Shanks si Rambut Merah merupakan salah satu penguasa samudra alias Yonko dalam cerita One Piece. Seperti halnya para Yonko lain, Shanks juga merupakan karakter yang misterius. Yang unik juga adalah Shanks merupakan karakter yang paling awal muncul di ceritanya. Selain itu, meskipun sangat jarang sekali muncul dia merupakan salah satu karakter yang paling populer.

Berbicara mengenai sosok Shanks dan kelompoknya, ada banyak hal yang menarik yang membedakannya dengan para kru bajak laut lainnya khususnya para Yonko lain. Misalnya seberapa besar kekuatan kru yang dimiliki oleh Shanks. Jika biasanya Yonko memiliki banyak armada dan divisi, Shanks justru hanya memiliki satu kapal saja. Dan krunya pun tidak terlalu banyak.

Yang juga luar biasa adalah bagaimana Shanks merupakan salah satu sosok terkuat di serinya. Hal ini bisa kita lihat di chapter kemarin, di mana dia memperlihatkan kemampuan Conqueror Hakinya yang sangat luar biasa. Kekuatan tersebut bahkan membuat seorang admiral tidak berdaya. Belum lagi kita mengetahui kekuatan Shanks lainnya di chapter-chapter yang lain.

BACA JUGA: Avengers yang Paling Ditakuti Kang the Conqueror!

Selain kemampuan Haki, Shanks juga terkenal sebagai sosok yang ahli dalam menggunakan pedang. Dia merupakan salah satu ahli pedang terkuat, di mana dia merupakan rival abadi dari Mihawk. Dengan kombinasi tersebut wajar jika kemudian dia menjadi salah satu karakter terkuat di dunia. Namun, apakah Shanks tidak memiliki kelemahan?

Kelemahan Terbesar Shanks di One Piece?

Untuk saat ini, masih sulit menerka apa yang menjadi kelemahan besar dari Shanks. Dia memiliki keunggulan dari segala sisi. Dari segi fisik, Shanks memang tidak memiliki kekuatan fisik yang besar seperti pengguna buah iblis Zoan. Namun, terbukti dia mampu menandingi kekuatan Whitebeard atau bahkan Kaido. Shanks memang tidak memiliki kekuatan buah iblis.

Namun, dia memiliki kekuatan Haki yang sangat dahsyat yang bahkan menjadikannya salah satu pengguna Haki terkuat di dunia. Inilah mengapa kemudian muncul asumsi bahwa dia tidak memiliki kelemehan di hampir setiap sisi. Meskipun begitu, pasti ada sedikit celah untuk kemudian bisa mengalahkan Shanks yang mana menjadi titik lemahnya.

BACA JUGA: Marvel’s Spider-Man 2 Hadirkan Mode Co-Op?

Apa buktinya? Bagaimana Blackbeard mampu melukai wajah Shanks mengindikasikan bahwa dia pun bisa terluka. Tetapi, hal ini pun memancing pertanyaan besar para fans. Apa yang kemudian penyebab Blackbeard mampu melukai Shanks? Apakah kemampuan Haki Blackbeard? Atau justru kemampuan buah iblis Yami Yami miliknya?

Dari dua kemampuan tersebut, rasanya yang paling logis adalah kemampuan buah iblis Yami Yami dari Blackbeard. Sejauh ini, Oda belum pernah memperlihatkan bagaimana Blackbeard memiliki kekuatan Haki. Yang sering dia perlihatkan adalah kemampuan buah iblis Yami Yami miliknya. Seperti yang kita ketahui, buah iblis Yami Yami tersebut mampu untuk menetralkan kekuatan buah iblis.

Pertanyaan besarnya kemudian bagaimana jika kemudian selain menetralkan kemampuan buah iblis, Yami Yami juga mampu menetralkan kekuatan Haki? Hal ini mungkin yang menjadi penjelasan mengapa kemudian Blackbeard bisa melukai Shanks. Karena, kemampuan Armament Haki miliknya berkurang atau menghilang akibat Blackbeard yang menetralkan kemampuannya.

BACA JUGA: Mutant Klasik ini Muncul di Trailer She-Hulk!

Kemungkinan Lainnya

Selain buah iblis Yami Yami, spekulasi lainnya yang mungkin menjadi kelemahan dari Shanks adalah kehilangan lengan kirinya. Dalam serinya, kita mengetahui bahwa meskipun Shanks kehilangan lengan kirinya hal tersebut tidak menjadi masalah besar. Namun, bagaimana jika sebenarnya Shanks merasa kerepotan karena harus bertarung dengan satu tangan?

Selama ini, kita tidak pernah melihat bagaimana Shanks bertarung. Dia hanya muncul untuk menahan berbagai serangan seperti yang dia lakukan terhadap Whitebeard dan Sakazuki (serta Kaido). Tetapi, bisa saja dia merasa kesulitan untuk melakukan itu semua. Apalagi, jika kemudian dia harus melawan sosok kuat seperti Luffy yang levelnya kini sudah sangat dahsyat.

BACA JUGA: Inikah Wujud Odin di God of War Ragnarok?

Dengan sedikitnya informasi yang muncul tentang Shanks di One Piece, untuk saat ini memang sulit mengetahui apa yang menjadi titik kelemahannya. Para fans hanya bisa berspekulasi terkait hal tersebut. Satu hal yang pasti, Shanks tentunya memiliki kelemahan melihat bagaimana dia bisa Blackbeard lukai. Kita nantikan saja ya Geeks informasi tentang kelemahan Shanks pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.