Aquaman and the Lost Kingdom adalah salah satu film terakhir dari era DC Extended Universe yang dijadwalkan untuk tayang pada akhir tahun ini. Bertindak sebagai sekuel langsung dari film pertamanya yang rilis tahun 2018, Aquaman 2 akan menceritakan upaya Arthur Curry dari Jason Momoa dalam melindungi Atlantis dari kehancuran karena kekuatan kuno misterius tiba-tiba terlepas di lautan. Menurut sutradara James Wan sendiri dengan premis ini film Aquaman 2 sengaja diciptakan agar lebih selaras dengan reboot DC Universe ke depannya.

Pertama kali diumumkan tidak lama setelah film pertamanya rilis, Aquaman 2 telah melalui tahap pengembangan, produksi, dan promosi yang cukup rumit. Mulai dari kontroversi Amber Heard yang akan kembali mengulang perannya sebagai Mera, sampai perombakan besar-besaran jagat sinema DCEU yang dipastikan akan segera di-reboot oleh DC Studios. Seperti dugaan banyak penggemar, semua permasalahan yang menerpa proyek James Wan ini akhirnya benar-benar berimbas pada keseluruhan cerita Aquaman 2.

Dalam sebuah pembicaraan terbarunya dengan The Hollywood Reporter, sutradara James Wan mengungkapkan bahwa dia telah melakukan banyak penyesuaian agar film Aquaman 2 bisa selaras dengan perubahan jagat sinema DC Universe. “Selama ini saya harus melakukan banyak penyesuaian. Khususnya karena DCU telah melalui banyak versi berbeda. Dan salah satu hal yang menantang dari film ini adalah membuatnya tetap berada dalam jalur yang sedang berlangsung,” ungkapnya.

Meskipun tidak mengonfirmasi secara langsung bahwa filmnya akan menjadi bagian dari reboot DC Universe mendatang, Wan merasa dirinya memang perlu melakukan banyak penyesuaian. “Semesta Aquaman sangat terpisah dari dunianya. Kami punya banyak kerajaan bawah laut yang beragam, di mana itu semua tidak terhubung dengan peristiwa dan karakter di film lain. Jadi cerita saya tidak terlalu terpengaruh sekaligus memerhatikan apa yang akan terjadi selanjutnya,” tambah Wan.

Untuk sekarang masih belum diketahui apakah benar Aquaman 2 akan menjadi bagian dari jagat sinema baru DC Universe nantinya. Yang jelas menurut pernyataan Wan ini bisa kita simpulkan bahwa dia telah mempersiapkan Aquaman 2 untuk segala kemungkinannya. Entah itu akan menjadi akhir waralabanya atau terus berlanjut di rumah baru yaitu DC Universe yang akan segera di-reboot oleh DC Studios. Film Aquaman 2 sendiri dijadwalkan untuk tayang perdana pada tanggal 20 Desember 2023.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.