya yang lain tewas, malah jadi faktor utama perubahan tersebut.

Berbagai Bukti

Ada berbagai bukti dari apa efek yang Barry lakukan dengan mengubah timeline. Dalam adegan terakhir filmnya, kita melihat bagaimana Barry Allen bersuka cita dengan kebebasan ayahnya dari tuduhan pembunuhan sang istri. Setelah sidang selesai, Bruce Wayne menelpon Barry sambil memberikan semangat dengan apa yang terjadi. Dia juga menanyakan kabar dari Barry.

Namun, yang menarik adalah ketika Bruce tiba di pengadilan ternyata bukan Bruce Wayne yang diperankan oleh Ben Affleck yang muncul di filmnya. Yang muncul dalam adegan tersebut ternyata adalah Bruce Wayne yang diperankan oleh George Clooney. Sebelumnya juga di filmnya diperlihatkan bahwa akibat Barry merubah peristiwa kematian sang ibu, efeknya adalah dia menciptakan sebuah dunia yang baru.

Barry justru bertemu dengan Bruce Wayne versi Michael Keaton, dia bertemu dengan dirinya yang lain, dan Superman di dunianya bukan Kal-El melainkan Kara yaitu sepupunya. Ketika Barry berusaha untuk menghubungi ayah Arthur demi bisa meminta bantuan terhadap anggota Justice League yang lain, justru tidak ada Arthur Curry alias Aquaman di dunia tersebut.

Barry Terjebak di Multiverse DC

Meskipun adegan credit scene dalam filmnya mungkin dihadirkan hanya untuk sekedar hiburan belaka dan tidak ada informasi mengenai karakter apa pun, apalagi dengan Aquaman jadi film terakhir dari DCEU, bukan berarti tidak ada makna penting yang muncul. Barry kemungkinan saat ini berada di persimpangan waktu. Dengan kata lain kemungkinan jika Barry Allen terjebak di multiverse DCEU.

penjelasan post-credit scene the flash

Bruce Wayne versi Michael Keaton menjelaskan bahwa apa yang Barry lakukan dengan merubah timeline justru bukan menciptakan cabang timeline baru. Yang dia lakukan justru menghadirkan sebuah persimbangan. Singkatnya, apa yang Barry lakukan justru menciptakan multiverse dengan hampir tida ada batas kemungkinan. Jadi, Barry mungkin ada di sebuah universe yang mirip dengan universenya namun ada beberapa hal yang berbeda. Contohnya Bruce Wayne ternyata bukan sosok yang dia kenal begitu juga dengan Arthur Curry, meskipun asal-usul mereka mungkin sama.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.