Geeks mungkin sudah mengenal salah satu seri anime dan manga klasik Hunter X Hunter karya dari Yoshihiro Togashi. Meskipun saat ini serinya sedang hiatus, namun kepopuleran seri ini tidak pudar. Bahkan, kabarnya, serinya akan kembali dalam beberapa waktu kedepan. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Gon, yang bercita-cita menjadi seorang Hunter.

Hunter sendiri merupakan sebuah profesi yang sangat luar biasa di dunia tersebut. Mereka adalah para petualang yang sering mencari harta karun, berburu makhluk berbahaya dan kriminal, atau menjalankan tugas berbahaya lainnya. Para Hunter mendapatkan banyak sekali kebebasan. Meskipun begitu, butuh Hunter License atau lisensi sebagai Hunter untuk membuktikan seseorang adalah benar seorang Hunter dan mendapatkan semua keuntungannya.

BACA JUGA: Ryokugyu One Piece Adalah Mantan Samurai Wano?

Dan untuk seseorang bisa mendapatkan lisensi menjadi Hunter, mereka harus menjalankan sebuah ujian. Ada banyak orang-orang yang mendaftar untuk menjadi seorang Hunter, tetapi tidak banyak orang yang bisa lolos. Hanya mereka yang memang memiliki kemampuan, kekuatan, dan faktor lainnya yang bisa lolos dalam ujian menjadi Hunter. Lalu, seperti apa tahapannya?

Menemukan Lokasi Ujiannya

Tantangan besar dalam ujian Hunter sendiri sebenarnya sudah mulai bahkan sebelum ujian Hunter yang sebenarnya terjadi. Setiap tahun, lokasi untuk ujian Hunter selalu berubah-ubah. Lokasinya sendiri selalu menjadi misteri, dan mereka yang akan ikut ujian Hunter harus berusaha menemukan lokasi tersebut sendiri. Ini menjadi tes pertama mereka dalam ujian Hunter.

Tetapi, mereka tidak benar-benar pergi mencari lokasinya tanpa petunjuk. Dengan bertemu seseorang yang kemudian menjadi navigator, mereka akan mengarahkan para peserta ke lokasi ujian tanpa perlu bersusah payah. Menemukan navigator menjadi sesuatu yang sangat penting, karena mereka yang tahu lokasi ujiannya. Sayangnya, tidak mudah memang untuk menemukan navigator tersebut.

Menemukan navigator bukan hanya satu-satunya ujian awal. Untuk menumbangkan banyak calon Hunter sebelum mencapai lokasi ujian, Hunter Association atau asosiasi Hunter akan menugaskan banyak orang untuk menguji mereka, sebelum mereka masuk dalam tes atau ujian yang sesungguhnya. Salah satunya adalah melalui navigator yang akan mengantarkan para peserta.

BACA JUGA: Oda Siapkan Buggy Jadi Yonko One Piece Sejak Lama?

Seorang navigator boleh melakukan tes atau menguji para peserta sesuai yang mereka inginkan. Jika para peseta tidak sesuai dengan kriteria, para navigator ini bisa saja menolak untuk membawa mereka ke lokasi ujian. Bagian dari ujian ini bisa dibilang sangat sulit. Dari 10.000 orang pendaftar, hanya satu orang yang mampu mencapai lokasi ujian dengan tepat. Di sinilah kemampuan para Hunter pun mulai diuji.

Selain navigator, para juri yang memang mendapatkan tugas dari pihak asosiasi juga berhak untuk menggugurkan peserta jika memang mereka menganggap tidak layak peserta tersebut, meskipun para peserta berhasil mencapai lokasi ujian. Dan tidak jarang juga para juri tersebut akan melakukan serangkaian tes terhadap para peserta.

Ujian Hunter Sesungguhnya

Setelah mencapai lokasi ujian Hunter, para peserta tidak bisa bersantai karena mereka harus selalu bersiap menghadapi ujian lainnya. Hunter Exam atau Ujian Hunter bisa berlangsung mulai dari berhari-hari sampai berbulan-bulan. Ada sekitar lima sampai enam tahapan yang harus mereka lalui. Bahkan, dalam versi anime yang diadaptasi oleh Nippon Animation, terdapat sebuah tahapan bonus untuk menguji para peserta lebih jauh lagi.

