Film adaptasi Teenage Mutant Ninja Turtles (TMNT) pertama kali tayang dibioskop pada tahun 1990, dan mampu meraup pendapatan box office sekitar 200 juta dollar di seluruh dunia. Film tersebut lalu memperoleh dua sekuel selanjutnya yakni Teenage Mutant Ninja Turtles II: The Secret of the Ooze (1991), dan Teenage Mutant Ninja Turtles III (1993).

Setelah “mati suri” cukup lama, franchise TMNT muncul kembali dengan format reboot di tahun 2014 lalu. Michael Bay memproduseri projek tersebut, dan mengajak nama-nama popular seperti Megan Fox, Will Arnett serta William Fichtner. Bay berserta dengan sutradara Jonathan Liebesman cukup baik menghidupkan kembali franchise ini dengan menghasilkan 493 juta dollar di box office.

Sekuel kedua dalam reboot ini, Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows (2016), sayangnya tampil kurang mengesankan, dan mengakibatkan angsuran ketiga batal diker jackanape. Walaupun begitu, projek TMNT ternyata tidak berhenti disitu saja, dan para penggemar tidak harus menunggu terlalu lama untuk kembali melihat aksi dari kelompok Kura-Kura Ninja ini.

BACA JUGA: Inikah kemunculan Balrog di Ring of Power?

Projek Teenage Mutant Ninja Turtles akan kembali ke bioskop dengan sejumlah reboot yang berbeda. Selain itu, ada juga film spin-off yang bakal melibatkan karakter villain dalam franchise TMNT. Nah, seperti apakah projek terbaru dari Teenage Mutant Ninja Turtles ini, berikut adalah ulasannya.

Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem

Aktor sekaligus pembuat film, Seth Rogen, sedari tahun 2021 telah memberitahu penggemar lewat akun twiiter miliknya bahwa ia sedang memproduksi film animasi Teenage Mutant Ninja Turtles terbaru. Rumah produksi Paramount Pictures kemudian mengonfirmasi jika Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem akan rilis pada 4 Agustus 2023 mendatang.

3 Film Baru Teenage Mutant Ninja Turtles!, Greenscene

Tetapi, sampai sekarang masih belum diketahui premis ceritanya, namun pada projek ini, Rogen yang bertindak sebagai produsernya bakal berfokus dan mengeksplorasi sisi remaja dari setiap karakter utamanya. Karakter ikonik Kura-Kura Ninja seperti Leo, Raph, Mikey, dan Donnie, dipastikan akan muncul di film animasi ini.

BACA JUGA: Kematian Superhero Paling Monumental di DC

Spin-Off Villain TMNT

Film Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem direncanakan bakal menjadi pembuka untuk membuat beberapa projek spin-off berdasarkan sejumlah villain dalam jagat TMNT. Pada dunia TMNT ini, terdapat sejumlah karakter villain yang cukup ikonik seperti Shredder, pemimpin Foot Clan dan merupakan master Ninjitsu, Krang, panglima perang dari spesies alien, Bebop, seorang manusia yang berubah menjadi babi hutan mutan, dan Rocksteady, seorang manusia yang bertransformasi menjadi mutan badak hitam.

3 Film Baru Teenage Mutant Ninja Turtles!, Greenscene

Selain itu, ada juga Baxter Stockman, seorang ilmuwan cerdas yang bernasib sial karena dirubah oleh Krang menjadi lalat mutan. Dengan latar belakang yang seperti itu, mereka tentunya memiliki kisah yang cukup menarik untuk diadaptasi lebih jauh lagi, dan membuat semesta TMNT semakin lebih luas hingga berkembang.

Meskipun projek ini nampak menjanjikan, belum ada rincian terbaru tentang rencana spin-off dari TMNT. Tetapi di lain sisi, potensi untuk membuat Turtleverse ke dalam lanskap yang jauh lebih besar sangat terbuka lebar di waktu yang akan datang.

Reboot Teenage Mutant Ninja Turtles Dari Paramount

Sekuel dari film Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows (2016) sudah pasti tidak akan pernah dibuat lagi. Tetapi, Michael Bay, selaku produsenya, masih mempunyai kontrak pada franchise TMNT di Paramount Pictures, dan ia dikabarkan akan terlibat dalam reboot terbaru. Pada tahun 2018 lalu, Paramount mengumumkan bahwa aktor Colin Jost (Saturday Night Live), dan produser Casey Jost (Impractical Jokers), akan menulis naskahnya.

3 Film Baru Teenage Mutant Ninja Turtles!, Greenscene

Sayangnya, karena alasan tertentu pengerjaan itupun tertunda, dan belum ada kabar terbaru tentang film Teenage Mutant Ninja Turtles dari mereka. Projek reboot tersebut tidak sepenuhnya dibatalkan, dan nampaknya masih berada dalam proses pengembangan. Paramount sepertinya untuk sementara waktu lebih berfokus pada TMNT: Mutant Mayhem garapan Rogen di tahun 2023 mendatang. Setelah itu, projek reboot baru karya Jost bersaudara kemungkinan bakal segera diproses lebih lanjut.

Dari dua projek TMNT yang saat ini sedang direncanakan, Mutan Mayhem memang berjalan lebih pasti, dan telah memiliki tanggal perilisannya. Walaupun dua projek tersebut masih belum pasti, tetapi para penggemar bakal mendapatkan sesuatu yang baru dari jagat TMNT lewat eksplorasi karakter yang berbeda, dan juga segar dari projek spin-off mendatang. Kita tunggu saja Geeks kabar terbaru dari projek Teenage Mutant Ninja Turtles ini!