Sosok Crocodile sudah tidak diragukan lagi adalah salah satu karakter tercerdas di One Piece. Crocodile mampu melumpuhkan suatu negara, mempengaruhi rakyatnya, dan hampir penyebabkan adanya pemberontakan berskala besar. Crocodile juga adalah lawan kuat yang dihadapi oleh Luffy untuk pertama kalinya, saat berada di arc Alabasta. Sayangnya kecerdasan Crocodile digunakan untuk kejahatan.

Crocodile sendiri sempat terkurung di penjara Impel Down pasca apa yang terjadi di Alabasta. Namun, momen penyerbuan Luffy ke penjara tersebut membuatnya  berhasil keluar dari sana. Saat perang Marineford terjadi, Crocodile adalah salah satu karakter yang terlibat dalam pertempurannya. Namun, setelah peristiwa tersebut selesai sosoknya kemudian menghilang.

BACA JUGA: One Piece: Oda Ungkap Karakter Tercepat!

Motif Crocodile Gabung Cross Guild?

Kabar terakhir tentang Crocodile memberikan petunjuk bahwa dia berada di New World, namun masih belum diketahui apa yang sedang dia lakukan. Namun, kejutan kemudian muncul di chapter 1056 kemarin di mana kita kemudian mengetahui apa yang terjadi dengan villain ini. Ternyata, dia bergabung dengan Buggy dalam organisasi Cross Guild.

One Piece: Kembali, Crocodile Jadi Ancaman Besar?, Greenscene

Masih belum diketahui organisasi seperti apa sebenarnya Cross Guild tersebut. Namun, berdasarkan penjelasan Kid mereka memberikan nilai buruan kepada para angkatan laut yang mana hal ini membalikan keadaan. Kini, mereka yang menjadi buruan setelah biasanya mereka yang memburu para bajak laut. Cross Guild sendiri terdiri dari Buggy, Dracule Mihawk, dan Crocodile.

Dari ketiganya jelas Buggy adalah yang paling lemah dalam masalah kekuatan. Namun, ada perdebatan di kalangan fans apakah hal ini juga berlaku kepada Crocodile. Sangat sulit untuk mengukur seberapa kuat sebenarnya Crocodile. Di satu sisi, dia adalah salah satu villain utama yang muncul di awal serinya. Dalam kebanyakan cerita Shonen villain besar yang muncul di awal ceritanya pada akhirnya akan berhasil terlampaui oleh karakter lain.

Dengan kata lain, Crocodile mungkin kuat sebelum timeskip. Namun, setelah timeskip dan bagaimana kita melihat perkembangan kekuatan para karakter lainnya sepertinya sosok Crocodile kini bisa kita anggap tidak lagi terlalu kuat. Sedangkan, di sisi lainnya, Oda Sensei sendiri sepertinya masih memiliki sesuatu untuk karakternya di akhir cerita nanti.

One Piece: Kembali, Crocodile Jadi Ancaman Besar?, Greenscene

Bisa jadi sang mantan Shichibukai tersebut sedang berusaha kembali untuk mendapatkan reputasi dan popularitasnya seperti dahulu. Bergabung dengan Cross Guild adalah salah satu caranya. Jika memang demikian, artinya Crocodile masih menjadi sebuah ancaman besar bagi Luffy dan kru Topi Jerami. Namun, kekalahan di Alabasta juga tidak bisa kita lupakan.

BACA JUGA: One Piece: Oda Janjikan Ungkap 6 Bounty Karakter ini!

Menjadi Ancaman Baru Luffy?

Terlepas dari sosoknya yang pernah menjadi Shichibukai, sekarang Luffy sudah berubah menjadi seseorang yang luar biasa. Bahkan, dia berhasil mengalahkan Kaido yang notabene seorang Yonko serta makhluk paling kuat di dunia. Dengan kekuatannya saat ini, Luffy bisa saja mengalahkan Crocodile dengan sangat mudah.

1
2