Teka-teki mengenai siapa sosok Shanks sebenarnya merupakan sebuah hal yang sudah sejak lama para fans One Piece hadirkan. Sejak pertama kali muncul dalam cerita, Shanks memang sudah berhasil meraih perhatian para fans. Semua berkat karismanya yang sangat luar biasa dan juga kemampuan yang sangat dahsyat yang dia perlihatkan sejauh ini.

Hal ini pun memunculkan pertanyaan besar di kalangan fans, siapa sebenarnya sosok Shanks? Rasanya, reputasinya sebagai Yonko tidak akan cukup untuk bisa mendapatkan rasa hormat sebesar itu. Hal ini pun memunculkan banyak spekulasi di kalangan fans, yang mana salah satunya mereka menyebutkan bahwa Shanks kemungkinan merupakan keturunan kaum naga langit.

Hal ini bukan tanpa alasan. Ada banyak momen yang memperlihatkan bagaimana semua orang begitu hormat terhadap sosok Shanks. Misalnya, ketika Sengoku setuju dengan permintaan dari Shanks untuk menguburkan Whitebeard dan Ace, Kemudian, kita juga melihat bagaimana sikap Gorosei saat arc Reverie terjadi. Berdasarkan hal tersebut spekulasi tersebut rasanya memang cukup masuk akal. Dan sepertinya spekulasinya memang benar terbukti.

BACA JUGA: One Piece: Kembali, Crocodile Jadi Ancaman Besar?

Keturunan Keluarga Fearland

Eiichiro Oda akhirnya menghadirkan berbagai informasi lainnya mengenai sosok Shanks dalam booklet “One Piece 4 Billion.” Booklet ini juga memang sengaja Oda hadirkan untuk menyambut film One Piece Film: Red. Selain itu, booklet ini pun berisi berbagai informasi penting mengenai Shanks dan juga Uta. Kita pun sedikit mendapatkan gambaran mengenai masa lalu Shanks.

Salah satu informasi yang menarik dan penting tentang masa lalu Shanks adalah menurut Gorosei, dia berasal dari sebuah keluarga bernama “Fearland.” Sayangnya, bookletnya sendiri tidak memberikan informasi detail mengenai keluarga Shanks tersebut. Namun, bagaimana kemudian Gorosei mengetahui asal-usul Shanks dan keluarga Fearland artinya keluarga tersebut bisa jadi bukanlah keluarga biasa.

Ada beberapa kemungkinan yang muncul dalam hal ini. Pertama, mereka dahulu mungkin adalah salah satu dari 20 kerajaan yang bergabung untuk mengalahkan Kerajaan Kuno. Mereka juga mungkin sempat berada di Mary Geoise untuk tinggal beberapa waktu. Namun, mereka bisa jadi memutuskan untuk keluar dari sana seperti halnya keluarga Donquixote dan juga Nefertari.

Alasan mengapa mereka keluar bisa jadi adalah karena mereka merasa bahwa Pemerintah Dunia terlalu berlebihan dalam semua hal, seperti yang keluarga Donquixote rasakan. Atau bisa jadi juga mereka kemudian merasakan bahwa selama ini yang mereka lakukan adalah sebuah kesalahan, seperti yang keluarga Nefertari rasakan.

BACA JUGA: One Piece: Kid Sebut Sosok Misterius, Siapa?

Namun, mengingat bagaimana Gorosei masih bersikap baik terhadap Shanks bisa jadi karena keluarga Fearland sebagian masih ada di Mary Geoise. Hanya Shanks yang memutuskan untuk keluar dan menjadi bajak laut. Kemungkinan lainnya adalah Gorosei tahu cerita masa lalu Shanks. Dalam bookletnya dijelaskan bahwa saat usia satu tahun dia sempat diculik dan menghilang, sampai kemudian Rayleigh dan Roger yang menemukannya. Gorosei tahu apa alasan Shanks menjadi bajak laut, dan juga masa lalunya. Sehingga, mereka mungkin tetap menganggap Shanks sebagai bagian dari keluarga Fearland.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.