Sudah Eiichiro Oda perkenalkan sejak awal seri One Piece, Shanks merupakan salah satu karakter favorit dari para fans. Dia memiliki peran yang sangat besar dalam petualangan Luffy untuk menjadi raja bajak laut. Ketika usia Luffy masih kecil, Shanks adalah sosok yang menginspirasinya untuk menjadi seorang bajak laut. Meskipun Luffy tidak menjadi bagian dari kru Shanks, namun dia berhasil meraih namanya sendiri.

Saat ini, Luffy sudah berada di level yang sama dengan Shanks di mana dia menjadi salah satu Yonko atau penguasa samudra. Dan sekarang, dengan ceritanya yang sudah mulai memasuki babak akhir, keduanya sudah siap untuk kembali bertemu suatu hari nanti. Namun, apa sebenarnya peran dari sosok Shanks di arc terakhir One Piece ini?

Shanks Sebagai Penjaga Perdamaian

Selama beberapa waktu, Shanks sepertinya berhasil menjalankan perannya sebagai penjaga perdamaian di seri ini. Shanks sering kali muncul dengan sosok yang santai dan juga tenang. Dia seolah tidak ingin ada pertempuran terjadi meskipun dia adalah seorang bajak laut. Bahkan, Pemerintah Dunia sendiri menganggap bahwa dia bukanlah sosok yang akan melakukan sesuatu yang bodoh atau ceroboh.

Namun, memang ada juga momen Shanks melakukan tindakan mengerikan. Contohnya adalah mencuri buah iblis Nika dari tangan CP-9. Pergi ke kapal Whitebeard untuk memintanya menarik Ace, serta bagaimana dia muncul saat pertempuran Marineford memperlihatkan berbagai momen epik dari Shanks. Di dunia One Piece, Shanks adalahs sosok yang paling dihormati. Bahkan, angkatan laut dan Gorosei menghormati Shanks.

BACA JUGA: My Hero Academia: Para Villain ini Tidak Jahat?

Melihat bagaimana sikap dari semua orang dan banyak pihak yang begitu menghormati Shanks, rasanya sulit untuk tidak berpikir jika dia memang adalah sosok penjaga perdamaian dunia. Namun, di chapter 1054 kita kembali melihat sosok Shanks di wilayah Wano. Dia pun mengatakan bahwa waktunya untuk mendapatkan One Piece. Shanks akhirnya mulai bergerak setelah sekian lama dia muncul sebagai “figuran” di berbagai peristiwa. Inilah mungkin janji dari Oda bahwa sosok Shanks akan mulai bergerak.

Peran Shanks di Saga Terakhir

Dengan apa yang muncul di chapter 1054 kemarin, ada spekulasi yang menyebutkan bahwa peran dari Shanks kemungkinan akan berubah. Dia bukan lagi sosok penjaga perdamaian. Shanks akan menjadi figur yang penting di arc terakhir ini. Dengan sikapnya yang sangat misterius, Shanks pasti memiliki motivasi yang sampai saat ini masih belum kita ketahui.

Apakah motivasi tersebut jahat atau tidak masih belum kita ketahui. Namun, bukti-buktinya sendiri sudah jelas misalnya bagaimana dia tahu tentang buah iblis Nika. Dia bahkan rela menyerang kapal milik Pemerintah Dunia. Banyak spekulasi yang menybutkan bahwa Shanks mendapatkan tugas untuk mencari penerus dari Roger, yang mana hal itu membuatnya bertemu dengan Luffy, yang tidak sengaja memakan buah iblisnya.

BACA JUGA: One Piece: Tiba di Wano, Apa Misi Shanks?

Luffy sendiri saat ini sudah memenuhi janjinya untuk menjadi jauh lebih kuat dari sebelumnya. Namun, Shanks sendiri masih memutuskan untuk belum mau menemui Luffy. Hal tersebut seolah mengindikasikan bahwa peran dari Shanks sepertinya akan berlawanan dari Luffy. Dengan kata lain, Shanks mungkin akan menjadi musuh bagi Luffy di akhir ceritanya. Di sisi lain, Luffy sendiri pernah mengatakan bahwa dia akan mengalahkan Shanks suatu hari nanti.

Luffy dan Shanks mungkina akan bertemu di arc terakhir ini, dan mereka berdua akan saling bertarung satu sama lain. Meskipun Luffy memiliki level kekuatan Yonko saat ini, namun Shanks ingin melihat dan menguji kemampuan Luffy. Dia ingin tahu apakah semua pengorbanan dan pertaruhannya selama ini memang pantas dan tepat. Di sisi lain, Shanks juga mungkin akan menjadi rival lainnya bagi Luffy.

KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.