Pada tahun 2021, untuk pertama kalinya aktor legendaris Michael Keaton diumumkan akan kembali sebagai Bruce Wayne alias Batman di film The Flash. Keaton sendiri pertama kali memerankan sang Caped Crusader di film Batman dan Batman Returns garapan sutradara Tim Burton pada tahun 1989 dan 1992 secara berurutan. Kembalinya Keaton sebagai Batman ini dianggap sebagai momen yang paling diantisipasi dalam dunia perfilman superhero. Nah sebelum melihat comeback-nya di film The Flash nanti, berikut ini adalah sepuluh fakta menarik tentang Batman Keaton yang perlu kita tahu, Geeks!

Batman Paling Berumur Panjang

10 Fakta Batman Keaton di Film The Flash!

Dari sekian banyak Batman live action, bisa dibilang versi Michael Keaton adalah yang paling berumur panjang. Karena jika kita hitung sejak debutnya di film pertama, kemudian sempat kembali dua tiga tahun kemudian di Batman Returns, sang Caped Crusader yang diperankan Keaton telah eksis selama kurang lebih 34 tahun. Di mana Batman Keaton akan kembali di film The Flash yang akan tayang pada tahun ini. Jika dibandingkan Batman veteran lainnya yang belum mendapatkan kesempatan comeback, dia adalah versi yang punya lebih banyak jam tayang.

Inkarnasi Pertama Dengan Bat-Voice

10 Fakta Batman Keaton di Film The Flash!

Bat-voice adalah istilah yang sering dipakai oleh penggemar DC untuk menggambarkan perubahan suara yang dilakukan oleh Bruce Wayne agar tidak dikenali sebagai Batman. Jauh sebelum Batman Christian Bale dan Ben Affleck melakukan bat-voice dengan modulator suara, Batman Keaton adalah pionirnya. Bahkan sebelum Kevin Conroy mengadaptasinya di berbagai tayangan animasi, Keaton adalah aktor pertama yang melakukannya di depan kamera. Dengan suara yang lebih berat, bat-voice ini menjadikan Batman sangat mengintimidasi bagi lawannya. Meskipun tidak seberat inkarnasi pertama, tampaknya Batman Keaton juga akan kembali dengan bat-voice di film The Flash nanti.

Mempopulerkan Frasa ‘I Am Batman’

10 Fakta Batman Keaton di Film The Flash!

Selain dikenal sebagai Batman pertama yang menggunakan bat-voice, versi Michael Keaton ini juga adalah inkarnasi yang berhasil mempopulerkan frasa ‘I Am Batman’. Pertama kali diucapkan dengan nada yang mengintimidasi dan penuh percaya diri di film pertamanya, sampai hari ini frasa tersebut sangat menempel pada Batman Keaton dan pernah dipakai juga oleh versi lainnya seperti Batman Christian Bale di The Dark Knight. Menariknya, dalam dialog aslinya sebenarnya Keaton dimaksudkan untuk mengatakan ‘I Am Night’, tetapi malah mengatakan frasa ikonis tersebut dan akhirnya terkenal sampai hari ini.

Lebih Kalem dari Batman Lainnya

Ketika berbicara tentang karakter Batman, baik di komik maupun film kita mungkin akan langsung ingat pada sosok kelam yang lahir karena rasa bencinya terhadap kejahatan. Berbeda dari inkarnasi lainnya, Batman Keaton yang akan comeback di The Flash nanti justru dikenal sebagai versi yang lebih kalem dan sedikit kelam. Di film pertamanya dia bahkan tidak ragu berbicara kepada musuhnya saat tengah bertarung, di mana dia juga sering mengeluarkan dialog yang ringan dan cenderung jenaka. Hal ini membuatnya seperti versi bermasalah Spider-Man di Marvel Universe. Walaupun begitu setiap serangan Batman Keaton masih tetap mematikan bagi musuh-musuhnya.

Tidak Menganut No Kill Rule

Sejak debutnya pada tahun 1989, Batman Keaton sudah menunjukkan sisi kejamnya sebagai superhero yang tidak ragu menggunakan kekerasan ketika menghadapi Jack Napier alias Joker dan para anak buahnya yang mengancam Gotham. Sebelum kembali di film The Flash, Batman Keaton pernah terlihat menggunakan Batmobile dan bahan peledak mematikan untuk menghadapi anak buah Joker dan juga antek Penguin di kedua film solonya. Di mana itu semua dia lakukan dengan sengaja dan dalam keadaan sadar. Sejauh ini sang Caped Crusader yang diperankan oleh Michael Keaton ini tercatat telah membunuh banyak kriminal, termasuk Joker dan Penguin.

