Kematian dari sosok Gol D. Roger pada 24 tahun sebelum cerita utamanya dimulai menjadi salah satu momen yang sangat bersejarah dalam seri One Piece. Sang raja bajak laut sudah menjalani kehidupannya dengan semaksimal mungkin. Dia berhasil mengeksplor atau mengunjungi seluruh wilayah di Grand Line, menemukan harta karun legendaris One Piece, dan menjadi bajak laut dengan nilai buruan paling besar dalam sejarah yaitu 5,564,800,000 Belly.

Namun, saat mengetahui bahwa Roger mengidap penyakit yang tidak bisa disembuhkan, dan menyadari bahwa semua tujuan hidupnya sudah tercapai, akhirnya dia memutuskan untuk menyerahkan diri. Roger menyerahkan diri kepada pihak angkatan laut yang mana kemudian dia mendapatkan hukuman mati dengan cara dipenggal. Proses eksekusinya sendiri terjadi di tempat kelahirannya, Loguetown.

Sebelum kematiannya, Roger sempat mengucapkan kalimat terakhirnya yang mana perkataan Roger tersebut menjadi awal mulai era keemasan dari bajak laut. Dalam momen eksekusi mati Roger tersebut ada banyak nama-nama yang muncul dan menyaksikan proses eksekusinya. Dan saat ini, mereka menjadi sosok yang berpengaruh di dunia. Siapa saja?

BACA JUGA: One Piece: Ini Buah Iblis Ketiga Blackbeard?

Mereka yang Muncul di Eksekusi Roger

Pemerintah Dunia pada awalnya memiliki harapan bahwa proses eksekusi Roger di hadapan orang banyak akan menjadi cara untuk menghentikan era bajak laut. Namun nyatanya, berkat perkataan Roger sebelum dia tewas justru hal itu menjadi pemicu munculnya era baru bajak laut. Banyak bajak laut muda atau sosok penting yang muncul dalam proses eksekusi Roger tersebut.

Mereka seolah sedih dan terkejut melihat bagaimana sosok bajak laut paling hebat di dunia harus berakhir di tangan dua orang algojo. Berikut adalah nama-nama yang muncul di Loguetown dan menyaksikan proses eksekusi Roger:

  • Shanks
  • Buggy
  • Dracule Mihawk
  • Crocodile
  • Donquixote Doflamingo
  • Gecko Moria
  • Monkey D. Dragon
  • Smoker

BACA JUGA: 3 Film Baru Teenage Mutant Ninja Turtles!

Mengingat momen tersebut terjadi pada 24 tahun yang lalu, ada perbedaan yang sangat jelas dari penampilan para karakter yang menghadiri proses eksekusi tersebut. Sebagian besar dari mereka nampak masih sangat muda, seperti Shanks dan Buggy, yang usianya mungkin masih belasan atau awal 20an. Sementara, karakter lainnya masih belum memiliki apa yang kemudian menjadi ciri khasnya. Contohnya:

  • Shanks menutup wajahnya akibat sedih melihat kaptennya tewas. Dan saat itu, Shanks nampak masih sangat muda dan masih belum memiliki bekas luka. Pasca proses eksekusi, dia sempat mengajak Buggy untuk bergabung dengan krunya.
  • Buggy nampak masih menggunakan bandana, dan menggunakan pakaian yang dia kenakan saat masih menjadi kru dari Roger. Dia masih belum menggunakan pakaian badut yang menjadi ciri khasnya.
  • Dracule Mihawk juga masih sangat muda saat itu, sehingga dia masih belum memiliki janggut seperti yang kita ketahui sekarang.
  • Oda tidak memperlihatkan bagian depan wajah dari Crocodile, sehingga kita tidak tahu apakah dia sudah memiliki bekas luka di wajahnya. Namun, dia memiliki ciri khas rambutnya yang tertata rapih.
  • Donquixote Doflamingo nampak masih memiliki rambut yang panjang dan memiliki kacamata di kepalanya.
  • Gecko Moria masih muda dan tubuhnya masih kurus serta memiliki dagu yang runcing.
  • Monkey D. Dragon masih belum memiliki tato di wajahnya yang menjadi ciri khasnya.
  • Sementara itu, usia Smoker masih sangat kecil. Namun, dia sudah memiliki rambut putih yang seperti kita ketahui sekarang.

Mereka Berubah Menjadi Sosok Penting

Pasca kematian Roger, banyak bajak laut muda yang kemudian berusaha untuk mengikuti jejak Roger. Tidak terhitung berapa banyak orang atau bajak laut yang sudah berlayar ke lautan berkat perkataan Roger. Termasuk juga para karakter di atas yang pastinya kematian Roger tersebut memberikan dampak yang sangat besar dalam hidup mereka dan memengaruhi karir mereka.

Seiring berjalannya waktu, para karakter di atas yang menyaksikan proses eksekusi Roger saat ini berhasil menjadi sosok yang signifikan atau penting dalam ceritanya:

  • Shanks berubah menjadi salah satu penguasa samudra alias Yonko dan menjadi pemimpin dari sebuah kelompok bajak laut yang sangat kuat di lautan.
  • Buggy berhasil menjalani kehidupannya dengan penuh kejutan besar. Setelah dia kalah dari Luffy dan menjadi tahanan Impel Down, dia kemudian menjadi bagian dari Shichibukai. Dan yang paling baru adalah bagaimana Buggy menjadi Yonko baru.
  • Dracule Mihawk berubah menjadi sosok ahli pedang terbaik di dunia. Bahkan, dia sempat menjadi rival dari sosok Shanks. Saat ini, dia berada di satu kelompok dengan Buggy dan Crocodile.
  • Crocodile sendiri mengawali kariernya sebagai penjahat besar di Alabasta. Dia mengincar Pluton, dan merupakan mantan Shichibukai. Crocodile pun merupakan otak dari terbentuknya organisasi Cross Guild.
  • Donquixote Doflamingo juga berubah menjadi sosok jahat, di mana dia kemudian menguasai dunia kriminal di seri One Piece. Namun, Luffy kemudian berhasil mengalahkannya dan dipenjara di Impel Down. Dofy sendiri saat ini menyimpan rahasia besar milik kaum naga langit.
  • Gecko Moria pun merupakan mantan Shichibukai yang memberikan kutukan kepada negara Wano. Hal ini terjadi setelah dia mencuri pedang suci Shisui dari makam Ryuma.
  • Monkey D. Dragon saat ini memiliki jabatan sebagai pemimpin Pasukan Revolusi, yang memiliki misi membantu berbagai wilayah keluar dari belenggu Pemerintah Dunia. Dan yang luar biasa adalah saat ini dia merupakan sosok yang paling buron di seluruh dunia.
  • Smoker sendiri tumbuh menjadi salah satu angkatan laut yang hebat dan tangguh. Dialah yang pertama kali menghadapi Luffy di Loguetown. Saat ini, jabatannya adalah wakil admiral. Meskipun dia adalah angkatan laut, namun dia menaruh hormat terhadap Luffy.

Media Belajarku: Profil Pemimpin Kelompok Revolusioner "Monkey D Dragon"

BACA JUGA: Bintang Iron Man 3 Kembali di MCU!

Sejauh ini, Luffy sudah menjalin hubungan dan memiliki interaksi yang signifikan dengan semua orang yang ada di dalam daftarnya. Mungkin, ada maksud atau arti mengapa kemudian Oda mempertemukan Luffy dengan orang-orang yang hadir dalam proses eksekusi Roger tersebut. Apa kira-kira maksud dari hal ini? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.