Ujian Hunter merupakan inti cerita yang muncul di arc pertama dalam seri Hunter x Hunter. Seperti yang muncul dalam ceritanya, setiap tahapan dari ujian Hunter benar-benar sangat brutal. Para peserta ujian sangat diuji kemampuannya. Meskipun begitu, dari semua fase yang ada tentunya fase terakhir tetap menjadi tahapan yang paling brutal yang menguji mental dan kemampuan fisik pesertanya.

Masing-masing fase yang ada di ujian Hunter tersebut sengaja didesain untuk mengurangi jumlah peserta yang ada. Selain itu, masing-masing tahapan memiliki desain khusus yang memang sengaja dibuat agar para penguji bisa melihat sejauh mana kemampuan para peserta. Karena itulah, semua yang akan mengikuti ujian Hunter tidak akan pernah tahu apa yang akan mereka hadapi. Karena, semuanya mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

BACA JUGA: Naruto: 5 Klan Paling Berpengaruh di Konoha!

Bagaimana Cara Kerja Ujian Hunter

Sebelum memulai ujian Hunter, menemukan lokasi ujiannya sendiri sudah menjadi bagian dari ujian tersebut. Setiap tahun, lokasi untuk ujian Hunter selalu berubah-ubah. Lokasinya sendiri selalu menjadi misteri, dan mereka yang akan ikut ujian Hunter harus berusaha menemukan lokasi tersebut sendiri. Ini menjadi tes pertama mereka dalam ujian Hunter.

Tetapi, mereka tidak benar-benar pergi mencari lokasinya tanpa petunjuk. Dengan bertemu seseorang yang kemudian menjadi navigator, mereka akan mengarahkan para peserta ke lokasi ujian tanpa perlu bersusah payah. Menemukan navigator menjadi sesuatu yang sangat penting, karena mereka yang tahu lokasi ujiannya. Sayangnya, tidak mudah memang untuk menemukan navigator tersebut.

Karena memang didesain untuk mereka yang benar-benar memiliki kekuatan dan kemampuan, tidak jarang dari 10.000 peserta yang ada hanya 1 orang yang mungkin akan mampu lolos dari ujian Hunter tersebut. Kurang lebih ada lima sampai enam tahapan ujian yang harus para peserta lewati untuk bisa lolos. Namun, setiap tahun memiliki perbedaan tentang berapa tahapan yang harus para peserta lalui.

Mereka yang lolos sampai ke tahapan ketiga akan secara langsung mendapatkan kesempatan untuk bisa kembali mengikuti ujian Hunter pada tahun depan, jika mereka gagal. Bagaimana seorang peserta dinilai memang menjadi sebuah rahasia. Namun, ada tiga poin penting yang mereka ukur. Pertama adalah kemampuan fisik, kemudian kemampuan mental, dan yang terakhir adalah impresi keseluruhan.

BACA JUGA: Hunter X Hunter: Begini Alur Menjadi Hunter!

Ujian Hunter ke 287

Gon dan teman-temannya bergabung dalam ujian Hunter yang ke 287, yang mana keseluruhannya hanya memiliki 5 tahapan. Tahapan pertama benar-benar menguju ifisk mereka, di mana mereka harus berlari untuk jarak yang sangat jauh. Kemudian, menaiki tangga yang jumlahnya sangat banyak. Tahapan kedua merupakan ujian memasak/berburu, yang sebagian besar memanfaatkan kekuatan fisik.

Tahapan ketiga adalah ujian mental di mana para peserta masuk ke dalam labirin, demi menguji aspek dinamisme kelompok dan kepribadian mereka. Namun, tetap ada momen pertarungan yang harus dilewati. Tahapan keempat merupakan pertarungan besar-besaran yang sebagian besar lagi-lagi menguji kemampuan fisik para peserta. Baru di tahapan terakhir mereka akan diuji tekad dan juga kemampuan dalam diri mereka.

KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.