Punya Kostum yang Ribet

Seperti yang kita tahu bersama, saat melakukan debutnya di film pertama Batman versi Keaton ini mempunyai kostum yang sangat kaku. Di mana bagian topengnya memanjang sampai bahu, membuatnya seakan terlihat kesulitan untuk melirik, geleng-geleng, dan mengangguk. Keaton sendiri pernah mengatakan bahwa saat mengenakan kostum di kedua film perdananya dia akan menahan diri untuk tidak buang air karena kostumnya memang tidak dilengkapi ritsleting untuk melakukan hal itu. Untungnya sekarang kostum di The Flash sengaja dibuat lebih manusiawi sehingga Keaton bisa pergi ke toilet kapan saja saat tengah berada di lokasi syuting.

Eksis di Berbagai Semesta

Selain dipastikan akan kembali sebagai versi alternatif di film The Flash, Batman dari Michael Keaton ini sebenarnya pernah muncul juga di berbagai kisah DC lainnya. Misalnya di Detective Comics #682 yang rilis tahun 1995, di mana Batman di semestanya diperlihatkan punya kostum serba hitam yang sama seperti versi Keaton. Kostum serupa juga pernah diperlihatkan di Batman/Superman: World’s Finest dengan sedikit perubahan minor. Batman Keaton pernah juga terlihat di headline sebuah koran dalam cerita Arrowverse. Selain itu sudah menjadi rahasia umum bahwa film solo pertama dan keduanya merupakan bagian dari semesta Superman versi Christopher Reeve.

Batman yang Sudah Pensiun

Berdasarkan deskripsi resmi dari merchandise The Flash, terungkap bahwa Batman dari Michael Keaton ini sebenarnya sudah pensiun sebelum Barry dari DCEU datang ke semestanya. “Ketika Barry Allen tiba di semesta alternatif tahun 2013, dia langsung mencari bantuan ahli dari teman sekaligus mentornya Bruce Wayne. Namun yang dia temukan di semesta yang berbeda ini justru versi lebih tua yang sudah lama pensiun dari tugasnya sebagai pelindung Kota Gotham,” deskripsi McFarlane Toys untuk merchandise The Flash. Itu artinya di The Flash nanti mugnkin Kota Gotham sudah relatif lebih aman.

Hampir Comeback di Film Batgirl

The Flash sebenarnya bukan film pertama yang akan menandai comeback Batman Keaton di jagat sinema DC Universe. Sebelumnya Michael Keaton sempat dimaksudkan untuk kembali tampil sebagai Batman di film Batgirl yang dibatalkan. Di mana dia akan bertindak sebagai mentor Batgirl yang berusaha membantunya dalam melindungi Kota Gotham. Sayangnya film yang tadinya akan tayang di saluran streaming HBO ini akhirnya dibatalkan oleh Warner Bros tidak lama setelah produksinya rampung.

Punya Peran Besar di The Flash

Terlepas dari lika-liku yang harus dihadapi karakternya, Batman Keaton ini sudah dipastikan akan memainkan peran penting di film The Flash nanti. Di mana dia memutuskan untuk kembali menjadi superhero setelah mengetahui ada sebuah ancaman baru yang mengancam dunia, yaitu invasi alien Kryptonian yang dipimpin oleh General Zod. Bersama Barry utama dan Barry muda, Batman Keaton akan mencari ‘Superman’ di semestanya yang tidak lain adalah Supergirl. Mereka semua lantas akan bekerja sama sebagai sebuah tim yang harus melindungi Bumi dari Zod dan para anteknya.

Itulah sepuluh fakta menarik sekaligus unik dari Batman Keaton yang akan segera kembali di film The Flash. Berbekal semua fakta ini tidak aneh jika Batman Keaton menjadi salah satu versi live action sang Caped Crusader yang disukai oleh banyak orang. Bahkan saat sang aktor sudah berusia lebih dari 70 tahun, aksinya sebagai Batman selalu dinantikan oleh para penggemar setia DC. Bagiamana dengan kalian, Geeks? Jangan lewatkan aksinya di film The Flash yang akan tayang perdana di bioskop pada tanggal 16 Juni 2023 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.