Dalam berbagai ujian Hunter tersebut para peserta harus bersiap menghadapi berbagai resiko yang ada, mulai dari resiko terluka parah bahkan sampai resiko kematian. Terlepas dari ancamannya, bagaimana kemudian setiap tahunnya ada banyak sekali peserta yang mendaftar memperlihatkan bahwa popularitas seorang Hunter sangatlah luar biasa.

Di sepanjang tes berlangsung, para peserta akan terbagi berdasarkan kemampuan fisik, kemampuan mental, dan berbagai faktor lainnya berdasarkan kriteria penyelenggara. Jika seseorang mampu menyelesaikan semua tahapan ujian Hunter tersebut, maka mereka bisa secara resmi menyebut diri mereka sebagai Hunter.

BACA JUGA: Prediksi Spoiler Boruto 71: Eida Berkhianat?

Karena tingkat kesulitan yang tinggi, mereka yang masuk ke tiga tahapan awal ujian dan gagal di tahapan keempat, masih diberi kesempatan untuk bisa kembali bergabung pada tahun depan. Gon sendiri menjadi salah satu peserta yang lolos di ujian Hunter, selain Kurapika, Kilua, dan beberapa nama lainnya

Ujian Hunter Rahasia

Meskipun ujian Hunter yang resmi biasanya muncul di minggu pertama pada Januari, terdapat sebuah ujian Hunter lainnya yang menjadi bagian dari ujian Hunter rahasia. Ujian tersebut mengharuskan para Hunter profesional untuk berkeliling dunia dan melaksanakan sebuah misi yang harus mereka capai, yaitu mempelajari hal dasar dari Nen. Dan seseorang baru benar-benar “resmi” menjadi seorang Hunter Profesional setelah lulus ujian ini.

Nen merupakan hal dasar yang harus seorang Hunter miliki, apalagi seorang Hunter Profesional. Mereka sudah harus bisa menguasai hal tersebut. Mereka yang tidak mampu atau tidak bisa menguasai Nen, akan sulit mendapatkan pekerjaan atau tugas atau misi. Karena itulah, untuk bisa menguasai dan mempelajari Nen seorang Hunter perlu mencari seorang guru yang memang paham tentang Nen.

Atau mereka mempelajari Nen secara rahasia – demi menghindari seseorang yang memiliki niat jahat. Selain itu, ada juga sebuah metode khusus yaitu ‘Initiation.’ Proses tersebut memaksa seseorang untuk membuka arus aura dari seseorang. Metode ini memang jauh lebih cepat untuk bisa mempelajari Nen, namun para instruktur tidak menyarankan dan sangat membenci metode tersebut.

Hal tersebut karena adanya bahaya besar yang akan sang murid tanggung, dan juga resiko lainnya yang bisa merugikan semuanya. Apalagi, jika kemudian sosok tersebut memiliki niatan jahat. Meskipun begitu, ada juga beberapa orang yang memang memiliki talenta sejak lahir di mana mereka mampu mengendalikan Nen. Maka, mereka akan secara otomatis “lolos” ke tahapan selanjutnya jika mereka berhasil.

Para Hunter sudah paham, bahwa setelah mereka berhasil lolos dari ujian Hunter sebelumnya, mereka akan langsung berlatih Nen. Karena mereka tahu tentang ujian rahasia ini. Dan juga hal tersebut mereka lakukan sebagai bentuk persiapan diri menghadapi tugas atau misi.

BACA JUGA: Begini Cara Jitu Kalahkan Spider-Man!

Kesimpulannya

Mereka yang lolos dalam ujian Hunter akan mendapatkan lisensi Hunter, yang akan menjadi bukti profesional mereka dalam menjalankan tugas dan akan memberikan banyak keuntungan. Namun, untuk mendapatkan lisensi tersebut bukanlah perkara mudah. Butuh banyak proses yang mempertaruhkan nyawa untuk bisa menjadi seorang Hunter dan mendapatkan lisensi tersebut.