Dua episode perdana serial The Lord of the Rings: The Rings of Power baru saja tayang pada tanggal 2 September kemarin di Indonesia. Serial prekuel yang berlangsung pada Zaman Kedua ini telah berhasil melebihi ekspektasi penggemar dengan jajaran pemeran, kualitas CGI, dan juga plot ceritanya yang apik. Fokus cerita dari The Rings of Power sendiri adalah tentang kebangkitan Sauron sebagai Dark Lord baru setelah kekalahan Melkor alias Morgoth di Middle-Earth.

Ada banyak sekali hal menarik sekaligus misterius yang telah diperlihatkan di dua episode perdananya, salah satunya adalah kemunculan pria paruh baya yang jatuh dari langit. Tidak ada satu pun orang di Middle-Earth yang tahu siapa sebenarnya pria misterius ini, begitu juga dengan para penggemar. Sambil menunggu pengungkapan yang sebenarnya, kali ini mari kita coba tebak siapa sebenarnya sosok ‘pria meteor’ tersebut. Apakah dia orang baik atau justru orang jahat yang akan membawa petaka di Middle-Earth?

Apakah Diamond Dark Lord Sauron?

Seperti yang sudah kita singgung di atas, Sauron adalah sosok yang akan menjadi antagonis utama di serial The Rings of Power. Di novel asli karya J.R.R. Tolkien, Sauron memang sempat menghilang sementara setelah Zaman Pertama berakhir dengan kekalahan Morgoth. Ceritanya yang paling populer pada Zaman Kedua adalah dia menyamar sebagai seorang elf bernama Annatar untuk menciptakan Power Rings dan juga One Ring sebagai pengendali dari semua cincin saktinya. Jika dia bisa menyamar sebagai seorang elf, bukan tidak mungkin dia juga bisa muncul sebagai ‘pria meteor’.

Di poster promosi The Rings of Power sebelumnya, pria misterius ini juga bisa kita lihat sedang memegang apel, buah yang sering menjadi lambang pengkhianatan di Alkitab. Berdasarkan hal tersebut bukan tidak mungkin nantinya dia akan mengkhianati Nori (Markella Kavenagh) dari Harfoot yang pertama kali menemukannya, atau bahkan mengkhianati para manusia di Middle-Earth secara keseluruhan. Petunjuk lainnya yang menguatkan sosoknya sebagai Sauron bisa kita lihat di bekas ledakan meteor saat dia mendarat. Di mana bentuknya mirip seperti mata api Sauron pada Zaman Ketiga.

Apakah Dia Gandalf the Grey?

Selain Sauron, kandidat lainnya yang kemungkinan akan menjadi jati diri dari pria meteor tersebut adalah Gandalf the Grey. Petunjuknya dapat kita lihat dari perawakannya yang tinggi besar, penuh dengan berewok, dan juga mempunyai kekuatan sihir. Apalagi yang pertama kali menemukannya adalah salah satu leluhur Hobbit. Di trilogi LOTR, Gandalf yang diperankan oleh Ian McKellen adalah sosok penyihir sakti yang membantu Middle-Earth dalam mengalahkan Dark Lord Sauron. Kemunculannya pada Zaman Kedua secara tidak langsung dapat menjadi daya tarik dari The Rings of Power.

Faktanya, di novelnya sendiri Gandalf memang bukan sosok yang sejak awal adalah seorang penyihir. Sejatinya dia adalah seorang Maiar, ras surgawi yang membantu Valar membentuk dunia. Dengan nama awal Olorin, dia ditunjuk untuk menjadi salah satu Istari, penyihir baik Middle-Earth yang mempunyai penampilan seperti pria paruh baya. Jika meteor adalah personifikasi kemunculan seorang Istari di Middle-Earth, bukan tidak mungkin dia adalah Gandalf yang memang mempunyai kemampuan memanipulasi api. Yang nantinya akan membimbing makluk Middle-Earth dalam melawan Sauron.

Jika Bukan Sauron atau Gandalf, Lantas Siapa?

Penggemar setia LOTR pasti tahu bahwa selain Gandalf the Grey, setidaknya ada empat Istari lain yang dikirim ke Middle-Earth. Mereka adalah Saruman the White, Radagast the Brown, serta dua Istari the Blue yang bernama Alatar dan Pallando. Jika pria meteor bukan Sauron atau Gandalf, mungkin dia adalah salah satu dari Istari lain. Yang jelas tindak mungkin Saruman karena dia baru tiba di Middle-Earth pada Zaman Ketiga. Radagast juga tidak mungkin karena sejak awal dia sudah memutuskan untuk fokus pada kehidupan tanaman dan hewan di Middle-Earth, bukan makhluk lainnnya.

Itu artinya pria meteor tersebut adala kemungkinan adalah salah satu Istari the Blue yang memang tiba lebih dahulu dari Gandalf dan Radagast. Jika benar, pria meteor tersebut adalah Alatar atau Pallando the Blue, sepertinya pengungkapan karakternya nanti akan menjadi sangat menarik. Karena kita akhirnya bisa lebih mengenal siapa Istari the Blue yang memang sejak awal sangat misterius. Dari semua kandidat ini, menurut kalian siapa sebenarnya pria meteor tersebut? Semoga saja kebenarannya segera terungkap di The Rings of Power episode selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.