Pasukan angkatan laut sepertinya benar-benar akan menyapu bersih para mantan Shichibukai seperti halnya para bajak laut lain. Hal ini terjadi dalam bocoran untuk chapter terbaru serinya. Dalam salah satu poin bocoran yang beredar di media sosial, terungkap bahwa angkatan laut tiba di pulau Amazon Lilly. Pasukan yang Koby pimpin ini membawa senjata dahsyat.

Mereka ternyata membawa serta teknologi terbaru mereka berupa Pacifista, dengan desain dan model terbaru. Pacifista ini merupakan hasil rancangan dan pengembangan dari organisasi milik angkatan laut yaitu Special Science Group atau yang biasa kita kenal dengan sebutan SSG. Lalu, apa sebenarnya SSG? Bagaimana perannya di akhir seri ini?

BACA JUGA: Penampakan Perdana Pinhead di Hellraiser Reboot!

Mengenal SSG

SSG merupakan ciptaan Dr. Vegapunk, sosok yang paling jenius dalam cerita One Piece. Kelompok ini sengaja dibentuk untuk menggantikan posisi Shichibukai sebagai salah satu kekuatan terbesar dalam serinya. Untuk saat ini, sayangnya, tidak banyak yang bisa kita ketahui tentang organisasi SSG.

Meskipun begitu, menurut Fujitora dan Brannew, kelompok ini memiliki cukup kekuatan untuk menggeser para Shichibukai. Artinya, SSG sangatlah dahsyat dalam masalah kekuatan. Sejak pertama kali SSG direferensikan atau disebut dalam cerita, para fans sendiri sudah sangat penasaran dengan kemunculan dan juga aksi para ilmuwan tersebut sampai kemudian kita akhirnya melihatnya di chapter 1059 ini.

What do you think are SSG going to be in the world of one piece? What theories are you standing by? - one piece (manga)

Selain Vegapunk, masih belum ada informasi apakah ada ilmuwan lainnya yang bekerja untuk SSG. Namun, kemungkinan besar selain mengembangkan Pacifista mereka juga mengembangkan berbagai teknologi dahsyat lainnya. Misalnya, mereka mengembangkan teknologi untuk berbagai senjata baru angkatan laut. Atau teknologi yang mereka gunakan di lautan.

Ada kemungkinan bahwa semua proyek yang yang dikerjakan oleh SSG, merupakan kulminasi atau puncak dari hasil penelitian dan pekerjaanya selama ini. Dr. Vegapunk mungkin sudah menemukan cara untuk bisa memasukan DNA dari pengguna buah iblis untuk dimasukan ke versi baru Pacifista, di mana hal tersebut akan membuat Pacifista nantinya bisa menggunakan atau memiliki kekuatan buah iblis.

BACA JUGA: Siapa Sosok Misterius di Rings of Power?

Hal ini tentunya akan membuat Pemerintah Dunia dan angkatan laut semakin menjadi kekuatan yang tidak tergoyahkan. Berdasarkan hal itu, ada kemungkinan bahwa kelompok SSG sudah mengumpulkan sampel DNA dari para pengguna buah iblis dan juga para tahanan yang kuat di Impel Down. Contoh karakter yang mungkin DNA-nya menjadi sumber uji coba tersebut adalah Sakazuki, Smoker, Sengoku, Magellan, Doflamingo, Kizaru, dan beberapa nama lainnya.

Peran SSG Kedepannya

Chapter 1059 ini sepertinya akan menjadi petunjuk pertama dari kemunculan SSG dalam ceritanya, dengan memperlihatkan Pacifista hasil pengembangan mereka. Dengan cerita One Piece yang akan selesai dalam beberapa tahun kedepan, rasanya masuk akal dan wajar jika kemudian SSG juga akan memiliki peran penting kedepannya. Apalagi, mereka adalah “tulang punggung” kekuatan angkatan laut.

The Explanation about SSG, the System that is Assumed to Replace Shichibukai in One Piece! | Dunia Games

Setelah Pacifista, tentunya menarik untuk melihat kreasi atau hasil pengembangan apa lagi yang akan muncul. Selain memperkenalkan berbagai hasil pengembangan mereka, dengan Oda yang mulai menghadirkan dan memperkenalkan SSG kepada para fans artinya kita pun sudah mulai semakin dekat dengan pengungkapan fakta mengenai sosok atau rupa dari Vegapunk.

BACA JUGA: Simak Deleted Scene di Thor: Love & Thunder!

Seperti halnya beberapa karakter dalam ceritanya, misalnya Im, sampai saat ini kita masih belum mengetahui seperti apa rupa dari Vegapunk. Oda memang sepertinya menunggu momen atau waktu yang pas untuk memperkenalkan sang ilmuwan jenius, seperti momen memperkenalkan Aramaki pasca arc Wano. Kita nantikan saja ya Geeks debut kemunculan Vegapunk secara fisik dalam cerita One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.